4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan
BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN
•KD 4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah,
dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan
lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan
aspek lisan.
4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan
Indikator
•menyusun teks laporan percobaan dengan memperhatikan
struktur, sistematika, dan kaidah kebahasaan
•menyajikan tujuan,
alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dengan
memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan.
•menyajikan tujuan,
alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara lisan dengan
memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan.
•menyunting teks
laporan percobaan yang telah disusun
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
•Peserta didik dapat menyusun teks laporan percobaan dengan
memperhatikan struktur, sistematika, dan kaidah kebahasaan
•Peserta
didik dapat menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan secara tulis dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek
kebahasaan.
•Peserta
didik dapat menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan secara lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek
kebahasaan, dan aspek lisan.
•Peserta
didik dapat menyunting teks laporan percobaan yang telah disusun
Jam
Pelajaran
8jam pelajaran @40 menit
(4x pertemuan)
Hari/tanggal : Selasa, 3 September 2019
Pertemuan
Keempat
Kelas :IX G
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
2.
Kegiatan Inti
-
KEGIATAN LITERASI
-
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- KEGIATAN
LITERASI
-
COLLABORATION (KERJASAMA)
-
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
-
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
-
CREATIVITY (KREATIVITAS)
3.
Penutup
-
Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber
Pelajaran/ Alat Peraga
1.
Buku siswa
2.
kamus bahasa Indonesia
3.
contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis
Tes
1.
Tulis
2.
Lisan
Bentuk
Tes
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
Materi Pokok
(Penyusunan Teks Laporan Percobaan )
Langkah-Langkah Menyusun
Teks Laporan Percobaan dengan Memperhatikan Struktur, Sistematika, dan
Kaidah Kebahasaan
•1. Menentukan judul percobaan sesuai dengan objek yang diamati atau diteliti.
•2. Menyusun tujuan percobaan berdasarkan percobaan yang telah dilakukan.
•3. Menyusun teks laporan percobaan berdasarkan struktur teks laporan percobaan.
•4. Menggunakan bahasa sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia saat menyusun teks laporan percobaan.
Langkah Menyunting Teks Laporan Percobaan yang Telah Disusun.
•Menandai kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat yang salah.
•Memperbaiki kata, kalimat, atau makna kata dan kalimat sesuai unsur kebahasaan.
•Menulis kembali teks tersebut sehingga menjadi teks laporan percobaan yang baik dan benar.
LATIHAN
(TUGAS PERTEMUAN
PERTAMA)
1.BUATLAH SEBUAH
PERCOBAAN MEMBUAT PELANGI DI RUMAH!(BUKU SISWA HAL.27)
2.BUATLAH LAPORAN TENTANG PERCOBAAN
KANDUNGAN LISTRIK PADA BUAH !(BUKU SISWA HAL.29)
TUGAS
(TUGAS PERTEMUAN KEDUA DAN KETIGA)
1.BUATLAH SEBUAH
KELOMPOK YANG TERDIRI DARI 5 ANGGOTA!
2.BUATLAH SEBUAH
PERCOBAAN!
3.LAKUKANLAH PERCOBAAN
TERSEBUT DI SEKOLAH!
4.LAPORKAN SECARA
LISAN HASIL DARI PERCOBAAN YANG KALIAN BUAT!
5.LAPORKAN SECARA
TERTULIS SESUAI DENGAN FORMAT LAPORAN PERCOBAAN!
VIDEO HASIL LAPORAN PERCOBAAN SISWA
Komentar
Posting Komentar