RABU, 15 JULI 2020

MATERI BINDO KELAS 9 KD 3.1 MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DARI LAPORAN PERCOBAAN YANG DIBACA DAN DIDENGAR

(PERTEMUAN PERTAMA)

KELAS 9D DAN 9G
MELAPORKAN PERCOBAAN

Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning, peserta didik dapat:
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan atau didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca.





A. Mengidentifikasi Informasi Laporan Percobaan

Laporan adalah teks yang menyajikan informasi tentang sesuatu sebagaimana adanya.


Teks Rekaman Percobaan Percobaan Membuat Teleskop








Contoh Teks Rekaman Percobaan Beserta Strukturnya
Contoh Teks Rekaman Percobaan

Tujuan

Agar bisa mengamati benda-benda yang berada di langit, dibutuhkan alat yang canggih yang biasa disebut dengan teleskop. Teleskop adalah sebuah teropong besar yang dipakai di dalam astronomi. 
Ilmi ini mempelajari benda-benda yang ada di langit atau luar angkasa. Astronomi tidak akan bisa berkembang dengan baik karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahan serta memiliki teknologi yang canggih.
Alat dan Bahan
  1. Lensa objektif LUP / lensa cembung praktikum, biasa dijual di toko alat laboratorium, menggunakan diameter 5 cm.
  2. Pipa PVC dan perlup dengan panjang kurang lebih 30 cm.
  3. Perkakas seperti gergaji dan lem perekat.
  4. Lensa okuler bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan menggunakan diameter 2,5 cm.
Langkah-Langkah Membuatnya 
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentukan terlebih dahulu panjang badan teleskop. Dengan menggunakan rumus fisika yang sudah kita ketahui : fob + fok = L.
  2. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui tersebut.
  3. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, kemudian sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi diujung paling depan pipa PVC yang sudah kamu ukur. Ingat, lensa objektif letaknya harus didepan lensa okuler. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
  4. Teleskop sederhana telah selesai kamu buat.
Hasil
Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana dapat digunakan untuk mengamati benda-benda di langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat dengan bumi.
Kesimpulan
Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang memiliki teknologi yang sangat canggih. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah dan sederhana.
Soal:

silakan kirimkan foto siswa ketika mengerjakan tugas dan foto hasil tugas k no WA 089505806093

Komentar

  1. Terima kasih bu atas materinya
    __Suci Ramadhani

    BalasHapus
  2. Terima kasih bu atas materinya
    Najwa Azzukhrufiah
    Kelas 9D

    BalasHapus
  3. terimakasih bu atas materinya
    siti zulaiha 9g

    BalasHapus
  4. Trimakasih materiny Bu
    Nurliza dasyu 9G

    BalasHapus
  5. Terima kasih bu atas materinya
    Dedi setiawan 9d

    BalasHapus
  6. Terima kasih bu atas materinya
    Rafli rahmat dani 9d

    BalasHapus
  7. terimakasih bu atas materi nya
    raya aurelli 9g

    BalasHapus
  8. Terima kasih bu atas materinya
    -Neva kaimah 9g

    BalasHapus
  9. terimakasih bu atas materiny
    adara elma 9d

    BalasHapus
  10. trmkasih bu mterinya
    salsabilah puspa 9d

    BalasHapus
  11. Terima kasi atas materi nya buk

    Reyhan Pratama kls 9D

    BalasHapus
  12. TERIMA KASIH BU ATAS MATERINYA
    ADITYA ZIKRI 9G

    BalasHapus
  13. Terimakasih Bu atas materinya
    Bima Cahya Ramadhan 9D

    BalasHapus
  14. Trimakasi bu atas materinya
    -natasya fanesia 9G

    BalasHapus
  15. Terima kasih bu materinya
    DeckyAprilian9D

    BalasHapus
  16. Trimakasih bu atas materinya
    Neza Agnesia 9D

    BalasHapus
  17. Terimakasih bu atas materinya
    Naufal athala 9g

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Makasih bu....
    Chalista Marta A 9D

    BalasHapus
  20. Terima kasih bu atas materinya
    -naila nayyara 9g

    BalasHapus
  21. Terimakasih bu atas materinya
    Siti astiya zulfa 9D

    BalasHapus
  22. Terima kasihh bu atas materi yang sudah di berikan
    -Abel Nadila Zahra 9d

    BalasHapus
  23. Terimakasih bu atas materi nya
    ~irvan rahman dani 9G

    BalasHapus
  24. Terimakasih bu atas meterinya
    Ayu maharani 9d

    BalasHapus
  25. Terimakasih bu atas materinya
    Zahran 9G

    BalasHapus
  26. terimakasih bu atas materinya
    -zaskia ramadhina 9G

    BalasHapus
  27. Tarimakasih Bu atas materi nya
    -Amanda Fitri Yani

    BalasHapus
  28. Terima kasih bu atas materinya
    -Neva kaimah 9g

    BalasHapus
  29. Terima kasih bu atas materinya
    Rizky Kurniawan 9D

    BalasHapus
  30. Terima kasih Bu atas materinya...
    Riffa Yudika P 9D

    BalasHapus
  31. Terima kasih Bu atas materinya...
    ~Aldo Yulizar 9D

    BalasHapus
  32. Terimakasih Bu...
    ~Rifki Yudika Perdana 9D

    BalasHapus
  33. Terimakasih bu atas materinya
    Asyifa nur annisa 9D

    BalasHapus
  34. Terimakasih buu
    Dzakwan richy 9D

    BalasHapus
  35. Terima kasih bu
    -satria belladi
    9G

    BalasHapus
  36. terimakasih bu materiny
    -Nico Akbar 9G

    BalasHapus
  37. Terimakasih bu atas materinya
    -Naqqia nur azzahra 9G

    BalasHapus
  38. Terimakasih bu materinya
    -muhammad rafha pratama 9G

    BalasHapus
  39. terimakasih bu atas materinya
    m.rasya adia c 9D

    BalasHapus
  40. Terimakasih buu penjelasan materinya
    Affan fazle m. 9g

    BalasHapus
  41. Terimakasih bu atas materi nya
    -Amanda Fitri Yani 9d

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Terimakasih atas materinya bu
    Pramudya Prilo 9g

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca