SELASA, 24 MARET 2020

SELASA, 24 MARET 2020

JAM KE 3-4 KELAS 9E
JAM KE 5-6 KELAS 9D
JAM KE 7-8 KELAS 9G
 SILAKAN KERJAKAN TUGAS DIBAWAH INI!
KIRIM JAWABAN MELALUI WA ATAU EMAIL
DISERTAI NAMA DAN KELAS
NO WA GURU MAPEL: 081541068905
EMAIL: asritrisnawati007@gmail.com

Soal Materi Teks Cerita Inspiratif (Kelas IX)


Bacalah kutipan cerita berikut untuk menjawab soal no. 1 dan 2!
Di Kantor Pos
Oleh: Muhammad Ali
“Tadi agaknya telah terjadi suatu kekeliruan ketika Nona membayarkan uang pos wesel kepada saya, sebab ….”
“Mana bisa keliru?” si pegawai menyela dengan cepat.
“Seharusnya saya terima tiga ratus rupiah, bukan? Kalau tak salah, sekian itulah angka yang tertulis dalam pos wesel saya.”
“Coba saya liat dulu, Saya masih ingat nomor pos wesel Saudara.” Si pegawai lalu memeriksa salah satu lajur dalam daftar yang terkembang di hadapannya, kemudian katanya,”Nah ini, wesel nomor satu empat tujuh dengan tanda C. Jumlah uang:tiga ratus rupiah. Apa yang keliru? Bukankah tadi Saudara terima dari saya tiga ratus rupiah?”
“Tidak,”jawab laki-laki itu.” Nona tadi memberikan kepada saya bukan tiga lembar kertas ratusan, tapi empat lembar. Jadi, empat ratus rupiah yang saya terima tadi.”
“Oh,, kalau begitu saya keliru. Benar-benar keliru,” kata si pegawai akhirnya dengan kemalu-maluan.”Maklum banyak kerja. Lagi pula lembaran-lembaran uang itu masih baru hingga mudah saja terlengket karenanya. Jadi, Saudara mau kembalikan uang yang seratus rupiah kepada saya, sekarang?”
“Betul, Saya akan mengembalikannya kepada Nyonya ….”
“Nona!” sela si pegawai cepat.

1. Kutipan cerita tersebut bertema ….
a. Kejujuran seseorang dalam hidup.
b. Kehati-hatian pegawai terhadap seseorang.
c. Keberanian pegawai mengakui kekeliruan.
d. Kebaikan seseorang terhadap pegawai pos.

2. Sudut pandang yang digunakan pengarang pada kutipan cerita tersebut adalah …
a. Orang pertama tokoh utama
b. Orang ketiga sebagai pengamat
c. Orang campuran
d. Orang ketiga manatahu

3. Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk yang itu ... yang dua kali kau sampaikan padaku. Sampai kapan pun kau merayuku, aku tak akan pernah lagi percaya padamu. Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku.
Bukti bahwa watak tokoh kamu pembohong dapat diketahui melalui ….
a. Tingkah laku tokoh kamu
b. Tingkah laku tokoh aku
c. Dialog tokoh aku
d. Dialog tokoh kamu

Simak kutipan cerita berikut untuk soal no. 4 dan 5!
....
(1) "Bu, aku malu kepada Allah! Dia hanya menerima 10 ribu tapi begitu bersyukurnya kepada Allah dan berterima kasih kepadaku. Kalau memang demikian, siapakah yang pantas masuk ke dalam surga Allah, apakah dia yang menerima 10 ribu dengan syukur yang luar biasa, ataukah aku yang menerima jumlah lebih banyak dari itu namun sedikitpun aku tak berucap hamdalah?”

(2) Budiman mengakhiri kalimatnya dengan suara yang terbata-bata dan beberapa bulir air mata yang menetes. Istrinya pun menjadi lemas setelah menyadari betapa selama ini kurang bersyukur sebagai hamba.
(https://www.gomuslim.co.id/read/hikmah/2017/06/03/4272/sebuah-kisah-tentang-10-ribu-rupiah-membuat-anda-mengerti-cara-bersyukur.html)

4. Paragraf nomor (1) tersebut merupakan bagian ....
a. Orientasi
b. Perumitan peristiwa
c. Komplikasi
d. Resolusi

5. Paragraf nomor (2) tersebut merupakan bagian ....
a. Koda
b. Resolusi
c. Komplikasi
d. Perumitan peristiwa

6. Simaklah kutipan cerita inspiratif berikut!
(1) Tentunya hal tersebut akan membuat orang lain merasa curiga melihatnya.
(2) Namun nyatanya dugaannya salah besar, ternyata anak-anak sekolah tersebut sedang membagi-bagikan baju bekas dan makanan kepada seorang bapak tunawisma yang biasanya sering berkeliaran di kawasan sekolah.
(3) Bisa saja orang mencurigai segerombolan anak tersebut melakukan hal yang tidak diinginkan seperti merokok.
(4) Jika Anda melihat perbuatan anak-anak tersebut tentu saja akan ikut tergerak hatinya untuk turut membantu meringankan beban tunawisma tersebut, bukan?
(5) Pada suatu hari, terdapat segerombolan anak-anak sekolah yang pergi ke area belakang sekolahnya ketika waktu istirahat tiba.
(https://www.cermati.com/artikel/kisah-inspiratif-ini-mendorong-anda-untuk-selalu-berbuat-baik)

Susunan yang tepat dari kutipan cerita inspiratif tersebut adalah....
a. (5) - (2) - (1) - (3) - (4)
b. (5) - (3) - (4) - (2) - (1)
c. (5) - (1) - (3) - (2) - (4)
d. (5) - (4) - (2) - (3) - (1)

Teks berikut untuk soal no.7 - 9!
Pada masa dahulu, ada seorang tukang bangunan yang telah bertahun-tahun lamanya bekerja ikut pemborong. Ia bermaksud mengajukan pensiun karena ingin memiliki banyak waktu untuk keluarganya.
Si Pemborong berkata, "Saya setujui permohonan pensiun Anda dengan syarat Anda bangun dahulu satu rumah terakhir sebelum Anda pensiun."
Si tukang bangunan segera membangunkannya. Karena kejar tayang, ia pun mengerjakannya asal-asalan dan asal jadi. Selesai sudah bangunan terakhir yang ia buat. Ia serahkan kunci rumah kepada sang pemborong.
Sang pemborong pun tersenyum dan berkata, "Rumah ini adalah hadiah untukmu, karena telah lama bekerja bersamaku."
Terkejutlah tukang bangunan itu, ada rasa sesal mengapa rumah yang akhirnya hendak ia tempati itu, dikerjakannya secara asal-asalan.
Sesungguhnya ibadah yang kita kerjakan di dunia ini, tak lain adalah rumah yang sedang kita bangun untuk kita tempati nanti setelah pensiun dari kehidupan dunia. Jangan sampai kelak kita menyesal karena kita menempati rumah yang kita bangun asal-asalan.

7. Judul yang tepat untuk cerita di atas adalah ....
a. Hadiah dari Sang Pemborong untuk Si Tukang Bangunan
b. Masa Pensiun Si Tukang Bangunan
c. Kebaikan Sang Pemborong
d. Rumah Si Tukang Bangunan

8. Tokoh utama dari cerita di atas adalah ....
a. Sang Pemborong
b. Si Tukang bangunan
c. Keluarga tukang bnagunan
d. Keluarga sang pemborong

9. Amanat yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah ....
a. Jadilah pemborong yang baik
b. Membuat rumah harus bagus dan megah
c. Jadilah tukang yang baik agar menghasilkan karya yang bagus
d. Kita harus mengerjakan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya

10. Di bawah ini yang termasuk struktur teks cerita inspiratif adalah ....
a. orientasi, perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi, koda
b. orientasi, komplikasi, abstraksi, dan reorientasi
c. orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda
d. orientasi, komplikasi, perumitan peristiwa, resolusi, koda

Komentar

  1. Saya putri aulia 9e sedng mengerjakan tugas bu

    BalasHapus
  2. Saya muna zulfa 9e serang mengerjakan tgs bu

    BalasHapus
  3. Saya sisil 9d Sudah mengerjakan bu

    BalasHapus
  4. Sya dela khoirunisa 9d sdg mengerjakan tugs bu

    BalasHapus
  5. Saya Gita Arthajunia 9D sdg mengerjakan

    BalasHapus
  6. Saya runi cantika
    Kelas 9E
    sedang mengerjakan

    BalasHapus
  7. Saya hervina sari sedang mengerjakan bu

    BalasHapus
  8. Saya M.Marshall 9D Sedang Mengerjakan Bu

    BalasHapus
  9. Saya Ranti 9g sedang mengerjakan bu

    BalasHapus
  10. Saya resya sabila 9d sedang mengerjakan bu

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Zahra bakdani 9d sudah mengerjakan

    BalasHapus
  13. fajar kurniawan kls 9e sudah mengerjakan

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Saya nadya liantina 9g sedang mengerjakan tugas dari ibuu :)

    BalasHapus
  16. Saya adrian maulana kelas 9D sudah selesai mengerjakan tugas

    BalasHapus
  17. Saya Jagad Raya 9e sudah mengerjakan

    BalasHapus
  18. Saya GAGAH ARIFA 9D Sudah Mengerjakan

    BalasHapus
  19. SAYA ADZROO SHOOFIYA M. SUDAH SELESAI

    BalasHapus
  20. Saya Yandra 9g sudah mengerjakan

    BalasHapus
  21. Saya annisa nurul aina 9g bu

    BalasHapus
  22. Putri ersa maharani udh ngerjain bu

    BalasHapus
  23. Saya Alin ofika putri 9G sudah mengerjakan

    BalasHapus
  24. Saya dimas panca kusuma 9g sudah mengerjakan

    BalasHapus
  25. Saya Vika Ayunda 9E sudah mengerjakan bu

    BalasHapus
  26. Saya rizka aziza 9e sudah mengerjakan bu

    BalasHapus
  27. Saya Naya Farikhah 9G sudah mengerjakan bu

    BalasHapus
  28. Saya nayza 9E sudah mengerjakan tugas ibu

    BalasHapus
  29. Marsella 9g sudah mengerjakan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca