KD 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN

KD 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
 4.1.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Indikator
 ·    Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
 ·    Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
 ·    Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
 ·    Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca

  Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·        ·  Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·        ·  Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·        ·  Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
          ·    Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca 
    
    Jam Pelajaran
6      6jam pelajaran @40 menit (3x pertemuan)
       Pertemuan ketiga
        Hari/tanggal : senin, 5 Agustus 2019
        Kelas  :IX D, IX E, IX G, IXF

    Langkah-langkah Pembelajaran
      1. Pendahuluan
        Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan   YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Pengertian dan fungsi teks laporan
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.



2. Kegiatan Inti
 - KEGIATAN LITERASI 
 - CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) 
 - KEGIATAN LITERASI 
 - COLLABORATION (KERJASAMA)  
 - CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
 - COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) 
 - CREATIVITY (KREATIVITAS)

3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas


Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan

Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan

Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda

Materi Pokok
·     Ragam model teks laporan
·     Prinsip penggunaan kata/kalimat, tandabaca dan ejaan
·     Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
·     Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar    dan/ atau dibaca


MATERI AJAR

Siswa menentukan model laporan percobaan.
contoh percobaan








PENGGUNAAN TANDA KOMATanda koma (,) dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilangan. (dan, ataupun)
Tanda koma dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian)
 PENGGUNAAN HURUF KAPITAL - Huruf pertama nama diri atau nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya. Contoh Pulau Seram, Antartika, Sungai Kapuas
-Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi ( Selat Lombok, Teluk Benggala)

Penggunaan Imbuhan Asing dalam Teks Laporan Hasil OservasiAwalan asing banyak digunakan pada istilah-istilah bahasa Indonesia terutama untuk laporan hasil observasi (kajian pengetahuan). Kata yang menggunakan awalan asing dicontohkan berikut.
¡anti-(‘melawan’ atau ‘bertentangan dengan’.) antioksidan, antikomunis, antiklimaks, antikarat yang artinya 
¡bi- misalnya pada bilateral, bilingual, bikonveks. Awalan ini artinya ‘dua’.
¡de- (Awalan ini artinya ‘meniadakan’ atau ‘menghilangkan’) seperti pada dehidrasi, devaluasi, dehumanisasi, deregulasi.
¡ekstra- (Awalan ini artinya ‘tambah’, ‘diluar’, atau ‘sangat’) seperti pada ekstrakurikuler, ekstralinguistik, kadang juga dipakai pada kata-kata bahasa Indonesia sendiri. Contoh: ekstraketat, ekstrahati-hati. .
¡hiper- (‘lebih’ atau ‘sangat’.) misalnya pada hipertensi, hipersensitif. Awalan ini artinya
¡in- (awalan ini artinya ‘tidak’.) misalnya pada kata inkonvensional, inaktif, ilegal. 
¡infra- (awalan ini artinya ‘di tengah’.))misalnya pada infrastruktur, inframerah, infrasonik. 

 PENGERTIAN KALIMAT EFEKTIF
¡Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mewakili gagasan pembicara atau penulis serta dapat diterima maksudnya atau arti serta tujuannya seperti yang di maksud penulis atau pembicara.
¡Kalimat efektif juga merupakan kalimat yang padat, singkat, jelas, lengkap, dan dapat menyampaikan informasi secara tepat.
¡§  Jelas : berarti mudah dipahami oleh pendengar atau pembaca.
¡§  Singkat : berarti hemat dalam pemakaian atau pemilihan kata-kata.
¡§  Tepat : berarti sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku.
¡Kalimat dikatakan efektif apabila berhasil menyampaikan pesan, gagasan, perasaan, maupun pemberitahuan sesuai dengan maksud si pembicara atau penulis.

¡Penggunaan kalimat yang baik dan benar (yang disebut kalimat efektif) akan memudahkan pemahaman orang lain sehingga kesalahpahaman yang sering terjadi dapat terhindarkan.

TUGAS

1.Simpulkan ragam model teks laporan dalam video yang ditayangkan!


1.Simpulkan bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang dilihat dan atau didengar!
1.Simpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat, dan tanda baca/ejaan teks laporan observasi berikut!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca