4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.
BAB II MENYAMPAIKAN PIDATO PERSUASIF
•KD 4.3
Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau
dibaca.
4.3.1 Menyimpulkan kalimat inti tiap paragrap dari bagian isi pidato
4.3.1 Menyimpulkan kalimat inti tiap paragrap dari bagian isi pidato
4.3.2 Menyimpulkan gagasan,
pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau
dibaca.
Indikator
•Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar,
dan/atau dibaca.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran,
peserta didik diharapkan dapat:
•Peserta didik dapat menyimpulkan kalimat inti tiap
paragrap dari bagian isi pidato
•Peserta didik dapat menyimpulkan gagasan,
pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.
Jam Pelajaran
6jam pelajaran @40 menit
(3x pertemuan)
Hari/tanggal : Rabu, 18 September 2019
Pertemuan Kesatu
Kelas : IX F, IX D
Pertemuan Kedua
Kelas : IX H
Pertemuan Ketiga
Kelas : IX E
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
Pengertian
dan tujuan teks pidato persuasif
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- Kegiatan Literasi
- Critical Thinking (Berpikir
Kritik)
- Kegiatan Literasi
- Collaboration
(Kerjasama)
- Critical Thinking (Berpikir
Kritik)
- Communication
(Berkomunikasi)
- Creativity (Kreativitas)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh teks pidato persuasif
4. LCD
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
(MENYIMPULKAN PIDATO
PERSUASIF)
Berikut ini adalah unsur yang harus
diperhatikan untuk mendapatkan simpulan dari pidato persuasif ;
1. Pembukaan
Cara pembukaan yang kuat ada lima unsur
a. Merebut perhatian, melalui pernyataan yang
dramatis atau dengan bantuan visual.
b. Hubungan dengan
audiensi, menunjukkan kesamaan dan empati kepada audiensi.
c. Kelayakan, tunjukkan bahwa kamu
layak berbicara tentang topik sebab pengalaman personal atau profesional yang
kamu lakukan. Lakukan dengan sopan.
d. Tujuan, jelaskan apa harapanmu
setelah pidato selesai.
e. Peta jalan, katakan kepada audiensi
pokok-pokok pikiran pidato
2. Isi
Isi .pidato sebaiknya berisi pokok pikiran
yang disertai alasan meyakinkan untuk mendukung pandanganmu. Susun secara
logis, gunakan sumber terpercaya, contoh yang logis, dan dikenal audiens
3. Penutup
Cara menutup pidato yang menarik dan
mengesankan.
LATIHAN
1. LATIHAN PERTEMUAN
PERTAMA BUKU SISWA HALAMAN 39
(latihan menangkap isi pidato. Membuat
laporan mendengarkan pidato di radio atau televisi atau dari sumber lain)
TUGAS
(TUGAS PERTEMUAN KEDUA
DAN KETIGA)
1.siswa menyimpulkan
isi pidato yang dibaca
2. siswa menyimpulkan
isi pidato yang didengar
Komentar
Posting Komentar