KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan 3.2.2 Menyimpulkan ciri-ciri kebahasaan teks laporan
BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN
•KD 3.2 :Menelaah
struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan
3.2.2 Menyimpulkan ciri-ciri kebahasaan teks laporan
Indikator
menyimpulkan ciri-ciri
kebahasaan teks laporan.
memahami
kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan
menyimpulkan
tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan
menyajikan
model teks laporan percobaan
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Peserta didik dapat menyimpulkan ciri-ciri
kebahasaan teks laporan.
Peserta
didik dapat memahami kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang
ilmu; penulisan unsur serapan
Peserta
didik dapat menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan
Peserta
didik dapat menyajikan model teks laporan percobaan
Jam
Pelajaran
6jam
pelajaran @40 menit (3x pertemuan)
Hari/tanggal : Senin, 19 Agustus 2019
Pertemuan Pertama
Kelas : IX D, IX F
Pertemuan
Kedua
Kelas : IX E
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
2.
Kegiatan Inti
-
KEGIATAN LITERASI
-
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- KEGIATAN
LITERASI
-
COLLABORATION (KERJASAMA)
-
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
-
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
-
CREATIVITY (KREATIVITAS)
3.
Penutup
-
Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber
Pelajaran/ Alat Peraga
1.
Buku siswa
2.
kamus bahasa Indonesia
3.
contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis
Tes
1.
Tulis
2.
Lisan
Bentuk
Tes
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
Materi Pokok
·Ciri-ciri
kebahasaan teks laporan
(pengamatan, percobaan/ eksperimen)
1.
Menggunakan kata sandang
Kata
sandang merupakan jenis kata yang digunakan untuk mengawali kata benda yang
berfungsi sebagai penentu, misalnya sebuah, suatu, beberapa, seorang, dan lain
– lain.
contoh
Seorang anak hilang dalam keramaian.
2. Menggunakan konjungsi
Kata sambung digunakan untuk menghubungkan dua bagian kalimat. Ada dua macam
kata sambung, yaitu kata sambung intra kalimat dan kata sambung intra paragraf.
Contohnya adalah sedangkan, namun, dan, tetapi, sehingga, dan lain – lain.
3.
Kalimat aktif
4.
Kata tugas
5.
Kosakata teknis bidang ilmu
6.
Penulisan unsur serapan.
7.
Menggunakan Sinonim dan Antonim
8.
Menggunakan Kata Bilangan
9.
Menggunakan Kalimat Perintah
Ciri-ciri
Teks Laporan :
Harus
mengandung fakta
bersifat
objektif
harus
ditulis sempurna dan lengkap
tidak
memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan
disajikan
secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun
susunan logis.
Komentar
Posting Komentar