SELASA, 28 JULI 2020

Materi kelas 9

KD 3.2 dan 4.2 (Teks Laporan Hasil Percobaan)

Pertemuan pertama
Hari/Tanggal   : Selasa, 28 Juli 2020
KELAS            :9F

3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek
kebahasaan, dan aspek lisan.

  Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·1. mengidentifikasi makna istilah yang terdapat pada teks.
22.memberi contoh kalimat imperatif.
33. membandingkan kalimat aktif transitif dan intransitif. 
2
  Materi Pokok
·     makna istilah 
·     kalimat imperatif.
·     kalimat aktif transitif dan intransitif.

MATERI AJAR

1. Makna Istilah 
Suatu istilah adalah kata atau frasa (kombinasi kata-kata) yang digunakan sebagai nama atau simbol dan yang dengan hati-hati mengekspresikan makna konsep, proses, keadaan atau karakteristik yang spesifik untuk area tertentu, seperti sains, teknologi, seni, dan seterusnya. 

Syarat Untuk Pembentukan Makna Istilah

Saat membentuk istilah, perlu memperhatikan persyaratan untuk menggunakan kamus bahasa Indonesia berikut ini.
  • Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang memiliki makna baik (konotasi).
  • Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang baik untuk didengar (euphonic).
  • Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang dibentuk sesuai dengan aturan bahasa Indonesia.
  • Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang paling tepat untuk mengekspresikan konsep yang diusulkan dan tidak menyimpang dari makna ini.
  • Istilah yang dipilih adalah kata atau frasa yang terpendek dari opsi yang tersedia yang memiliki tautan yang sama.

Kosakata Makna Istilah

Istilah-istilah dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa serumpun, bahasa asing dan kosakata bahasa Indonesia.

Bahasa Asing

Bahasa Indonesia menyerap banyak bahasa asing. Bahasa asing ini dapat dianggap membentuk istilah baru jika memenuhi persyaratan:
  • Kemudahan komunikasi antar bahasa, seperti inflasi, pertukaran, satelit.
  • Lebih cocok untuk konotasi, misalnya, profesional, kritik, kritik, amatir.
  • Lebih pendek dari terjemahan asli ke bahasa Indonesia, seperti studi, diplomasi, dokumen.

   Contoh Istilah Umum

    • Jumlah narapidana di penjara Nusa Kambangan diprediksi akan terus meningkat, dan kemudian jumlah pengedar narkoba yang tertangkap akan meningkat. (tahanan = tahanan)
    • Untuk mengisi istirahat ini di semester, kampus melakukan kegiatan budaya dan wisata di salah satu keajaiban dunia, yaitu di candi Borobudur. (wisata budaya = perjalanan ke situs budaya)

Contoh Istilah Khusus

      • Meski awalnya menolak, Dudy akhirnya siap menjalani operasi untuk mengamputasi kaki kanannya. (amputasi = proses pemotongan bagian tubuh)
      • Menanggapi pertanyaan No. 3, kami diminta untuk membuat tabel perbandingan kemarin. (grafik = deskripsi naik turunnya situasi, data dalam bentuk garis)((https://majalahpendidikan.com/makna-istilah/).
2. kalimat imperatif 
adalah kalimat yang di dalamnya mengandung perintah. Kalimat ini berfungsi untuk meminta / melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.

Contoh Kalimat Imperatif :

-
Cuci telur bebek hingga bersih, kemudian ampelas kulit telur sampai tipis!. 
Aduklah campuran tersebut sampai merata!

3. Kalimat aktif 
merupakan kalimat yang mengandung makna subjek melakukan predikat. Umumnya subjek berada di depan predikat. Kalimat aktif merupakan kalimat yang subjeknya aktif melakukan kegiatan atau aktifitas. Atau kalimat yang subjeknya melakukan pekerjaan atau melakukan perbuatan.
Ciri-ciri :
  1. Subjeknya sebagai pelaku.
  2. Predikatnya berawalan me- atau ber-.
Kalimat aktif terdiri dari dua:
  1. Kalimat aktif transitif adalah kalimat aktif yang memiliki objek.
    • Ridho menendang bola.
    • Kakak membuat laporan.
  2. Kalimat aktif intransitif adalah kalimat aktif yang tidak memiliki objek.
    • Adik makan.
    • Rizki menangis.



TUGAS!
1. Buka link youtube berikut!(https://www.youtube.com/watch?v=rxAhA0mvICM
2. Setelah melihat tayangan tersebut, simpulkan ciri-ciri dan struktur teks laporan percobaan!





Komentar

  1. Terimakasih Bu atas materinyaaa dan soalnya
    Sherly arpansa 9f

    BalasHapus
  2. Terima kasih bu
    Bunga nur aprilia 9F

    BalasHapus
  3. Terima kasih bu
    Bunga nur aprilia 9F

    BalasHapus
  4. Terima kasih Bu atas materinya
    Muhammad Rafif fahrawi 9f

    BalasHapus
  5. Terimakasih Bu atas materinya
    Muhammad Bayu wiratama 9f

    BalasHapus
  6. Terimakasih Bu
    Debby Caroline 9f

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca