KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan 3.2.1 Menyimpulkan struktur teks laporan
BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN
•KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks
laporan percobaan
3.2.1 Menyimpulkan struktur teks laporan
Indikator
• mengidentifikasi struktur teks laporan
• mengidentifikasi komponen teks laporan
(pernyataan umum/klasifikasi)
• memahami struktur teks laporan melalui
latihan dan membuat teks laporan percobaan.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
•Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks laporan
•Peserta didik dapat
mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
•Peserta didik dapat memahami struktur teks laporan melalui
latihan dan membuat teks laporan
percobaan.
Jam
Pelajaran
6jam
pelajaran @40 menit (3x pertemuan)
Hari/tanggal : Senin, 19 Agustus 2019
Pertemuan
Ketiga
Kelas : IX G
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
2.
Kegiatan Inti
-
KEGIATAN LITERASI
-
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- KEGIATAN
LITERASI
-
COLLABORATION (KERJASAMA)
-
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
-
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
-
CREATIVITY (KREATIVITAS)
3.
Penutup
-
Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber
Pelajaran/ Alat Peraga
1.
Buku siswa
2.
kamus bahasa Indonesia
3.
contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis
Tes
1.
Tulis
2.
Lisan
Bentuk
Tes
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
Materi
Pokok
·
Struktur teks laporan (pengamatan, percobaan/
eksperimen)
MATERI AJAR
Pengertian
Laporan Percobaan
•Teks
laporan adalah sebuah teks yang mengandung klarifikasi mengenai suatu objek
tertentu yang berdasarkan kriteria tertentu.
•Berbeda dengan teks deskripsi, teks laporan bersifat
umum atau universal. Sedangkan teks deskripsi lebih bersifat khusus dan
mendetail.
Struktur Teks Laporan
Secara umum teks laporan tersusun oleh dua bagian,
diantaranya adalah:
1. Penyataan Umum (Klasifikasi)
Pernyataan umum terletak pada awal teks dan berupa
pernyataan – pernyataan umum yang disampaikan untuk mengarahkan atau
mengantarkan pembaca kepada pembahasan atau hal yang akan dilaporkan.
Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia
dapat diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
2. Aspek – Aspek Laporan
Setelah pernyataan umum, ada bagian yang disebut
dengan aspek – aspek laporan. Bagian ini mengandung poin – poin laporan yang
disusun berdasarkan klasifikasi tertentu.
Adapun struktur lainnya dari teks laporan ini adalah
sebagai berikut:
•Definisi Umum, adalah pembukaan yang
berisi pengertian tentang sesuatu yang dibahas didam teks.
•Definisi Bagian, adalah bagian yang
berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan rinci).
•Definisi Manfaat, bagian yang menjelaskan
manfaat dari sesuatu yang dilaporkan
•Penutup, adalah bagian rincian akhir dari
teks.
Struktur teks Laporan percobaan menjadi bagian -bagian
penting yang menjadi
penyusun teks rekaman percobaan. Secara umum, struktur
teks rekaman percobaan terdiri dari empat bagian, yakni:
1.Judul
2. Tujuan
3. Alat dan bahan
4.Langkah-langkah
5.Hasil
6.Simpulan
TUGAS
Pertemuan
Pertama :
1.
Bacalah contoh teks laporan hasil percobaan dan teks laporan hasil observasi!
2.
Identifikasikanlah struktur teks laporan hasil percobaan yang kalian baca!
3.
Identifikasikanlah struktur teks laporan hasil observasi yang kalian baca!
Pertemuan
Kedua :
1.
disajikan contoh teks laporan hasil observasi:
2.
tentukanlah pernyataan umum/klasifikasi teks laporan hasil observasi dibawah
ini!
Pertemuan Ketiga :
1.
Bacalah contoh laporan percobaan!
2.
Buat kelompok berjumlah 5 orang!
3.
Buatlah sebuah percobaan dan laporkan percobaan tersebut!
4.
Amatilah lingkungan sekitar sekolah!Buatlah laporan hasil pengamatan yang
kalian lakukan secara berkelompok!
Kerajaan Hewan
Secara
umum hewan di dunia ini diklasifikasikann menjadi beberapa kelompok. Pembagain
ini disebut dengan kingdom mamalia atau kerajaan hewan. Klasifikasi ini membagi
hewan ke dalam 5 kelompok hewan berdasarkan jenis – jenisnya. Lima kelompok
besar hewan yang hidup di dunia ini adalah mamalia, aves, pisces, amphibi,
insect, dan reptile.
Mamalia
adalah kelompok hewan yang paling besar. Hewan – hewan pada kelompok ini
dicirikan dengan memiliki kelenjar susu pada bagian tubuhnya. Hal ini
dikarenakan hewan – hewan mamalia melahirkan dan menyusui anak – anaknya. Hewan
– hewan yang termasuk mamlia adalah sapi, kerbau. harimau, dan lain – lain.
Kebanyakan hewan mamalia tinggal di darat. Namun, ada beberapa mamalia yang
tinggal di lautan seperti paus, dan lumba – lumba.
Kelompok
hewan selanjunya adalah aves. Kelas aves adalah hewan yang memiliki bulu di
sekujur tubuhnya. Hewan – hewan yang berada di kelas ini adalah burung, baik
burung yang bisa terbang seperti burung elang, burung yang pandai berenang
seperti penguin, dan burung yang tidak bisa terbang seperti merak dan ayam.
Kelompok
hewan selanjutnya adalah reptile. Reptile adalah kelompok hewan yang melata,
dan memiliki kulit yang sangat keras. Hewan reptile biasanya berkembang biak
dengan bertelur dan berdarah dingin. Namun, ada juga sebagian yang melahirkan
dan berdarah panas. Hewan – hewan yang masuk ke dalam jenis reptile ini adalah
ular, buaya, kadal, dan lain – lain.
Pisces
adalah kelompok hewan terbesar ke dua yang ada di muka bumi ini. Hewan – hewan
yang berada di kelompok pisces adalah hewan – hewan yang berenang, yaitu ikan.
Pisces memiliki kelompok yang sangat banyak, dimulai dari ikan yang tinggal di
perairan laut maupun perairan darat.
Insect
adalah sebutan untuk hewan – hewan serangga di dunia ini. Kelompok insect
bernafas dengan menggunakan trakea. Hewan – hewan yang masuk ke dalam kelompok
insect adalah nyamuk, kumbang, dan lain – lain.
Kelompok
hewan yang terakhir adalah amphibi. Ampihibi adalah sebutan untuk hewan – hewan
yang hidup di dua lingkungan, yaitu darat maupun perairan. Hewan – hewan yang
berada di kelas ini biasanya bernafas melalui kulitnya sehingga kulitnya selalu
tampak basah. Hewan amphibi contohnya adalah katak, salamander, dan lain –
lain.
Komentar
Posting Komentar