3.3 mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.



BAB II MENYAMPAIKAN PIDATO PERSUASIF

•KD 3.3 mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.
          3.3.1 Memahami pengertian teks pidato persuasif
 3.3.2  Menentukan gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.      

Indikator
ž           •mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam teks pidato   persuasif
       •menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam teks pidato persuasif
       •menganalisis gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam teks pidato persuasif

Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
ž     •Peserta didik dapat memahami pengertian teks pidato persuasif
•Peserta didik dapat memahami tujuan pidato persuasif
•Peserta didik dapat memahami persiapan menulis pidato persuasif
•Peserta didik dapat mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam teks pidato persuasif
       • Peserta didik dapat menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam teks pidato persuasif
       • Peserta didik dapat menganalisis gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan dalam teks pidato persuasif
       • Peserta didik dapat memahami cara memersuasi

    
 Jam Pelajaran
        6jam pelajaran @40 menit (3x pertemuan)
        Hari/tanggal : Senin, 16 September 2019

Pertemuan Kedua
         Kelas   : IX D, IX G 
Pertemuan Ketiga
         Kelas   : IX F


    Langkah-langkah Pembelajaran
      1. Pendahuluan
        Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan   YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Pengertian dan tujuan teks pidato persuasif
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.



2. Kegiatan Inti
 - Kegiatan Literasi 
 - Critical Thinking (Berpikir Kritik) 
 - Kegiatan Literasi 
 - Collaboration (Kerjasama)  
 - Critical Thinking (Berpikir Kritik)
 - Communication (Berkomunikasi) 
 - Creativity (Kreativitas)

3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas


Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh teks pidato persuasif
4. LCD

Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan

Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda

Materi Pokok
(MENYAMPAIKAN PIDATO PERSUASIF)

Pidato persuasif merupakan bagian dari eksposisi.
Ada tiga tipe berbeda eksposisi
   a.   Eksposisi yang dapat mengubah sikap orang atau menubah pandangan orang tentang suatu hal.
   b.   Eksposisi yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan dan menjual barang, jasa, dan aktivitas.
   c.    Eksposisi yang dapat digunakan untuk membela suatu kasus.

    1.     PENGERTIAN PIDATO PERSUASIF
Pidato persuasif merupakan seni mengungkapkan pendapat secara jelas dan logis.

2.     TUJUAN PIDATO PERSUASIF
Pidato persuasif bertujuan untuk meyakinkan audiensi untuk melakukan sesuatu.
Pidato persuasif merupakan cara efektif untuk mengubah audiensi.

3.     Persiapan Menulis Teks Pidato Persuasif
-         Pelajari topik yang akan disampaikan dalam pidato
-         Pahami tujuan yang akan dicapai melalui pidato yang disampaikan
-         Pahami audiensi tentang pandangan dan pengetahuan mereka tentang topik yang akan disampaikan.
    
   CARA MEMERSUASI
   1. ETIKA
    gunakan pendekatan etika
   2. EMOSI
    gugah perasaan audiensi
   3. LOGIKA
    buat masuk akal

 JENIS-JENIS PIDATO

Sambutan
Pidato Pemerintahan
Pidato Instansi
Ceramah

Metode Pidato
1. Manuskrip (Naskah)
2. Memoriter (Hafalan)
3. Ekstemporan
(menyiapkan garis besar konsep pidato)
4. Impromptu
(Pidato dadakan)



LATIHAN

1.     LATIHAN PERTEMUAN PERTAMA BUKU SISWA HALAMAN 37-38

TUGAS
(TUGAS PERTEMUAN KEDUA DAN KETIGA)

1.BUATLAH UNGKAPAN DENGAN TUJUAN MEYAKINKAN ORANG UNTUK MENANAM POHON.















Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca