KD 3.2. :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan
BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN
•KD 3.2 :Menelaah
struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan
3.2.1 Menyimpulkan struktur
teks laporan
Indikator
• mengidentifikasi struktur
teks laporan
• mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
• memahami
struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran,
peserta didik diharapkan dapat:
· •Peserta didik
dapat mengidentifikasi struktur teks laporan
•Peserta didik dapat mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan
umum/klasifikasi)
•Peserta didik
dapat memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat
teks laporan percobaan.
Jam Pelajaran
6jam pelajaran @40 menit
(3x pertemuan)
Hari/tanggal : Selasa, 13 Agustus 2019
Pertemuan Kedua
Kelas : IX G
Pertemuan Ketiga
Kelas : IX H, IX E. IX D
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- KEGIATAN LITERASI
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- KEGIATAN LITERASI
- COLLABORATION
(KERJASAMA)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
· Struktur teks
laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
MATERI AJAR
Pengertian Laporan Percobaan
•Teks laporan adalah sebuah teks
yang mengandung klarifikasi mengenai suatu objek tertentu yang berdasarkan
kriteria tertentu.
•Berbeda dengan teks
deskripsi, teks laporan bersifat umum atau universal. Sedangkan teks deskripsi
lebih bersifat khusus dan mendetail.
Struktur Teks Laporan
Secara umum teks laporan
tersusun oleh dua bagian, diantaranya adalah:
1. Penyataan Umum
(Klasifikasi)
Pernyataan umum terletak
pada awal teks dan berupa pernyataan – pernyataan umum yang disampaikan untuk
mengarahkan atau mengantarkan pembaca kepada pembahasan atau hal yang akan
dilaporkan.
Pada tahap pembukaan
disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasikan berdasarkan
kriteria persamaan dan perbedaan.
2. Aspek – Aspek Laporan
Setelah pernyataan umum,
ada bagian yang disebut dengan aspek – aspek laporan. Bagian ini mengandung
poin – poin laporan yang disusun berdasarkan klasifikasi tertentu.
Adapun struktur lainnya
dari teks laporan ini adalah sebagai berikut:
•Definisi Umum, adalah
pembukaan yang berisi pengertian tentang sesuatu yang dibahas didam teks.
•Definisi Bagian, adalah
bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan rinci).
•Definisi Manfaat, bagian
yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan
•Penutup, adalah
bagian rincian akhir dari teks.
Struktur teks Laporan
percobaan menjadi bagian -bagian penting yang menjadi
penyusun teks rekaman
percobaan. Secara umum, struktur teks rekaman percobaan terdiri dari empat
bagian, yakni:
1.Judul
2. Tujuan
3. Alat dan bahan
4.Langkah-langkah
5.Hasil
6.Simpulan
TUGAS
Pertemuan Pertama :
1. Bacalah contoh teks laporan hasil
percobaan dan teks laporan hasil observasi!
2. Identifikasikanlah struktur teks
laporan hasil percobaan yang kalian baca!
3. Identifikasikanlah struktur teks
laporan hasil observasi yang kalian baca!
Pertemuan Kedua :
1. disajikan contoh teks laporan hasil
observasi:
2. tentukanlah pernyataan umum/klasifikasi
teks laporan hasil observasi dibawah ini!
Pertemuan Ketiga :
1. Bacalah contoh laporan percobaan!
2. Buat kelompok berjumlah 5 orang!
3. Buatlah sebuah percobaan dan laporkan
percobaan tersebut!
Kerajaan Hewan
Secara umum hewan di dunia ini
diklasifikasikann menjadi beberapa kelompok. Pembagain ini disebut dengan
kingdom mamalia atau kerajaan hewan. Klasifikasi ini membagi hewan ke dalam 5
kelompok hewan berdasarkan jenis – jenisnya. Lima kelompok besar hewan yang
hidup di dunia ini adalah mamalia, aves, pisces, amphibi, insect, dan
reptile.
Mamalia adalah kelompok hewan yang paling
besar. Hewan – hewan pada kelompok ini dicirikan dengan memiliki kelenjar susu
pada bagian tubuhnya. Hal ini dikarenakan hewan – hewan mamalia melahirkan dan
menyusui anak – anaknya. Hewan – hewan yang termasuk mamlia adalah sapi,
kerbau. harimau, dan lain – lain. Kebanyakan hewan mamalia tinggal di darat.
Namun, ada beberapa mamalia yang tinggal di lautan seperti paus, dan lumba – lumba.
Kelompok hewan selanjunya adalah aves.
Kelas aves adalah hewan yang memiliki bulu di sekujur tubuhnya. Hewan – hewan
yang berada di kelas ini adalah burung, baik burung yang bisa terbang seperti
burung elang, burung yang pandai berenang seperti penguin, dan burung yang
tidak bisa terbang seperti merak dan ayam.
Kelompok hewan selanjutnya adalah reptile.
Reptile adalah kelompok hewan yang melata, dan memiliki kulit yang sangat
keras. Hewan reptile biasanya berkembang biak dengan bertelur dan berdarah
dingin. Namun, ada juga sebagian yang melahirkan dan berdarah panas. Hewan –
hewan yang masuk ke dalam jenis reptile ini adalah ular, buaya, kadal, dan lain
– lain.
Pisces adalah kelompok hewan terbesar ke
dua yang ada di muka bumi ini. Hewan – hewan yang berada di kelompok pisces
adalah hewan – hewan yang berenang, yaitu ikan. Pisces memiliki kelompok yang
sangat banyak, dimulai dari ikan yang tinggal di perairan laut maupun perairan
darat.
Insect adalah sebutan untuk hewan – hewan
serangga di dunia ini. Kelompok insect bernafas dengan menggunakan trakea.
Hewan – hewan yang masuk ke dalam kelompok insect adalah nyamuk, kumbang, dan
lain – lain.
Kelompok hewan yang terakhir adalah
amphibi. Ampihibi adalah sebutan untuk hewan – hewan yang hidup di dua
lingkungan, yaitu darat maupun perairan. Hewan – hewan yang berada di kelas ini
biasanya bernafas melalui kulitnya sehingga kulitnya selalu tampak basah. Hewan
amphibi contohnya adalah katak, salamander, dan lain – lain.
Komentar
Posting Komentar