JUMAT,20 MARET 2020

JUMAT,20 MARET 2020

BERSAMA WALI KELAS
KELAS 9D

MEMBAHAS KISI-KISI UNBK

Bahasa Indonesia 1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus bisa mengidentifikasi, menentukan, dan memaknai. Lingkup materi Membaca nonsastra: siswa dapat menentukan makna kata/kalimat pada teks, informasi tersurat teks dan menentukan bagian teks. Membaca sastra: siswa dapat menentukan maka kata dan maksa tersurat dalam cerpen dan fabel, juga menentukan bagian cerpen. Menulis terbatas: siswa dapat melengkapi istilah/kata dalam kalimat. Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat menunjukkan kata dan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah. Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca. 2. Pada level kognitif aplikasi, siswa harus bisa menunjukkan bukti, menyimpulkan, menemukan ide, menginterpretasi, menggunakan, menyusun. Lingkup materi Membaca nonsastra: siswa dapat menentukan ide pokok teks, menyimpulkan isi teks, menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks, dan meringkas isi teks. Membaca sastra: siswa dapat menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel, menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel, menyimpulkan sebab/akibat konflik. Menulis terbatas: siswa dapat menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks, melengkapi paragraf dengan kalimat, melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain). Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah, dan menggunakan konjungsi dalam kalimat. Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat menggunakan ejaan dan tanda baca. 3. Pada level kognitif penalaran, siswa harus mengevaluasi, membandingkan pola (menganalisis), menanggapi, dan memvariasi. Lingkup materi Membaca nonsastra: siswa dapat membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks, menilai keunggulan/kelemahan teks, dan mengomentari isi teks. Membaca sastra: siswa dapat membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel, membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel, menunjukkan bukti latar dan watak tokoh dalam cerpen/tabel, mengomentari unsur intrinsik karya sastra. Menulis terbatas: siswa dapat memvariasikan kata dan kalimat, menulis dengan ilustrasi tertentu, dan mengubah teks ke bentuk lain. Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf, menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf. Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan, memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca, menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.


SILAKAN DOWNLOAD KISI-KISI 4 MAPEL YG DI UN KAN...SELAMAT BELAJAR DI RUMAH.... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca