SENIN, 27 JULI 2020

Materi kelas 9

KD 3.2 dan 4.2 (Teks Laporan Hasil Percobaan)

Pertemuan pertama
Hari/Tanggal   : Senin, 27 Juli 2020
KELAS            :9C, 9E, DAN 9G

3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek
kebahasaan, dan aspek lisan.

  Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·1. mengidentifikasi makna istilah yang terdapat pada teks.
22.memberi contoh kalimat imperatif.
33. membandingkan kalimat aktif transitif dan intransitif. 
2
  Materi Pokok
·     makna istilah 
·     kalimat imperatif.
·     kalimat aktif transitif dan intransitif.

MATERI AJAR

1. Makna Istilah 
Suatu istilah adalah kata atau frasa (kombinasi kata-kata) yang digunakan sebagai nama atau simbol dan yang dengan hati-hati mengekspresikan makna konsep, proses, keadaan atau karakteristik yang spesifik untuk area tertentu, seperti sains, teknologi, seni, dan seterusnya. 

Syarat Untuk Pembentukan Makna Istilah

Saat membentuk istilah, perlu memperhatikan persyaratan untuk menggunakan kamus bahasa Indonesia berikut ini.
  • Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang memiliki makna baik (konotasi).
  • Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang baik untuk didengar (euphonic).
  • Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang dibentuk sesuai dengan aturan bahasa Indonesia.
  • Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang paling tepat untuk mengekspresikan konsep yang diusulkan dan tidak menyimpang dari makna ini.
  • Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang terpendek dari opsi yang tersedia yang memiliki tautan yang sama.

Kosakata Makna Istilah

Istilah-istilah dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa serumpun, bahasa asing dan kosakata bahasa Indonesia.

Bahasa Asing

Bahasa Indonesia menyerap banyak bahasa asing. Bahasa asing ini dapat dianggap membentuk istilah baru jika memenuhi persyaratan:
  • Kemudahan komunikasi antar bahasa, seperti inflasi, pertukaran, satelit.
  • Lebih cocok untuk konotasi, misalnya, profesional, kritik, kritik, amatir.
  • Lebih pendek dari terjemahan asli ke bahasa Indonesia, seperti studi, diplomasi, dokumen.

       Contoh Istilah Umum

    • Jumlah narapidana di penjara Nusa Kambangan diprediksi akan terus meningkat, dan kemudian jumlah pengedar narkoba yang tertangkap akan meningkat. (tahanan = tahanan)
    • Untuk mengisi istirahat ini di semester, kampus melakukan kegiatan budaya dan wisata di salah satu keajaiban dunia, yaitu di candi Borobudur. (wisata budaya = perjalanan ke situs budaya)
    • Contoh Istilah Khusus

      • Meski awalnya menolak, Dudy akhirnya siap menjalani operasi untuk mengamputasi kaki kanannya. (amputasi = proses pemotongan bagian tubuh)
      • Menanggapi pertanyaan No. 3, kami diminta untuk membuat tabel perbandingan kemarin. (grafik = deskripsi naik turunnya situasi, data dalam bentuk garis)((https://majalahpendidikan.com/makna-istilah/).
2. kalimat imperatif 
adalah kalimat yang di dalamnya mengandung perintah. Kalimat ini berfungsi untuk meminta / melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.

Contoh Kalimat Imperatif :

-
Cuci telur bebek hingga bersih, kemudian ampelas kulit telur sampai tipis!. 
Aduklah campuran tersebut sampai merata!

3. Kalimat aktif 
merupakan kalimat yang mengandung makna subjek melakukan predikat. Umumnya subjek berada di depan predikat. Kalimat aktif merupakan kalimat yang subjeknya aktif melakukan kegiatan atau aktifitas. Atau kalimat yang subjeknya melakukan pekerjaan atau melakukan perbuatan.
Ciri-ciri :
  1. Subjeknya sebagai pelaku.
  2. Predikatnya berawalan me- atau ber-.
Kalimat aktif terdiri dari dua:
  1. Kalimat aktif transitif adalah kalimat aktif yang memiliki objek.
    • Ridho menendang bola.
    • Kakak membuat laporan.
  2. Kalimat aktif intransitif adalah kalimat aktif yang tidak memiliki objek.
    • Adik makan.
    • Rizki menangis.



TUGAS!
1. Buka link youtube berikut!(https://www.youtube.com/watch?v=rxAhA0mvICM
2. Setelah melihat tayangan tersebut, simpulkan ciri-ciri dan struktur teks laporan percobaan!





Komentar

  1. Terimakasih Bu
    -Nabilla Syahiya 9C

    BalasHapus
  2. Terima kasih bu atas materinya
    __Suci Ramadhani 9G

    BalasHapus
  3. Terima kasih bu atas materinya
    ~lingga diva 9E

    BalasHapus
  4. Terima kasih Bu
    -sasta humayra 9c

    BalasHapus
  5. Oke bu terimakasih
    -Dhea Rachma A. 9C

    BalasHapus
  6. Terimakasih bu
    Rafi ahmad b 9c

    BalasHapus
  7. Terima kasih buk atas meterinya
    Raksa Wiguna Bimasenda a
    9e

    BalasHapus
  8. Ok,Bu terimakasih
    -Annisa Lutfiah cessaria 9E

    BalasHapus
  9. Oke bu terima kasih
    -Melda Rizta Viola 9E

    BalasHapus
  10. Ok,Bu terimakasih
    -Zaky Lufi H 9e

    BalasHapus
  11. terima kasih bu atas materinya
    neva 9g

    BalasHapus
  12. Terimakasih Bu atas materi nya
    -M.Fauzan Oktriananda 9C

    BalasHapus
  13. terimakasih bu
    Amanda Shafa T 9C

    BalasHapus
  14. Terimakasih ibu atas materi hari ini
    Amanda triadhana 9E

    BalasHapus
  15. Terimakasih bu
    -Muhammad Tri Zaeri 9c

    BalasHapus
  16. ok bu,terimakasih
    -farida febrian fazanisa 9E

    BalasHapus
  17. Terimakasih bu
    Muhamad natta 9E

    BalasHapus
  18. Terimakasih bu
    M Rizki Pratama 9c

    BalasHapus
  19. Trima kasih bu atas materi nya
    M. Rashky 9e

    BalasHapus
  20. Terimakasih bu atas materi nya:)

    ~irvan rahman dani

    BalasHapus
  21. Terimakasih bu atas materinya wendy 9G

    BalasHapus
  22. Terimakasih bu atas materinya
    Muhammad vasech aljabbar 9c

    BalasHapus
  23. Terima kasih bu atas materi nya
    Klara Rahma 9e

    BalasHapus
  24. terima kasih buatas materinya
    M.PANDU ERZA K
    9E

    BalasHapus
  25. Terima kasih Bu materinya
    Restu Aprilian 9e

    BalasHapus
  26. Terimakasih Bu
    Rasya Indi r.9c

    BalasHapus
  27. Terimakasih Bu
    -Muhammad Fathi Farhat 9c

    BalasHapus
  28. Terima kasih bu
    -M.Faqih.Rahman 9E

    BalasHapus
  29. Terima kasih bu
    -aina niken 9E

    BalasHapus
  30. Terimakasih bu atas materinya
    Alyaa Raisya Rahmadhani kelas IX c

    BalasHapus
  31. Terima kasih bu
    —Saskia salsabila 9c

    BalasHapus
  32. Terimakasih Bu
    Nur Arafah 9e

    BalasHapus
  33. Terimakasih Bu
    •M.Farhan 9c

    BalasHapus
  34. Terima kasih bu atas materinya
    BANYU 9E

    BalasHapus
  35. Terima kasih bu
    Balqis zahra fairus 9e

    BalasHapus
  36. Terima kasih bu utk materinya
    M.rifky ferdian.e 9G

    BalasHapus
  37. Terimakasih bu
    •Clarisma 9C

    BalasHapus
  38. Terimakasih Bu
    Alwahid Alfareza S. 9C

    BalasHapus
  39. Terimaksih bu atas materinya
    M.Dzaky Taruna 9c

    BalasHapus
  40. Nama:Rizky adrian saputra
    Kelas:9G

    Struktur isi teks laporan percobaan adalah:
    •Judul.
    •Tujuan.
    •Bahan dan alat.
    •Langkah-langkah kegiatan.
    •Hasil percobaan.
    •Simpulan.

    Dan ciri ciri teks laporan hasil percobaan adalah:
    •Melaporkan hasil percobaan.
    •Percobaan ilmiah dilakukan guna menguji sesuatu.
    •Teks laporan percobaan diawali dengan memaparkan tujuan percobaan.
    •Memaparkan bahan dan alat yang diperlukan untuk melasanakan percobaan.
    •Memaparkan prosedur melaksanakan percobaan dan melakukan pengamatan.
    •Memaparkan pencatatan hasil percobaan.
    •Diakhir laporan diaparkan simpulan hasil percobaan berdasarkan hasil analisis terhadap data hasil pengamatan.
    •Harus mengandung fakta
    bersifat objektif
    harus ditulis sempurna dan lengkap
    tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan
    disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis.

    BalasHapus
  41. Terima kasih Bu
    M.reza rifansyah 9c

    BalasHapus
  42. Trmksh Bu
    Neli Rahma Wati 9e

    BalasHapus
  43. Terima kasih materinya
    M.farid nur Rasyid 9c

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca