3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca



BAB II MENYAMPAIKAN PIDATO PERSUASIF

•KD 3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca.
          3.4.1 Menelaah struktur teks pidato persuasif
3.4.2 Menelaah ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca

Indikator
ž                             • Menelaah struktur teks pidato persuasif
• Menelaah ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca

Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
ž•Peserta didik dapat menelaah struktur teks pidato persuasif
•Peserta didik dapat menelaah ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca  
    
 Jam Pelajaran
        6jam pelajaran @40 menit (3x pertemuan)
        Hari/tanggal : Selasa, 24 September 2019

Pertemuan Kesatu
         Kelas   : IX H

Pertemuan Kedua
         Kelas   : IX E


    Langkah-langkah Pembelajaran
      1. Pendahuluan
        Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan   YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Pengertian dan tujuan teks pidato persuasif
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.



2. Kegiatan Inti
 - Kegiatan Literasi 
 - Critical Thinking (Berpikir Kritik) 
 - Kegiatan Literasi 
 - Collaboration (Kerjasama)  
 - Critical Thinking (Berpikir Kritik)
 - Communication (Berkomunikasi) 
 - Creativity (Kreativitas)

3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas


Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh teks pidato persuasif
4. video contoh pidato persuasif
5. LCD (powerpoint)

Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan

Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda










Materi Pokok
(MENELAAH STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN PIDATO PERSUASIF)


Struktur Pidato Persuasif
1.  Pembuka
Pembuka terdiri atas salam pembuka, sapaan, ucapan syukur, ucapan terima kasih, dan tujuan pidato (pembuka pidato tidak harus lengkap).

2.  Isi
Isi pidato memaparkan permasalahan atau materi yang akan disampaikan. Permasalahan diuraikan secara terperinci dalam isi pidato.

3.  Penutup
Penutup merupakan bagian akhir pidato. Penutup terdiri atas kesimpulan, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup (penutup pidato tidak harus lengkap).


LATIHAN

      1.     LATIHAN PERTEMUAN PERTAMA BUKU SISWA KEGIATAN 2 (HALAMAN 48)

TUGAS
(TUGAS PERTEMUAN KEDUA DAN KETIGA)

1.siswa mebuat contoh teks pidato
2. kegiatan 3 buku siswa hal. 49








Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.