4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan
BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN
•KD 4.2 Menyajikan
tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan
secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data,
struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan.
4.2.1
Menyajikan model teks laporan percobaan
Indikator
•menyusun teks laporan
percobaan dengan memperhatikan struktur, sistematika, dan kaidah
kebahasaan
•menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan secara tulis dengan memperhatikan kelengkapan data,
struktur, aspek kebahasaan.
•menyajikan tujuan, alat/bahan,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara lisan dengan
memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan.
•menyunting teks laporan percobaan
yang telah disusun
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran,
peserta didik diharapkan dapat:
•Peserta didik dapat menyusun teks laporan percobaan dengan
memperhatikan struktur, sistematika, dan kaidah kebahasaan
•Peserta didik dapat menyajikan tujuan,
alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dengan
memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan.
•Peserta didik dapat menyajikan tujuan,
alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara lisan dengan
memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan.
•Peserta didik dapat menyunting teks
laporan percobaan yang telah disusun
Jam Pelajaran
8jam pelajaran @40 menit
(4x pertemuan)
Hari/tanggal : Kamis, 29 Agustus 2019
Pertemuan Kedua
Kelas :IX G
Pertemuan Ketiga
Kelas :IX F
Pertemuan Keempat
Kelas :IX H
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- KEGIATAN LITERASI
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- KEGIATAN LITERASI
- COLLABORATION
(KERJASAMA)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
(Penyusunan Teks Laporan Percobaan )
Langkah-Langkah Menyusun
Teks Laporan Percobaan dengan Memperhatikan Struktur, Sistematika, dan
Kaidah Kebahasaan
•1. Menentukan judul percobaan sesuai dengan objek yang diamati atau diteliti.
•2. Menyusun tujuan percobaan berdasarkan percobaan yang telah dilakukan.
•3. Menyusun teks laporan percobaan berdasarkan struktur teks laporan percobaan.
•4. Menggunakan bahasa sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia saat menyusun teks laporan percobaan.
Langkah Menyunting Teks Laporan Percobaan yang Telah Disusun.
•Menandai kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat yang salah.
•Memperbaiki kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat sesuai unsur kebahasaan.
•Menulis kembali teks tersebut sehingga menjadi teks laporan percobaan yang baik dan benar.
LATIHAN
(TUGAS PERTEMUAN
PERTAMA)
1.BUATLAH SEBUAH
PERCOBAAN MEMBUAT PELANGI DI RUMAH!(BUKU SISWA HAL.27)
2.BUATLAH LAPORAN TENTANG PERCOBAAN
KANDUNGAN LISTRIK PADA BUAH !(BUKU SISWA HAL.29)
TUGAS
(TUGAS PERTEMUAN KEDUA DAN KETIGA)
1.BUATLAH SEBUAH
KELOMPOK YANG TERDIRI DARI 5 ANGGOTA!
2.BUATLAH SEBUAH
PERCOBAAN!
3.LAKUKANLAH PERCOBAAN
TERSEBUT DI SEKOLAH!
4.LAPORKAN SECARA
LISAN HASIL DARI PERCOBAAN YANG KALIAN BUAT!
5.LAPORKAN SECARA
TERTULIS SESUAI DENGAN FORMAT LAPORAN PERCOBAAN!
VIDEO HASIL LAPORAN PERCOBAAN SISWA
Komentar
Posting Komentar