KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/ 1
Jumlah
Soal : 20 PG + 10 Uraian
Kurikulum
Acuan : Kurikulum
2013
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
NOMOR SOAL
|
3.1 Mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan
yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya
pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/atau dibaca
|
· Fungsi teks laporan
· Pengertiantekslaporan
· Model
tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
|
Disajikan kutipan
teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan tujuan percobaan.
|
PG
|
1
|
Peserta didik
dapat menentukan ciri teks laporan dengan tepat
|
PG
|
2
|
||
Disajikan kutipan
hasil percobaan, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan dengan
tepat.
|
PG
|
3
|
||
Disajikan kutipan
teks laporan percobaan rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat
yang tepat.
|
PG
|
4
|
||
Peserta didik
dapat menentukan perbedaan struktur teks laporan hasil observasi dan teks
laporan percobaan
|
PG
URAIAN
|
5
1-4
|
||
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan
percobaanyang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat
berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
|
· Struktur teks laporan.
· Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
Model teks laporan percobaan.
|
Disajikan
paragraf teks laporan percobaan yang terdapat kata depan, peserta didik dapat
menentukan kata depan yang tepat.
|
PG
|
6
|
Disajikan
paragraf teks laporan percobaan rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan
konjungsi yang tepat
|
PG
|
7
|
||
Disajikan kutipan
teks laporan percobaan yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan
kosa kata teknis
untuk mengisi bagian yang rumpang dengan tepat.
|
PG
|
8
|
||
Disajikan kutipan
teks laporan percobaan, peserta didik
dapat menentukan makna kata teknis yang digarisbawahi/bercetak tebal dengan
tepat.
|
PG
|
9
|
||
Disajikan kutipan
teks laporan percobaan bagian langkah-langkah, peserta didik dapat menentukan
bagian struktur teks dengan tepat.
|
PG
|
10
|
||
Disajikan langkah-langka percobaan acak, peserta didik dapat menyusun
secara urut dengan tepat.
|
PG
URAIAN
|
11
5-7
|
||
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan,
arahan atau pesan dalam pidato persuasiftentang permasalahan aktual yang
didengar dan dibaca
4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar
dan/atau dibaca
|
· Teks pidato persuasif
Simpulan gagasan, pandangan,
arahan, atau pesan dalam pidato
|
Peserta didik
dapat menentukan tujuan pidato persuasif
|
PG
|
12
|
Disajikan kutipan
teks pidato persuasif, peserta didik dapat menyimpulkan pesan teks pidato dengan tepat
|
PG
|
13
|
||
Disajikan kutipan
teks pidato persuasif, peserta didik dapat menyimpulkan gagasan pokok kutipan
teks
|
PG
|
14
|
||
Disajikan kutipan
teks pidato, peserta didik dapat menentukan kalimat persuasif dengan tepat
|
PG
|
15
|
||
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang
didengar dan dibaca
4.4 Menuangkan
gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan.
|
· Struktur teks
(pidato persuasif)
· Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif, kata tugas,
kosa kata emotif,
kosakata bidang ilmu,
sinonim, kata benda abstrak,
pembendaan.
· Model
teks pidato persuasif
|
Disajikan kutipan
teks pidato persuasif, peserta didik dapat menentukan kata benda abstrak
dengan tepat.
|
PG
|
16
|
Disajikan kutipan teks pidato persuasif,
peserta didik dapat menentukan sinonim kata yang bergaris bawah dengan tepat
|
PG
|
17
|
||
Disajikan kutipan
teks pidato, peserta dapat menentukan kalimat aktif yang terdapat pada teks
|
PG
|
18
|
||
Disajikan kutipan
teks pidato rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat ajakan
yang tepat
|
PG
|
19
|
||
Peserta didik
dapat menentukan kalimat penutup pidato yang tepat
|
PG
|
20
|
||
Disajikan kutipan
teks pidato, peserta didik dapat menentukan struktur bagian teks
|
URAIAN
|
7-10
|
||
Disajikan kutipan teks pidato yang terdapat kalimat yang salah, peserta
didik dapat memperbaiki kalimat yang salah.
|
Bandarlampung, September 2019
Guru
Bidang Studi
Komentar
Posting Komentar