KD 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN
KD 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
4.1.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
Indikator
· Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
· Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Menyampaikan isi informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
· · Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
· · Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· · Menyampaikan isi informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
Jam Pelajaran
6 6jam pelajaran @40 menit (3x pertemuan)
Pertemuan ketiga
Hari/tanggal : senin, 5 Agustus 2019
Kelas :IX D, IX E, IX G, IXF
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
| |
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
| |
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
| |
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
Pengertian dan fungsi teks laporan
| |
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
Pemberian Acuan
| |
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- KEGIATAN LITERASI
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- KEGIATAN LITERASI
- COLLABORATION (KERJASAMA)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
· Ragam model teks laporan
· Prinsip penggunaan kata/kalimat, tandabaca dan ejaan
· Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
MATERI AJAR
Siswa menentukan model laporan percobaan.
contoh percobaan
PENGGUNAAN TANDA KOMATanda koma (,) dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilangan. (dan, ataupun)
Tanda koma dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian) PENGGUNAAN HURUF KAPITAL - Huruf pertama nama diri atau nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya. Contoh Pulau Seram, Antartika, Sungai Kapuas
-Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi ( Selat Lombok, Teluk Benggala)
Tanda koma dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian) PENGGUNAAN HURUF KAPITAL - Huruf pertama nama diri atau nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya. Contoh Pulau Seram, Antartika, Sungai Kapuas
-Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi ( Selat Lombok, Teluk Benggala)
Penggunaan Imbuhan Asing dalam Teks Laporan Hasil OservasiAwalan asing banyak digunakan pada istilah-istilah bahasa Indonesia terutama untuk laporan hasil observasi (kajian pengetahuan). Kata yang menggunakan awalan asing dicontohkan berikut.
¡anti-(‘melawan’ atau ‘bertentangan dengan’.) antioksidan, antikomunis, antiklimaks, antikarat yang artinya
¡bi- misalnya pada bilateral, bilingual, bikonveks. Awalan ini artinya ‘dua’.
¡de- (Awalan ini artinya ‘meniadakan’ atau ‘menghilangkan’) seperti pada dehidrasi, devaluasi, dehumanisasi, deregulasi.
¡ekstra- (Awalan ini artinya ‘tambah’, ‘diluar’, atau ‘sangat’) seperti pada ekstrakurikuler, ekstralinguistik, kadang juga dipakai pada kata-kata bahasa Indonesia sendiri. Contoh: ekstraketat, ekstrahati-hati. .
¡hiper- (‘lebih’ atau ‘sangat’.) misalnya pada hipertensi, hipersensitif. Awalan ini artinya
¡in- (awalan ini artinya ‘tidak’.) misalnya pada kata inkonvensional, inaktif, ilegal.
¡infra- (awalan ini artinya ‘di tengah’.))misalnya pada infrastruktur, inframerah, infrasonik.
PENGERTIAN KALIMAT EFEKTIF
¡Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mewakili gagasan pembicara atau penulis serta dapat diterima maksudnya atau arti serta tujuannya seperti yang di maksud penulis atau pembicara.
¡Kalimat efektif juga merupakan kalimat yang padat, singkat, jelas, lengkap, dan dapat menyampaikan informasi secara tepat.
¡§ Jelas : berarti mudah dipahami oleh pendengar atau pembaca.
¡§ Singkat : berarti hemat dalam pemakaian atau pemilihan kata-kata.
¡§ Tepat : berarti sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku.
¡Kalimat dikatakan efektif apabila berhasil menyampaikan pesan, gagasan, perasaan, maupun pemberitahuan sesuai dengan maksud si pembicara atau penulis.
¡Penggunaan kalimat yang baik dan benar (yang disebut kalimat efektif) akan memudahkan pemahaman orang lain sehingga kesalahpahaman yang sering terjadi dapat terhindarkan.
TUGAS
1.Simpulkan ragam model teks laporan dalam video yang ditayangkan!
1.Simpulkan bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang dilihat dan atau didengar!
1.Simpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat, dan tanda baca/ejaan teks laporan observasi berikut!
Komentar
Posting Komentar