KAMIS, 16 JULI 2020

MATERI BINDO KELAS 9 KD 3.1 MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DARI LAPORAN PERCOBAAN YANG DIBACA DAN DIDENGAR

(PERTEMUAN PERTAMA)

KELAS 9C DAN 9D

MELAPORKAN PERCOBAAN

Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning, peserta didik dapat:
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan atau didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca.





A. Mengidentifikasi Informasi Laporan Percobaan

Laporan adalah teks yang menyajikan informasi tentang sesuatu sebagaimana adanya.


Teks Rekaman Percobaan Percobaan Membuat Teleskop









Contoh Teks Rekaman Percobaan Beserta Strukturnya
Contoh Teks Rekaman Percobaan

Tujuan

Agar bisa mengamati benda-benda yang berada di langit, dibutuhkan alat yang canggih yang biasa disebut dengan teleskop. Teleskop adalah sebuah teropong besar yang dipakai di dalam astronomi. 
Ilmi ini mempelajari benda-benda yang ada di langit atau luar angkasa. Astronomi tidak akan bisa berkembang dengan baik karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahan serta memiliki teknologi yang canggih.
Alat dan Bahan
  1. Lensa objektif LUP / lensa cembung praktikum, biasa dijual di toko alat laboratorium, menggunakan diameter 5 cm.
  2. Pipa PVC dan perlup dengan panjang kurang lebih 30 cm.
  3. Perkakas seperti gergaji dan lem perekat.
  4. Lensa okuler bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan menggunakan diameter 2,5 cm.
Langkah-Langkah Membuatnya 
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentukan terlebih dahulu panjang badan teleskop. Dengan menggunakan rumus fisika yang sudah kita ketahui : fob + fok = L.
  2. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui tersebut.
  3. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, kemudian sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi diujung paling depan pipa PVC yang sudah kamu ukur. Ingat, lensa objektif letaknya harus didepan lensa okuler. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
  4. Teleskop sederhana telah selesai kamu buat.
Hasil
Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana dapat digunakan untuk mengamati benda-benda di langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat dengan bumi.
Kesimpulan
Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang memiliki teknologi yang sangat canggih. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah dan sederhana.
Soal:

silakan kirimkan foto siswa ketika mengerjakan tugas dan foto hasil tugas k no WA 089505806093

Komentar

  1. Terimakasih Bu
    -Nabilla Syahiya 9C

    BalasHapus
  2. Terimakasih bu
    —Saskia Salsabila 9C

    BalasHapus
  3. trimakasih bu
    amanda shafa t 9C

    BalasHapus
  4. Terimakasih Bu
    -M.Fauzan oktriananda 9C

    BalasHapus
  5. Terimakasih Bu
    -Alisa Awaliyah 9C

    BalasHapus
  6. Terima Kasih Bu
    -M.Farhan 9c

    BalasHapus
  7. Terimakasih buk
    M Rizki Pratama 9c

    BalasHapus
  8. Terimakasih Bu
    -Alwahid Alfareza S. 9C

    BalasHapus
  9. Terimakasih bu
    Rafi ahmad b 9c

    BalasHapus
  10. Terimakasih Bu
    Rasya Indi r.9c

    BalasHapus
  11. Terima kasih bu
    Rafli rahmat dani 9d

    BalasHapus
  12. Terima kasih buk

    Reyhan Pratama kls 9D

    BalasHapus
  13. Terimakasih bu atas materinya
    -Dhea Rachma A. 9C

    BalasHapus
  14. Terima kasih bu atas materinya
    Muhammad vasech aljabbar 9c

    BalasHapus
  15. Terima kasih materinya
    M.farid nur Rasyid 9c

    BalasHapus
  16. Makasih bu materinya
    DeckyAprilian9D

    BalasHapus
  17. Terima kasih bu atas materinya
    Rizky Kurniawan 9D

    BalasHapus
  18. makasih kasih bu atas materinya
    m faiq akbar 9c

    BalasHapus
  19. Terimakasih Bu atas materinya
    Bima Cahya Ramadhan 9D

    BalasHapus
  20. Terimakasih Bu atas materinya
    -Muhammad Fathi Farhat 9c

    BalasHapus
  21. Terima kasih bu atas materinya
    -zeta rama efendi9C

    BalasHapus
  22. Terimakasih Bu
    Ananda Neyza SYACHPUTRA 9c

    BalasHapus
  23. Trimakasih bu materinya
    Neza agnesia 9d

    BalasHapus
  24. terimakasih bu atas materinya
    m.rasya adia c 9D

    BalasHapus
  25. Terimakasih bu atas materinya
    Siti astiya zulfa 9D

    BalasHapus
  26. Okee bu terimakasih atas materi yang sudah di berikan
    -Abel Nadila Zahra 9d

    BalasHapus
  27. Terimakasih Bu atas materi nya
    M.reza rifansyah 9c

    BalasHapus
  28. Terimakasih bu atas materinya
    -Clarisma Hana A 9C

    BalasHapus
  29. Terimakasih bu atas materinya
    Ayu maharani 9D

    BalasHapus

  30. Terima kasih bu atas materinya
    Rifki Aunur R. 9C

    BalasHapus
  31. Makasih bu....
    Chalista Marta A 9D

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Terima kasih Bu materinya
    ~Aldo Yulizar 9D

    BalasHapus
  34. Terima kasih bu materinya
    Dedi swtiawan 9d

    BalasHapus
  35. Terima kasih bu
    Dedi setiawan 9d

    BalasHapus
  36. Terima kasih bu
    Rafli rahmat dani 9d

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca