KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan 3.2.2 Menyimpulkan ciri-ciri kebahasaan teks laporan
BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN
•KD 3.2 :Menelaah
struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan
3.2.2 Menyimpulkan ciri-ciri kebahasaan teks laporan
Indikator
menyimpulkan
ciri-ciri kebahasaan teks laporan.
memahami kalimat aktif,
kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan
menyimpulkan tujuan,
bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan
menyajikan model teks
laporan percobaan
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran,
peserta didik diharapkan dapat:
Peserta didik
dapat menyimpulkan ciri-ciri kebahasaan teks laporan.
Peserta didik
dapat memahami kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu;
penulisan unsur serapan
Peserta didik
dapat menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan
Peserta didik dapat
menyajikan model teks laporan percobaan
Jam Pelajaran
6jam pelajaran @40 menit
(3x pertemuan)
Hari/tanggal : Rabu, 21 Agustus 2019
Pertemuan Kedua
Kelas : IX F
Pertemuan Ketiga
Kelas : IX H, IX D
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- KEGIATAN LITERASI
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- KEGIATAN LITERASI
- COLLABORATION
(KERJASAMA)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
·Ciri-ciri kebahasaan
teks laporan
(pengamatan,
percobaan/ eksperimen)
1. Menggunakan kata sandang
Kata sandang merupakan
jenis kata yang digunakan untuk mengawali kata benda yang berfungsi sebagai
penentu, misalnya sebuah, suatu, beberapa, seorang, dan lain – lain.
contoh
Seorang anak hilang dalam keramaian.
2. Menggunakan konjungsi
Kata
sambung digunakan untuk menghubungkan dua bagian kalimat. Ada dua macam kata
sambung, yaitu kata sambung intra kalimat dan kata sambung intra paragraf.
Contohnya adalah sedangkan, namun, dan, tetapi, sehingga, dan lain – lain.
3.
Kalimat aktif
4. Kata tugas
5. Kosakata teknis
bidang ilmu
6. Penulisan unsur
serapan.
7. Menggunakan Sinonim
dan Antonim
8. Menggunakan Kata
Bilangan
9. Menggunakan Kalimat
Perintah
Ciri-ciri Teks Laporan :
Harus mengandung fakta
bersifat objektif
harus ditulis sempurna
dan lengkap
tidak memasukkan hal-hal
yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan
disajikan secara menarik,
baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis.
Komentar
Posting Komentar