4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan
BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN
•KD 4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data,
struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan.
4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan
Indikator
•menyusun teks laporan percobaan dengan memperhatikan struktur, sistematika, dan kaidah kebahasaan
•menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan.
•menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan.
•menyunting teks laporan percobaan yang telah disusun
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
•Peserta didik dapat menyusun teks laporan percobaan dengan memperhatikan struktur,
sistematika, dan kaidah kebahasaan
•Peserta didik dapat menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan secara tulis dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur,
aspek kebahasaan.
•Peserta didik dapat menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan secara lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur,
aspek kebahasaan, dan aspek lisan.
•Peserta didik dapat menyunting teks laporan percobaan yang telah
disusun
Jam Pelajaran
6jam pelajaran @40 menit (3x pertemuan)
Hari/tanggal : Rabu, 21 Agustus 2019
Pertemuan Pertama
Kelas : IX E
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
| |
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
| |
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
| |
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
Pengertian dan fungsi teks laporan
| |
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
Pemberian Acuan
| |
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- KEGIATAN LITERASI
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- KEGIATAN LITERASI
- COLLABORATION (KERJASAMA)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
(Penyusunan Teks Laporan Percobaan
)
Langkah-Langkah Menyusun Teks Laporan Percobaan dengan
Memperhatikan Struktur, Sistematika, dan Kaidah Kebahasaan
•1. Menentukan judul percobaan sesuai dengan objek yang diamati atau diteliti.
•2. Menyusun tujuan percobaan berdasarkan percobaan yang telah dilakukan.
•3. Menyusun teks laporan percobaan berdasarkan struktur teks laporan percobaan.
•4. Menggunakan bahasa sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
saat menyusun teks laporan percobaan.
Langkah Menyunting
Teks Laporan Percobaan
yang Telah Disusun.
•Menandai kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat yang salah.
•Memperbaiki kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat sesuai unsur kebahasaan.
•Menulis kembali teks tersebut sehingga menjadi teks laporan percobaan
yang baik dan benar.
LATIHAN
(TUGAS PERTEMUAN PERTAMA)
1.BUATLAH
SEBUAH PERCOBAAN MEMBUAT PELANGI DI
RUMAH!(BUKU SISWA HAL.27)
2.BUATLAH
LAPORAN TENTANG PERCOBAAN KANDUNGAN LISTRIK PADA BUAH !(BUKU SISWA HAL.29)
TUGAS
(TUGAS PERTEMUAN KEDUA DAN KETIGA)
1.BUATLAH SEBUAH KELOMPOK YANG TERDIRI DARI 5 ANGGOTA!
2.BUATLAH SEBUAH PERCOBAAN!
3.LAKUKANLAH PERCOBAAN TERSEBUT DI SEKOLAH!
3.LAKUKANLAH PERCOBAAN TERSEBUT DI SEKOLAH!
4.LAPORKAN SECARA LISAN HASIL DARI PERCOBAAN YANG KALIAN BUAT!
5.LAPORKAN SECARA TERTULIS SESUAI DENGAN FORMAT LAPORAN PERCOBAAN!
Komentar
Posting Komentar