KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan
Rabu, 7 agustus 2019
pertemuan kedua KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan
percobaan
BAB 1 MELAPORKAN
PERCOBAAN
•KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan
3.2.1 Menyimpulkan struktur
teks laporan
Indikator
·
• mengidentifikasi struktur teks laporan
• mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan
umum/klasifikasi)
• memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat
teks laporan percobaan.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
· •Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur
teks laporan
•Peserta didik dapat mengidentifikasi komponen teks
laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
•Peserta didik dapat memahami struktur teks laporan
melalui latihan dan membuat teks
laporan percobaan.
Jam
Pelajaran
6jam pelajaran @40 menit
(3x pertemuan)
Hari/tanggal : Rabu, 7 Agustus 2019
Pertemuan Pertama
Kelas :IX F, IX H
Pertemuan Kedua
Kelas
: IX E, IX D
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka,
memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
|
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan
pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
Pengertian dan fungsi teks laporan
|
|
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
Pemberian Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan
dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi
dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- KEGIATAN LITERASI
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- KEGIATAN LITERASI
- COLLABORATION
(KERJASAMA)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
·
Struktur teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
MATERI AJAR
Pengertian Laporan Percobaan
•Teks laporan adalah sebuah teks
yang mengandung klarifikasi mengenai suatu objek tertentu yang berdasarkan
kriteria tertentu.
•Berbeda dengan teks deskripsi, teks laporan bersifat umum atau universal.
Sedangkan teks deskripsi lebih bersifat khusus dan mendetail.
Struktur Teks Laporan
Secara umum teks laporan tersusun oleh dua bagian, diantaranya adalah:
1. Penyataan Umum (Klasifikasi)
Pernyataan umum terletak pada awal teks dan berupa pernyataan – pernyataan
umum yang disampaikan untuk mengarahkan atau mengantarkan pembaca kepada
pembahasan atau hal yang akan dilaporkan.
Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat
diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
2. Aspek – Aspek Laporan
Setelah pernyataan umum, ada bagian yang disebut dengan aspek – aspek
laporan. Bagian ini mengandung poin – poin laporan yang disusun berdasarkan
klasifikasi tertentu.
Adapun struktur lainnya dari teks laporan ini adalah sebagai berikut:
•Definisi Umum, adalah pembukaan yang berisi pengertian tentang
sesuatu yang dibahas didam teks.
•Definisi Bagian, adalah bagian yang berisi ide pokok dari
setiap paragraf (penjelasan rinci).
•Definisi Manfaat, bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu
yang dilaporkan
•Penutup, adalah bagian rincian akhir dari teks.
Struktur teks Laporan percobaan menjadi bagian -bagian penting yang menjadi
penyusun teks rekaman percobaan. Secara umum, struktur teks rekaman
percobaan terdiri dari empat bagian, yakni:
1.Judul
2. Tujuan
3. Alat dan bahan
4.Langkah-langkah
5.Hasil
6.Simpulan
Untuk yang hari ini sudahkah?
BalasHapusSiap sudah Pak...
BalasHapus