3.3 mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.
BAB II MENYAMPAIKAN PIDATO PERSUASIF
•KD 3.3
mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato
persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.
3.3.1 Memahami pengertian teks pidato persuasif
3.3.2 Menentukan gagasan,
pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan
dibaca.
Indikator
•mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam
teks pidato persuasif
•menjelaskan gagasan,
pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam teks pidato persuasif
•menganalisis gagasan,
pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam teks pidato persuasif
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta
didik diharapkan dapat:
•Peserta didik dapat memahami pengertian teks pidato
persuasif
•Peserta didik dapat memahami tujuan
pidato persuasif
•Peserta didik dapat memahami persiapan
menulis pidato persuasif
•Peserta didik dapat mengidentifikasi gagasan,
pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam teks pidato persuasif
• Peserta didik dapat
menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam teks pidato
persuasif
• Peserta didik dapat
menganalisis gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam teks pidato
persuasif
• Peserta didik dapat
memahami cara memersuasi
Jam Pelajaran
6jam pelajaran @40 menit
(3x pertemuan)
Hari/tanggal : Selasa, 10 September 2019
Pertemuan Kesatu
Kelas
:IX H
Pertemuan Ketiga
Kelas :IX E
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
Pengertian
dan tujuan teks pidato persuasif
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- Kegiatan Literasi
- Critical Thinking (Berpikir
Kritik)
- Kegiatan Literasi
- Collaboration
(Kerjasama)
- Critical Thinking (Berpikir
Kritik)
- Communication
(Berkomunikasi)
- Creativity (Kreativitas)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh teks pidato persuasif
4. LCD
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
(MENYAMPAIKAN PIDATO
PERSUASIF)
Pidato persuasif merupakan bagian dari
eksposisi.
Ada tiga tipe berbeda eksposisi
a. Eksposisi yang dapat
mengubah sikap orang atau menubah pandangan orang tentang suatu hal.
b. Eksposisi yang dapat
dimanfaatkan untuk mempromosikan dan menjual barang, jasa, dan aktivitas.
c. Eksposisi yang dapat
digunakan untuk membela suatu kasus.
1. PENGERTIAN PIDATO PERSUASIF
Pidato persuasif
merupakan seni mengungkapkan pendapat secara jelas dan logis.
2. TUJUAN PIDATO PERSUASIF
Pidato persuasif
bertujuan untuk meyakinkan audiensi untuk melakukan sesuatu.
Pidato persuasif
merupakan cara efektif untuk mengubah audiensi.
3. Persiapan Menulis Teks Pidato Persuasif
- Pelajari topik yang akan
disampaikan dalam pidato
- Pahami tujuan yang akan
dicapai melalui pidato yang disampaikan
- Pahami audiensi tentang
pandangan dan pengetahuan mereka tentang topik yang akan disampaikan.
CARA MEMERSUASI
1. ETIKA
gunakan pendekatan etika
2. EMOSI
gugah perasaan audiensi
3. LOGIKA
buat masuk akal
Jenis-Jenis Pidato
Jenis-Jenis Pidato
•Sambutan
•Pidato Pemerintahan
•Pidato Instansi
•Ceramah
Metode Pidato
1. Manuskrip (Naskah)
2. Memoriter (Hafalan)
3. Ekstemporan
(menyiapkan garis besar
konsep pidato)
4. Impromptu
(Pidato
dadakan)
LATIHAN
1. LATIHAN PERTEMUAN
PERTAMA BUKU SISWA HALAMAN 37-38
TUGAS
(TUGAS PERTEMUAN KEDUA
DAN KETIGA)
1.BUATLAH UNGKAPAN
DENGAN TUJUAN MEYAKINKAN ORANG UNTUK MENANAM POHON.
mari menanam pohon karna makin banyak pohon di tanam makin segar udara yang kita hirup
BalasHapus