JUMAT,20 MARET 2020
JUMAT,20 MARET 2020
BERSAMA WALI KELAS
KELAS 9D
MEMBAHAS KISI-KISI UNBK
Bahasa Indonesia 1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus bisa mengidentifikasi, menentukan, dan memaknai. Lingkup materi Membaca nonsastra: siswa dapat menentukan makna kata/kalimat pada teks, informasi tersurat teks dan menentukan bagian teks. Membaca sastra: siswa dapat menentukan maka kata dan maksa tersurat dalam cerpen dan fabel, juga menentukan bagian cerpen. Menulis terbatas: siswa dapat melengkapi istilah/kata dalam kalimat. Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat menunjukkan kata dan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah. Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca. 2. Pada level kognitif aplikasi, siswa harus bisa menunjukkan bukti, menyimpulkan, menemukan ide, menginterpretasi, menggunakan, menyusun. Lingkup materi Membaca nonsastra: siswa dapat menentukan ide pokok teks, menyimpulkan isi teks, menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks, dan meringkas isi teks. Membaca sastra: siswa dapat menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel, menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel, menyimpulkan sebab/akibat konflik. Menulis terbatas: siswa dapat menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks, melengkapi paragraf dengan kalimat, melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain). Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah, dan menggunakan konjungsi dalam kalimat. Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat menggunakan ejaan dan tanda baca. 3. Pada level kognitif penalaran, siswa harus mengevaluasi, membandingkan pola (menganalisis), menanggapi, dan memvariasi. Lingkup materi Membaca nonsastra: siswa dapat membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks, menilai keunggulan/kelemahan teks, dan mengomentari isi teks. Membaca sastra: siswa dapat membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel, membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel, menunjukkan bukti latar dan watak tokoh dalam cerpen/tabel, mengomentari unsur intrinsik karya sastra. Menulis terbatas: siswa dapat memvariasikan kata dan kalimat, menulis dengan ilustrasi tertentu, dan mengubah teks ke bentuk lain. Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf, menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf. Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan, memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca, menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.
SILAKAN DOWNLOAD KISI-KISI 4 MAPEL YG DI UN KAN...SELAMAT BELAJAR DI RUMAH....
BERSAMA WALI KELAS
KELAS 9D
MEMBAHAS KISI-KISI UNBK
Bahasa Indonesia 1. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus bisa mengidentifikasi, menentukan, dan memaknai. Lingkup materi Membaca nonsastra: siswa dapat menentukan makna kata/kalimat pada teks, informasi tersurat teks dan menentukan bagian teks. Membaca sastra: siswa dapat menentukan maka kata dan maksa tersurat dalam cerpen dan fabel, juga menentukan bagian cerpen. Menulis terbatas: siswa dapat melengkapi istilah/kata dalam kalimat. Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat menunjukkan kata dan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah. Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca. 2. Pada level kognitif aplikasi, siswa harus bisa menunjukkan bukti, menyimpulkan, menemukan ide, menginterpretasi, menggunakan, menyusun. Lingkup materi Membaca nonsastra: siswa dapat menentukan ide pokok teks, menyimpulkan isi teks, menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks, dan meringkas isi teks. Membaca sastra: siswa dapat menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel, menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel, menyimpulkan sebab/akibat konflik. Menulis terbatas: siswa dapat menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks, melengkapi paragraf dengan kalimat, melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain). Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah, dan menggunakan konjungsi dalam kalimat. Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat menggunakan ejaan dan tanda baca. 3. Pada level kognitif penalaran, siswa harus mengevaluasi, membandingkan pola (menganalisis), menanggapi, dan memvariasi. Lingkup materi Membaca nonsastra: siswa dapat membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks, menilai keunggulan/kelemahan teks, dan mengomentari isi teks. Membaca sastra: siswa dapat membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel, membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel, menunjukkan bukti latar dan watak tokoh dalam cerpen/tabel, mengomentari unsur intrinsik karya sastra. Menulis terbatas: siswa dapat memvariasikan kata dan kalimat, menulis dengan ilustrasi tertentu, dan mengubah teks ke bentuk lain. Menyunting kata, kalimat dan paragraf: siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf, menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf. Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan, memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca, menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.
SILAKAN DOWNLOAD KISI-KISI 4 MAPEL YG DI UN KAN...SELAMAT BELAJAR DI RUMAH....
Komentar
Posting Komentar