3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca
BAB II MENYAMPAIKAN PIDATO PERSUASIF
•KD 3.4 Menelaah
struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang
didengar, dan/atau dibaca.
3.4.1 Menelaah struktur teks pidato persuasif
3.4.1 Menelaah struktur teks pidato persuasif
3.4.2 Menelaah ciri kebahasaan pidato
persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca
Indikator
• Menelaah struktur teks
pidato persuasif
• Menelaah ciri kebahasaan pidato
persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran,
peserta didik diharapkan dapat:
•Peserta didik dapat menelaah
struktur teks pidato persuasif
•Peserta didik dapat menelaah ciri
kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau
dibaca
Jam Pelajaran
6jam pelajaran @40 menit
(3x pertemuan)
Hari/tanggal : Rabu, 25 September 2019
Pertemuan Kesatu
Kelas : IX D
Pertemuan Kedua
Kelas : IX E, IX H
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
Pengertian
dan tujuan teks pidato persuasif
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- Kegiatan Literasi
- Critical Thinking (Berpikir
Kritik)
- Kegiatan Literasi
- Collaboration
(Kerjasama)
- Critical Thinking (Berpikir
Kritik)
- Communication
(Berkomunikasi)
- Creativity (Kreativitas)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh teks pidato persuasif
4. video contoh pidato persuasif
5. LCD (powerpoint)
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
(MENELAAH STRUKTUR DAN
CIRI KEBAHASAAN PIDATO PERSUASIF)
Struktur Pidato Persuasif
1. Pembuka
Pembuka terdiri atas salam pembuka,
sapaan, ucapan syukur, ucapan terima kasih, dan tujuan pidato (pembuka pidato
tidak harus lengkap).
2. Isi
Isi pidato memaparkan permasalahan atau
materi yang akan disampaikan. Permasalahan diuraikan secara terperinci
dalam isi pidato.
3. Penutup
Penutup merupakan bagian akhir pidato.
Penutup terdiri atas kesimpulan, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan
salam penutup (penutup pidato tidak harus lengkap).
LATIHAN
1. LATIHAN PERTEMUAN PERTAMA BUKU SISWA
KEGIATAN 2 (HALAMAN 48)
TUGAS
(TUGAS PERTEMUAN KEDUA
DAN KETIGA)
1.siswa mebuat contoh
teks pidato
2. kegiatan 3 buku siswa
hal. 49
Komentar
Posting Komentar