KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan 3.2.2 Menyimpulkan ciri-ciri kebahasaan teks laporan



BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN

•KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan
        3.2.2 Menyimpulkan ciri-ciri kebahasaan teks laporan  
Indikator
ž  menyimpulkan ciri-ciri kebahasaan teks laporan.
ž memahami kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan
ž menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan
ž menyajikan model teks laporan percobaan

  Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
ž Peserta didik dapat menyimpulkan ciri-ciri kebahasaan teks laporan.
ž Peserta didik dapat memahami kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan
ž Peserta didik dapat menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan
ž Peserta didik dapat menyajikan model teks laporan percobaan

    
 Jam Pelajaran
        6jam pelajaran @40 menit (3x pertemuan)
        Hari/tanggal : Senin, 19 Agustus 2019

Pertemuan Pertama
          Kelas  : IX D, IX F      
Pertemuan Kedua
         Kelas  : IX E    

    Langkah-langkah Pembelajaran
      1. Pendahuluan
        Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan   YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Pengertian dan fungsi teks laporan
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.



2. Kegiatan Inti
 - KEGIATAN LITERASI 
 - CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) 
 - KEGIATAN LITERASI 
 - COLLABORATION (KERJASAMA)  
 - CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
 - COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) 
 - CREATIVITY (KREATIVITAS)

3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas


Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan

Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan

Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda

Materi Pokok
·Ciri-ciri kebahasaan  teks laporan 
 (pengamatan, percobaan/ eksperimen)


ž 1. Menggunakan kata sandang
ž Kata sandang merupakan jenis kata yang digunakan untuk mengawali kata benda yang berfungsi sebagai penentu, misalnya sebuah, suatu, beberapa, seorang, dan lain – lain.
       contoh
       Seorang anak hilang dalam keramaian.
          2. Menggunakan konjungsi
       Kata sambung digunakan untuk menghubungkan dua bagian kalimat. Ada dua macam kata sambung, yaitu kata sambung intra kalimat dan kata sambung intra paragraf. Contohnya adalah sedangkan, namun, dan, tetapi, sehingga, dan lain – lain.
ž 3. Kalimat aktif
ž 4. Kata tugas
ž 5. Kosakata teknis bidang ilmu
ž 6. Penulisan unsur serapan.
ž 7. Menggunakan Sinonim dan Antonim
ž 8. Menggunakan Kata Bilangan
ž 9. Menggunakan Kalimat Perintah

Ciri-ciri Teks Laporan :
ž Harus mengandung fakta
ž bersifat objektif
ž harus ditulis sempurna dan lengkap
ž tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan
ž disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca