4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.


BAB II MENYAMPAIKAN PIDATO PERSUASIF

•KD 4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.
          4.3.1 Menyimpulkan kalimat inti tiap paragrap dari bagian isi pidato
4.3.2 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.      

Indikator
ž           •Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
ž     •Peserta didik dapat menyimpulkan kalimat inti tiap paragrap dari bagian isi pidato
•Peserta didik dapat menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.   
    
 Jam Pelajaran
        6jam pelajaran @40 menit (3x pertemuan)
        Hari/tanggal : Senin, 16 September 2019

Pertemuan Kedua
         Kelas   : IX E


    Langkah-langkah Pembelajaran
      1. Pendahuluan
        Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan   YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Pengertian dan tujuan teks pidato persuasif
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.



2. Kegiatan Inti
 - Kegiatan Literasi 
 - Critical Thinking (Berpikir Kritik) 
 - Kegiatan Literasi 
 - Collaboration (Kerjasama)  
 - Critical Thinking (Berpikir Kritik)
 - Communication (Berkomunikasi) 
 - Creativity (Kreativitas)

3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas


Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh teks pidato persuasif
4. LCD

Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan

Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda




Materi Pokok
(MENYIMPULKAN PIDATO PERSUASIF)
Berikut ini adalah unsur yang harus diperhatikan untuk mendapatkan simpulan dari pidato persuasif ;
  1.   Pembukaan
Cara pembukaan yang kuat ada lima unsur
a.   Merebut perhatian, melalui pernyataan yang dramatis atau dengan bantuan visual.
b.   Hubungan dengan audiensi, menunjukkan kesamaan dan empati kepada audiensi.
c.    Kelayakan, tunjukkan bahwa kamu layak berbicara tentang topik sebab pengalaman personal atau profesional yang kamu lakukan. Lakukan dengan sopan.
d.   Tujuan, jelaskan apa harapanmu setelah pidato selesai.
e.    Peta jalan, katakan kepada audiensi pokok-pokok pikiran pidato
  2.   Isi
Isi .pidato sebaiknya berisi pokok pikiran yang disertai alasan meyakinkan untuk mendukung pandanganmu. Susun secara logis, gunakan sumber terpercaya, contoh yang logis, dan dikenal audiens
  3.   Penutup
Cara menutup pidato yang menarik dan mengesankan.




LATIHAN

   1.     LATIHAN PERTEMUAN PERTAMA BUKU SISWA HALAMAN 39
(latihan menangkap isi pidato. Membuat laporan mendengarkan pidato di radio atau televisi atau dari sumber lain)

TUGAS
(TUGAS PERTEMUAN KEDUA DAN KETIGA)

1.siswa menyimpulkan isi pidato yang dibaca
2. siswa menyimpulkan isi pidato yang didengar
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca