KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan 3.2.1 Menyimpulkan struktur teks laporan
BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN
•KD 3.2 :Menelaah struktur dan kebahasan dari teks laporan percobaan
3.2.1 Menyimpulkan struktur teks laporan
Indikator
• mengidentifikasi struktur teks laporan
• mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
• memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
· •Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks laporan
•Peserta didik dapat mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
•Peserta didik dapat memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan.
Jam Pelajaran
6jam pelajaran @40 menit (3x pertemuan)
Hari/tanggal : Rabu, 14 Agustus 2019
Pertemuan Ketiga
Kelas : IX F
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
| |
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
| |
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
| |
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
Pengertian dan fungsi teks laporan
| |
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
Pemberian Acuan
| |
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- KEGIATAN LITERASI
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- KEGIATAN LITERASI
- COLLABORATION (KERJASAMA)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
· Struktur teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
MATERI AJAR
Pengertian Laporan Percobaan
•Teks laporan adalah sebuah teks yang mengandung klarifikasi mengenai suatu objek tertentu yang berdasarkan kriteria tertentu.
•Berbeda dengan teks deskripsi, teks laporan bersifat umum atau universal. Sedangkan teks deskripsi lebih bersifat khusus dan mendetail.
Struktur Teks Laporan
Secara umum teks laporan tersusun oleh dua bagian, diantaranya adalah:
1. Penyataan Umum (Klasifikasi)
Pernyataan umum terletak pada awal teks dan berupa pernyataan – pernyataan umum yang disampaikan untuk mengarahkan atau mengantarkan pembaca kepada pembahasan atau hal yang akan dilaporkan.
Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
2. Aspek – Aspek Laporan
Setelah pernyataan umum, ada bagian yang disebut dengan aspek – aspek laporan. Bagian ini mengandung poin – poin laporan yang disusun berdasarkan klasifikasi tertentu.
Adapun struktur lainnya dari teks laporan ini adalah sebagai berikut:
•Definisi Umum, adalah pembukaan yang berisi pengertian tentang sesuatu yang dibahas didam teks.
•Definisi Bagian, adalah bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan rinci).
•Definisi Manfaat, bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan
•Penutup, adalah bagian rincian akhir dari teks.
Struktur teks Laporan percobaan menjadi bagian -bagian penting yang menjadi
penyusun teks rekaman percobaan. Secara umum, struktur teks rekaman percobaan terdiri dari empat bagian, yakni:
1.Judul
2. Tujuan
3. Alat dan bahan
4.Langkah-langkah
5.Hasil
6.Simpulan
TUGAS
Pertemuan Pertama :
1. Bacalah contoh teks laporan hasil percobaan dan teks laporan hasil observasi!
2. Identifikasikanlah struktur teks laporan hasil percobaan yang kalian baca!
3. Identifikasikanlah struktur teks laporan hasil observasi yang kalian baca!
Pertemuan Kedua :
1. disajikan contoh teks laporan hasil observasi:
2. tentukanlah pernyataan umum/klasifikasi teks laporan hasil observasi dibawah ini!
Pertemuan Ketiga :
1. Bacalah contoh laporan percobaan!
2. Buat kelompok berjumlah 5 orang!
3. Buatlah sebuah percobaan dan laporkan percobaan tersebut!
4. Amatilah lingkungan sekitar sekolah!Buatlah laporan hasil pengamatan yang kalian lakukan secara berkelompok!
Kerajaan Hewan
4. Amatilah lingkungan sekitar sekolah!Buatlah laporan hasil pengamatan yang kalian lakukan secara berkelompok!
Kerajaan Hewan
Secara umum hewan di dunia ini diklasifikasikann menjadi beberapa kelompok. Pembagain ini disebut dengan kingdom mamalia atau kerajaan hewan. Klasifikasi ini membagi hewan ke dalam 5 kelompok hewan berdasarkan jenis – jenisnya. Lima kelompok besar hewan yang hidup di dunia ini adalah mamalia, aves, pisces, amphibi, insect, dan reptile.
Mamalia adalah kelompok hewan yang paling besar. Hewan – hewan pada kelompok ini dicirikan dengan memiliki kelenjar susu pada bagian tubuhnya. Hal ini dikarenakan hewan – hewan mamalia melahirkan dan menyusui anak – anaknya. Hewan – hewan yang termasuk mamlia adalah sapi, kerbau. harimau, dan lain – lain. Kebanyakan hewan mamalia tinggal di darat. Namun, ada beberapa mamalia yang tinggal di lautan seperti paus, dan lumba – lumba.
Kelompok hewan selanjunya adalah aves. Kelas aves adalah hewan yang memiliki bulu di sekujur tubuhnya. Hewan – hewan yang berada di kelas ini adalah burung, baik burung yang bisa terbang seperti burung elang, burung yang pandai berenang seperti penguin, dan burung yang tidak bisa terbang seperti merak dan ayam.
Kelompok hewan selanjutnya adalah reptile. Reptile adalah kelompok hewan yang melata, dan memiliki kulit yang sangat keras. Hewan reptile biasanya berkembang biak dengan bertelur dan berdarah dingin. Namun, ada juga sebagian yang melahirkan dan berdarah panas. Hewan – hewan yang masuk ke dalam jenis reptile ini adalah ular, buaya, kadal, dan lain – lain.
Pisces adalah kelompok hewan terbesar ke dua yang ada di muka bumi ini. Hewan – hewan yang berada di kelompok pisces adalah hewan – hewan yang berenang, yaitu ikan. Pisces memiliki kelompok yang sangat banyak, dimulai dari ikan yang tinggal di perairan laut maupun perairan darat.
Insect adalah sebutan untuk hewan – hewan serangga di dunia ini. Kelompok insect bernafas dengan menggunakan trakea. Hewan – hewan yang masuk ke dalam kelompok insect adalah nyamuk, kumbang, dan lain – lain.
Kelompok hewan yang terakhir adalah amphibi. Ampihibi adalah sebutan untuk hewan – hewan yang hidup di dua lingkungan, yaitu darat maupun perairan. Hewan – hewan yang berada di kelas ini biasanya bernafas melalui kulitnya sehingga kulitnya selalu tampak basah. Hewan amphibi contohnya adalah katak, salamander, dan lain – lain.
Komentar
Posting Komentar