KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan
BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN
•KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan
3.2.1
Menyimpulkan struktur teks laporan
Indikator
• mengidentifikasi struktur teks laporan
• mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan
umum/klasifikasi)
• memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat
teks laporan percobaan.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
· •Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur
teks laporan
•Peserta didik dapat mengidentifikasi komponen teks
laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
•Peserta didik dapat memahami struktur teks laporan
melalui latihan dan membuat teks
laporan percobaan.
Jam
Pelajaran
6jam pelajaran @40 menit
(3x pertemuan)
Hari/tanggal : Kamis, 8 Agustus 2019
Pertemuan Pertama
Kelas : IX G
Pertemuan Kedua
Kelas : IX F, IX H
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
|
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
Pengertian dan fungsi teks laporan
|
|
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
Pemberian Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
|
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- KEGIATAN
LITERASI
- CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- KEGIATAN
LITERASI
- COLLABORATION
(KERJASAMA)
- CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY
(KREATIVITAS)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan
memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat
Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa
Indonesia
3. contoh laporan
percobaan
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
·
Struktur teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
MATERI AJAR
Pengertian Laporan
Percobaan
•Teks laporan
adalah sebuah teks yang mengandung klarifikasi mengenai suatu objek tertentu
yang berdasarkan kriteria tertentu.
•Berbeda dengan teks deskripsi, teks laporan bersifat umum atau universal.
Sedangkan teks deskripsi lebih bersifat khusus dan mendetail.
Struktur Teks Laporan
Secara umum teks laporan tersusun oleh dua bagian, diantaranya adalah:
1. Penyataan Umum (Klasifikasi)
Pernyataan umum terletak pada awal teks dan berupa pernyataan – pernyataan
umum yang disampaikan untuk mengarahkan atau mengantarkan pembaca kepada
pembahasan atau hal yang akan dilaporkan.
Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat
diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
2. Aspek – Aspek Laporan
Setelah pernyataan umum, ada bagian yang disebut dengan aspek – aspek
laporan. Bagian ini mengandung poin – poin laporan yang disusun berdasarkan
klasifikasi tertentu.
Adapun struktur lainnya dari teks laporan ini adalah sebagai berikut:
•Definisi Umum, adalah pembukaan yang berisi pengertian tentang
sesuatu yang dibahas didam teks.
•Definisi Bagian, adalah bagian yang berisi ide pokok dari
setiap paragraf (penjelasan rinci).
•Definisi Manfaat, bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu
yang dilaporkan
•Penutup, adalah bagian rincian akhir dari teks.
Struktur teks Laporan percobaan menjadi bagian -bagian penting yang menjadi
penyusun teks rekaman percobaan. Secara umum, struktur teks rekaman
percobaan terdiri dari empat bagian, yakni:
1.Judul
2. Tujuan
3. Alat dan bahan
4.Langkah-langkah
5.Hasil
6.Simpulan
Kerajaan
Hewan
Secara umum
hewan di dunia ini diklasifikasikann menjadi beberapa kelompok. Pembagain ini
disebut dengan kingdom mamalia atau kerajaan hewan. Klasifikasi ini membagi
hewan ke dalam 5 kelompok hewan berdasarkan jenis – jenisnya. Lima kelompok
besar hewan yang hidup di dunia ini adalah mamalia, aves, pisces, amphibi,
insect, dan reptile.
Mamalia
adalah kelompok hewan yang paling besar. Hewan – hewan pada kelompok ini
dicirikan dengan memiliki kelenjar susu pada bagian tubuhnya. Hal ini
dikarenakan hewan – hewan mamalia melahirkan dan menyusui anak – anaknya. Hewan
– hewan yang termasuk mamlia adalah sapi, kerbau. harimau, dan lain – lain.
Kebanyakan hewan mamalia tinggal di darat. Namun, ada beberapa mamalia yang
tinggal di lautan seperti paus, dan lumba – lumba.
Kelompok
hewan selanjunya adalah aves. Kelas aves adalah hewan yang memiliki bulu di
sekujur tubuhnya. Hewan – hewan yang berada di kelas ini adalah burung, baik
burung yang bisa terbang seperti burung elang, burung yang pandai berenang
seperti penguin, dan burung yang tidak bisa terbang seperti merak dan ayam.
Kelompok
hewan selanjutnya adalah reptile. Reptile adalah kelompok hewan yang melata,
dan memiliki kulit yang sangat keras. Hewan reptile biasanya berkembang biak
dengan bertelur dan berdarah dingin. Namun, ada juga sebagian yang melahirkan
dan berdarah panas. Hewan – hewan yang masuk ke dalam jenis reptile ini adalah
ular, buaya, kadal, dan lain – lain.
Pisces
adalah kelompok hewan terbesar ke dua yang ada di muka bumi ini. Hewan – hewan
yang berada di kelompok pisces adalah hewan – hewan yang berenang, yaitu ikan.
Pisces memiliki kelompok yang sangat banyak, dimulai dari ikan yang tinggal di
perairan laut maupun perairan darat.
Insect
adalah sebutan untuk hewan – hewan serangga di dunia ini. Kelompok insect
bernafas dengan menggunakan trakea. Hewan – hewan yang masuk ke dalam kelompok
insect adalah nyamuk, kumbang, dan lain – lain.
Kelompok
hewan yang terakhir adalah amphibi. Ampihibi adalah sebutan untuk hewan – hewan
yang hidup di dua lingkungan, yaitu darat maupun perairan. Hewan – hewan yang
berada di kelas ini biasanya bernafas melalui kulitnya sehingga kulitnya selalu
tampak basah. Hewan amphibi contohnya adalah katak, salamander, dan lain –
lain.
Komentar
Posting Komentar