4.1.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
BAB 1 MELAPORKAN
PERCOBAAN
KD 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
4.1.1 Menyimpulkan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/atau dibaca
Indikator
· Menyimpulkan
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
·
Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·
Menyampaikan isi informasi tentang struktur dan ciri
kebahasaan teks laporan
·
Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
· Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan
(variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·
· Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda
baca/ ejaan
·
· Menyampaikan isi informasi tentang struktur
dan ciri kebahasaan teks laporan
· Simpulan tujuan, bahan/alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
Jam
Pelajaran
6
6jam pelajaran @40 menit (3x pertemuan)
Pertemuan ketiga
Hari/tanggal : senin, 5 Agustus 2019
Kelas :IX D, IX E, IX G, IXF
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- KEGIATAN LITERASI
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- KEGIATAN LITERASI
- COLLABORATION
(KERJASAMA)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
·
Ragam model teks laporan
·
Prinsip penggunaan kata/kalimat, tandabaca dan ejaan
·
Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
·
Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan
yang didengar dan/ atau dibaca
MATERI AJAR
Siswa menentukan model laporan percobaan.
contoh percobaan
PENGGUNAAN TANDA KOMA
Tanda koma (,) dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilangan. (dan, ataupun)
Tanda koma dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian)
PENGGUNAAN HURUF KAPITAL
- Huruf pertama nama diri atau nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya. Contoh Pulau Seram, Antartika, Sungai Kapuas
-Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi ( Selat Lombok, Teluk Benggala)
Tanda koma (,) dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilangan. (dan, ataupun)
Tanda koma dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian)
PENGGUNAAN HURUF KAPITAL
- Huruf pertama nama diri atau nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya. Contoh Pulau Seram, Antartika, Sungai Kapuas
-Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi ( Selat Lombok, Teluk Benggala)
Penggunaan
Imbuhan Asing dalam Teks Laporan Hasil Oservasi
Awalan asing banyak digunakan pada istilah-istilah bahasa Indonesia terutama untuk laporan hasil observasi (kajian pengetahuan). Kata yang menggunakan awalan asing dicontohkan berikut.
Awalan asing banyak digunakan pada istilah-istilah bahasa Indonesia terutama untuk laporan hasil observasi (kajian pengetahuan). Kata yang menggunakan awalan asing dicontohkan berikut.
¡anti-(‘melawan’ atau
‘bertentangan dengan’.) antioksidan, antikomunis, antiklimaks, antikarat yang
artinya
¡bi- misalnya pada
bilateral, bilingual, bikonveks. Awalan ini artinya ‘dua’.
¡de- (Awalan ini artinya
‘meniadakan’ atau ‘menghilangkan’) seperti pada dehidrasi, devaluasi,
dehumanisasi, deregulasi.
¡ekstra- (Awalan ini
artinya ‘tambah’, ‘diluar’, atau ‘sangat’) seperti pada ekstrakurikuler,
ekstralinguistik, kadang juga dipakai pada kata-kata bahasa Indonesia sendiri.
Contoh: ekstraketat, ekstrahati-hati. .
¡hiper- (‘lebih’ atau
‘sangat’.) misalnya pada hipertensi, hipersensitif. Awalan ini artinya
¡in- (awalan ini artinya
‘tidak’.) misalnya pada kata inkonvensional, inaktif, ilegal.
¡infra- (awalan ini
artinya ‘di tengah’.))misalnya pada infrastruktur, inframerah,
infrasonik.
PENGERTIAN
KALIMAT EFEKTIF
¡Kalimat efektif adalah
kalimat yang dapat mewakili gagasan pembicara atau penulis serta dapat diterima
maksudnya atau arti serta tujuannya seperti yang di maksud penulis atau
pembicara.
¡Kalimat efektif juga
merupakan kalimat yang padat, singkat, jelas, lengkap, dan dapat menyampaikan
informasi secara tepat.
¡§ Jelas :
berarti mudah dipahami oleh pendengar atau pembaca.
¡§ Singkat :
berarti hemat dalam pemakaian atau pemilihan kata-kata.
¡§ Tepat :
berarti sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku.
¡Kalimat dikatakan
efektif apabila berhasil menyampaikan pesan, gagasan, perasaan, maupun
pemberitahuan sesuai dengan maksud si pembicara atau penulis.
¡Penggunaan kalimat yang
baik dan benar (yang disebut kalimat efektif) akan memudahkan pemahaman orang
lain sehingga kesalahpahaman yang sering terjadi dapat terhindarkan.
TUGAS
1.Simpulkan
ragam model teks laporan dalam video yang ditayangkan!
1.Simpulkan
bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang dilihat dan atau
didengar!
1.Simpulkan
prinsip penggunaan kata/kalimat, dan tanda baca/ejaan teks laporan observasi
berikut!
Komentar
Posting Komentar