KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan 3.2.2 Menyimpulkan ciri-ciri kebahasaan teks laporan
BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN
•KD 3.2 :Menelaah
struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan
3.2.2 Menyimpulkan ciri-ciri kebahasaan teks laporan
Indikator
menyimpulkan ciri-ciri kebahasaan teks laporan.
memahami kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis
bidang ilmu; penulisan unsur serapan
menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan
menyajikan model teks laporan percobaan
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran,
peserta didik diharapkan dapat:
Peserta
didik dapat menyimpulkan ciri-ciri
kebahasaan teks laporan.
Peserta didik dapat memahami kalimat aktif, kata tugas, kosakata
teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan
Peserta didik dapat menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan
hasil dalam laporan percobaan
Peserta didik dapat menyajikan model teks laporan percobaan
Jam Pelajaran
6jam pelajaran @40 menit
(3x pertemuan)
Hari/tanggal : Rabu, 14 Agustus 2019
Pertemuan Pertama
Kelas : IX E, IX H, IX D
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- KEGIATAN LITERASI
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- KEGIATAN LITERASI
- COLLABORATION
(KERJASAMA)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
·Ciri-ciri kebahasaan teks laporan
(pengamatan,
percobaan/ eksperimen)
1. Menggunakan kata sandang
Kata sandang merupakan jenis kata yang digunakan untuk mengawali kata benda
yang berfungsi sebagai penentu, misalnya sebuah, suatu, beberapa, seorang, dan
lain – lain.
contoh
Seorang anak hilang dalam keramaian.
2.
Menggunakan konjungsi
Kata sambung digunakan untuk menghubungkan dua bagian kalimat. Ada dua
macam kata sambung, yaitu kata sambung intra kalimat dan kata sambung intra
paragraf. Contohnya adalah sedangkan, namun, dan, tetapi, sehingga, dan lain –
lain.
3. Kalimat aktif
4. Kata tugas
5. Kosakata teknis bidang ilmu
6. Penulisan unsur serapan.
7. Menggunakan Sinonim dan Antonim
8. Menggunakan Kata Bilangan
9. Menggunakan Kalimat Perintah
Ciri-ciri Teks Laporan :
Harus mengandung fakta
bersifat objektif
harus ditulis sempurna dan lengkap
tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau
pemihakan
disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya
berbobot, maupun susunan logis.
Komentar
Posting Komentar