4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan



BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN

•KD 4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan       secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan.
       4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan 

Indikator
ž     •menyusun teks laporan percobaan dengan memperhatikan struktur, sistematika, dan kaidah kebahasaan 
       •menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan.
•menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan.
•menyunting teks laporan percobaan yang telah disusun

Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
ž  •Peserta didik dapat menyusun teks laporan percobaan dengan memperhatikan struktur, sistematika, dan kaidah kebahasaan 
•Peserta didik dapat menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan.
•Peserta didik dapat menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan.
•Peserta didik dapat menyunting teks laporan percobaan yang telah disusun
    
 Jam Pelajaran
        6jam pelajaran @40 menit (3x pertemuan)
        Hari/tanggal : Senin, 26 Agustus 2019

Pertemuan Pertama
          Kelas  : IX D, IX F
 Pertemuan Kedua
           Kelas   :IX E
  


    Langkah-langkah Pembelajaran
      1. Pendahuluan
        Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan   YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Pengertian dan fungsi teks laporan
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.



2. Kegiatan Inti
 - KEGIATAN LITERASI 
 - CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) 
 - KEGIATAN LITERASI 
 - COLLABORATION (KERJASAMA)  
 - CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
 - COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) 
 - CREATIVITY (KREATIVITAS)

3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas


Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan

Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan

Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda

Materi Pokok
(Penyusunan Teks Laporan Percobaan )

Langkah-Langkah Menyusun Teks Laporan Percobaan dengan Memperhatikan Struktur, Sistematika, dan Kaidah Kebahasaan
•1. Menentukan judul percobaan sesuai dengan objek yang diamati atau diteliti.
•2. Menyusun tujuan percobaan berdasarkan percobaan yang telah dilakukan. 
•3. Menyusun teks laporan percobaan berdasarkan struktur teks laporan percobaan. 
•4. Menggunakan bahasa sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia saat menyusun teks laporan percobaan.

Langkah Menyunting  Teks Laporan Percobaan yang Telah Disusun.
•Menandai kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat yang salah.
•Memperbaiki kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat sesuai unsur kebahasaan.
•Menulis kembali teks tersebut sehingga menjadi teks laporan percobaan yang baik dan benar.


LATIHAN
(TUGAS PERTEMUAN PERTAMA)
1.BUATLAH SEBUAH PERCOBAAN  MEMBUAT PELANGI DI RUMAH!(BUKU SISWA HAL.27)
2.BUATLAH LAPORAN TENTANG PERCOBAAN KANDUNGAN LISTRIK PADA BUAH !(BUKU SISWA HAL.29)

TUGAS
(TUGAS PERTEMUAN KEDUA DAN KETIGA)
1.BUATLAH SEBUAH KELOMPOK YANG TERDIRI DARI 5 ANGGOTA!
2.BUATLAH SEBUAH PERCOBAAN!
3.LAKUKANLAH PERCOBAAN TERSEBUT DI SEKOLAH!
4.LAPORKAN SECARA LISAN HASIL DARI PERCOBAAN YANG KALIAN BUAT!


5.LAPORKAN SECARA TERTULIS SESUAI DENGAN FORMAT LAPORAN PERCOBAAN!






Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca