SENIN, 13 JULI 2020

MATERI BINDO KELAS 9 KD 3.1 MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DARI LAPORAN PERCOBAAN YANG DIBACA DAN DIDENGAR

(PERTEMUAN PERTAMA)

KELAS 9E, 9C, DAN 9G
MELAPORKAN PERCOBAAN

Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning, peserta didik dapat:
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan atau didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca.





A. Mengidentifikasi Informasi Laporan Percobaan

Laporan adalah teks yang menyajikan informasi tentang sesuatu sebagaimana adanya.


Teks Rekaman Percobaan Percobaan Membuat Teleskop







Contoh Teks Rekaman Percobaan Beserta Strukturnya
Contoh Teks Rekaman Percobaan

Tujuan

Agar bisa mengamati benda-benda yang berada di langit, dibutuhkan alat yang canggih yang biasa disebut dengan teleskop. Teleskop adalah sebuah teropong besar yang dipakai di dalam astronomi. 
Ilmi ini mempelajari benda-benda yang ada di langit atau luar angkasa. Astronomi tidak akan bisa berkembang dengan baik karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahan serta memiliki teknologi yang canggih.
Alat dan Bahan
  1. Lensa objektif LUP / lensa cembung praktikum, biasa dijual di toko alat laboratorium, menggunakan diameter 5 cm.
  2. Pipa PVC dan perlup dengan panjang kurang lebih 30 cm.
  3. Perkakas seperti gergaji dan lem perekat.
  4. Lensa okuler bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan menggunakan diameter 2,5 cm.
Langkah-Langkah Membuatnya 
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentukan terlebih dahulu panjang badan teleskop. Dengan menggunakan rumus fisika yang sudah kita ketahui : fob + fok = L.
  2. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui tersebut.
  3. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, kemudian sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi diujung paling depan pipa PVC yang sudah kamu ukur. Ingat, lensa objektif letaknya harus didepan lensa okuler. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
  4. Teleskop sederhana telah selesai kamu buat.
Hasil
Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana dapat digunakan untuk mengamati benda-benda di langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat dengan bumi.
Kesimpulan
Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang memiliki teknologi yang sangat canggih. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah dan sederhana.
Soal:

silakan kirimkan foto siswa ketika mengerjakan tugas dan foto hasil tugas k no WA 089505806093

Komentar

  1. Terima kasih bu atas materinya
    _Suci Ramadhani 9G

    BalasHapus
  2. terimakasih atas materinya bu
    siti zulaiha 9g

    BalasHapus
  3. Terimakasih Bu atas materinya
    Rasya Indi r.9c

    BalasHapus
  4. Terima kasih bu materinya bermanfaat
    M.Faqih.rahman 9E

    BalasHapus
  5. Terima kasih Bu atas materi nya
    -annisa 9E

    BalasHapus
  6. Trimakasi bu atas materi nya
    Klara Rahma 9e

    BalasHapus
  7. Terima kasih bu atas materinya
    -dinda azizah dwiyanti (9e)

    BalasHapus
  8. Terimakasih atas materinya bu
    -Dhea Rachma A. 9c

    BalasHapus

  9. Terimakasih Bu atas materinya
    Rifki aunur r. 9c

    BalasHapus
  10. Terima kasih Bu atas materi nya
    -Melda Rizta Viola 9e

    BalasHapus
  11. Terima kasih bu atas materinya
    M faiq akbar 9c

    BalasHapus
  12. Terimakasih bu atas materinya
    Rafi.ab 9c

    BalasHapus
  13. Terimakasih bu atas materinya
    -Muhammad Tri Zaeri 9c

    BalasHapus
  14. Terimakasih bu materinya
    Salsabila 8e

    BalasHapus
  15. terimakasih bu materinya
    -faiz daka w 9c

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Terima ksih atas materi nya bu
    Aina 9E

    BalasHapus
  18. Terima kasih materinya bu
    M.farid nur Rasyid 9c

    BalasHapus
  19. Terima Kasih Bu Materinya
    -M.Farhan 9c

    BalasHapus
  20. Terimakasih bu atas materinya
    Natta 9E

    BalasHapus
  21. Terima kasih Bu atas materinya
    -sasta humayra 9c

    BalasHapus
  22. Terimakasih Bu atas materi nya
    -fauzan oktriananda 9c

    BalasHapus
  23. terimakasih bu atas materinya.
    M.PANDU ERZA K
    9E

    BalasHapus
  24. terimakasih bu atas materinya.
    M.PANDU ERZA K
    9E

    BalasHapus
  25. Terimakasih bu atas materinya
    -Wiarya winata 9e

    BalasHapus
  26. Terimakasih atas materinya bu
    M.dhaffa farras
    Kls:9E

    BalasHapus
  27. Terimakasih bu atas materinya
    -M daffa al mumtaz asca
    -9E

    BalasHapus
  28. Terimaksih atas materinya
    -balqis zahra fairus,9e

    BalasHapus
  29. Okeeh anak-anakku...setelah kalian membaca contoh teks tersebut.silakan kalau ada pertanyaan atau tanggapan tentang materi hari ini...

    BalasHapus
  30. Terima kasih Bu
    -nur Arafah 9e

    BalasHapus
  31. terimakasih bu atas materinya
    —farida 9e

    BalasHapus
  32. Terima kasih Bu atas materi nya
    -m.reza rifansyah 9c

    BalasHapus
  33. Terima kasih bu materi nya
    Rashky 9e

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Bu mau bertanya yg termasuk laporan percobaan apa saja ya bu?

    BalasHapus
  36. Terima kasi bu atas materinya

    Zaky Lutfi H 9e

    BalasHapus
  37. Terima kasih bu materinya


    Ramadanu 9e

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Terimakasih Bu materinya
    Alwahid Alfareza S. 9C

    BalasHapus
  41. Makasih bu materi nya


    M.Rafi fazli 9e

    BalasHapus
  42. Terima kasih Bu atas materinya
    M.Dzaky Taruna 9c

    BalasHapus
  43. Makasih bu materinya

    Rizky adrian saputra 9G

    BalasHapus
  44. Terima kasih bu
    -naila nayyara 8g

    BalasHapus
  45. Terimakasih ibu materinya

    Laudy 9E

    BalasHapus
  46. terimakasih bu materi nya

    - Varen Granata 9E

    BalasHapus
  47. Terimakasih Bu atas materinya
    -Muhammad Fathi Farhat 9c

    BalasHapus
  48. Terima kasih bu atas materinya
    Muhammad vasech aljabbar 9c

    BalasHapus
  49. laporan hasil pengamatan dan laporan hasil percobaan atau penelitian.sebagai contoh:
    1. kalian mengamati lingkungan sekolah atau lingkungan sekitar tempat tinggal kalian...
    2. kalian melakukan percobaan atau penelitian...

    itu contoh lain laporan hasil percobaan/observasi.

    BalasHapus
  50. Terimakasih atas materinya Bu
    Aurora 9c

    BalasHapus
  51. Terimakasih Bu
    -Nabilla Syahiya 9C

    BalasHapus
  52. TERIMA KASIH BU ATAS MATERINYA
    BANYU LAKSANA B
    9E

    BalasHapus
  53. Terimakasih bu
    salsabila 9e

    BalasHapus
  54. Terimakasih Buu
    -nurliza dasyu 9G

    BalasHapus
  55. Terima kasih atas materinya bu
    -Neva kaimah 9g

    BalasHapus
  56. Terimakasih bu
    —raya aurelli 9g

    BalasHapus
  57. Terima kasih ibu atas materi hari ini
    Amanda triadhana9e

    BalasHapus
  58. Trimakasih bu atas materi hari ini
    Aditya zikri 9g

    BalasHapus
  59. Terimakasih Bu atas materinya
    Ananda Neyza syahputra

    BalasHapus
  60. Terimakasih bu atas materinya
    -Clarisma Hana 9C

    BalasHapus
  61. Terima kasih bu atas materinya
    -zahran 8G

    BalasHapus
  62. Terimaksih bu materinya
    Yoga Dwi Saputra 9C

    BalasHapus
  63. Terimakasih atas materinya bu
    -natasya f 9G

    BalasHapus
  64. Terimakasih atas materinya bu
    -natasya f 9G

    BalasHapus
  65. Terimakasih bu atas materi nya
    Maulana 9e

    BalasHapus
  66. Terimakasih bu materinya
    -Muhammad rafha pratama 9G

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca