PEMBAHASAN SOAL PTS GANJIL BAHASA INDONESIA

KARTU SOAL PILIHAN  GANDA
ULANGAN MID SEMESTER GANJIL
SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Jenjang Sekolah                    : SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung
Mata Pelajaran                      :Bahasa Indonesia
Kelas                                       : IX
Bentuk Soal                           : Pilihan Ganda
Kurikulum                             : K13 REVISI 2018


Paket
No. Soal
1
Kunci Jawaban : B

1. Tujuan penulisan teks laporan percobaan adalah …. 
a. sebagai media memengaruhi       c. Sebagai media hiburan 
b. Sebagai sumber informasi           d. sebagai media sosial

Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan  percobaan yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Materi
·      Fungsi teks laporan
·      Pengertiantekslaporan
·      Model tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
·      Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca



Indikator

·    Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
·    Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·    Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·    Mengidentifikasi isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

Paket
No. Soal
2
Kunci Jawaban : A

2. Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Laporan ini disusun untuk memberikan laporan atas kegiatan percobaan yang telah kami lakukan. Kegiatan yang kami lakukan adalah menguji kandungan gizi pada beberapa jenis makanan tradisional.
Kutipan teks tersebut di atas terdapat pada bagian ....
 a. Tujuan                 b. kajian teori                                       
 c. alat dan bahan     d. pembahasan

·    Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·    Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·    Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan




Paket
No. Soal
3
Kunci Jawaban : D

1.      3. Berikut ini bagian yang t idak terdapat pada laporan adalah....
 a. Tujuan                                  b. Pembahasan                       
       c. dasar teori                            d. argumentasi  

Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan  percobaan yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Materi
·      Fungsi teks laporan
·      Pengertiantekslaporan
·      Model tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
·      Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca



Indikator

·    Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
·    Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·    Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·    Mengidentifikasi isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

Paket
No. Soal
4
Kunci Jawaban : B

4. Perhatikan paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 21-23!
Karbohidrat memegang peranan penting dalam alam karena menjadi sumber energi utama bagi tubuh manusia. Semua karbohidrat berasal dari tumbuh-tumbuhah. Melalui proses fotosintesis, klorofil tanaman dengan bantuan sinar matahari mampu membentuk karbohidrat dari karbon dioksida berasal dari udara dan air dari tanah. Karbohidrat yang dihasilkan adalah karbohidrat sederhana glukosa. Pada saat itu pula dihasilkan oksigen yang lepas ke udara.
Sumber : praktikumbiologi.com
 Paragraf tersebut termasuk pada bagian ....
  a. Tujuan                                 b. kajian teori            
  c. alat dan bahan                     d. kesimpulan

·    Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·    Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·    Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan




Paket
No. Soal
5
Kunci Jawaban : B

5. Fotosintesis, merupakan proses biokimia yang dilakukan tumbuhan alga dan beberapa jenis bakteri untuk memproduksi nutrisi dengan memanfaatkan energi cahaya.
Fotosintesis, biokimia, dan nutrisi dalam kalimat tersebut merupakan istilah teknis yang digunakan dalam bidang ...
a. Fisika                                   b. Biologi                   
c. Kimia                                   d. Geologi
Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan  percobaan yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Materi
·      Fungsi teks laporan
·      Pengertiantekslaporan
·      Model tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
·      Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
Kompetensi Dasar

3.2  Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan  secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek  kebahasaan, dan aspek lisan


Paket
No. Soal
6
Kunci Jawaban : B

6. Kata benda pada paragraf tersebut ditunjukkan pada kata ....
a. Sederhana                           b. Karbohidrat              
c. Dengan                               d. melalui

Materi
·      Struktur teks laporan.
·      Ciri-ciri kebahasaan  teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
·    Model teks laporan percobaan.

Indikator

·    Mengidentifikasi struktur  dan ciri kebahasaan  teks laporan
·    Mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
·    Memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menganalisis kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat
·    Menerapkan pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat




Paket
No. Soal
7
Kunci Jawaban : C

7. Paragraf tersebut menjelaskan mengenai ....
 a. Fotosistesis                                     b. Glukosa                  
 c. karbohidrat                                     d. klorofil

Kompetensi Dasar

3.2  Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan  secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek  kebahasaan, dan aspek lisan

Materi
·      Struktur teks laporan.
·      Ciri-ciri kebahasaan  teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
Model teks laporan percobaan.
Indikator

·    Mengidentifikasi struktur  dan ciri kebahasaan  teks laporan
·    Mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
·    Memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menganalisis kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat
·    Menerapkan pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
·    Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat

Paket
No. Soal
8
Kunci Jawaban : C

8. Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Laporan ini disusun untuk memberikan laporan atas kegiatan percobaan yang telah kami lakukan. Kegiatan yang kami lakukan adalah menguji kandungan gizi pada beberapa jenis makanan tradisional.
Pada teks laporan hasil percobaan, kutipan teks tersebut terdapat pada bagian . ...
a. alat dan bahan         b. kajian teori 
c. Tujuan                    d. pembahasan



Paket
No. Soal
9
Kunci Jawaban : B

9. Bacalah kalimat berikut dengan seksama untuk menjawab soal nomor 6 dan 7
Air jeruk merupakan senyawa asam lemah sehingga menghasilkan reaski gelembung yang sedikit dan tidak adanya nyala lampu.
Kata penghubung yang digunakan dalam kalimat tersebut, yaitu ....
a. merupakan, dalam                            
c. dalam, sehingga
b. sehingga, dan                                    d. merupakan, yang

Kompetensi Dasar

3.2  Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan  secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek  kebahasaan, dan aspek lisan

Materi
·      Struktur teks laporan.
·      Ciri-ciri kebahasaan  teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
Model teks laporan percobaan.
Indikator

·    Mengidentifikasi struktur  dan ciri kebahasaan  teks laporan
·    Mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
·    Memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menganalisis kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat
·    Menerapkan pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
·    Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat

Paket
No. Soal
10
Kunci Jawaban : C

10. Perhatikan kalimat berikut!
Predator puncak di Antartika hanya memiliki satu anggota-paus pembunuh, karnivora mesin pembunuh sepanjang 27 kaki. Dengan gigi luar biasa, mereka adalah puncak dari jaring makanan.

Makna dari kata yang bercetak miring pada teks di atas adalah ....
a. Hewan laut                                                  c. hewan pemangsa hewan lain
b. Hewan di antartika                                     d. Hewan ganas




Paket
No. Soal
11
Kunci Jawaban : A

11. Cara memersuasi di bawah ini yang menggunakan pendekatan etika adalah…
a.“Daur ulang adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Dengan membuang-buang sumber daya yang terbatas, kita sama saja sedang melakukan tindakan amoral yaitu merampok masa depan para generasi penerus”.
b. “Coba pikirkan berapa banyak hewan-hewan di luar sana yang kehilangan rumahnya setiap hari karena pohon-pohon selalu ditebang. Dengan menerapkan program daur ulang, kita bisa menyelamatkan hutan indah yang menjadi rumah mereka”
c. “Anda tentu tahu bahwa sumber daya alam yang tersedia sangatlah terbatas. Anda dan saya, kita, bisa membuatnya bertahan lebih lama dengan menerapkan program daur ulang".
d.“Jika anda tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya, tolong berhenti merusaknya!”.

Kompetensi Dasar

3.2  Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan  secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek  kebahasaan, dan aspek lisan

Materi
·      Struktur teks laporan.
·      Ciri-ciri kebahasaan  teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
Model teks laporan percobaan.
Indikator

·    Mengidentifikasi struktur  dan ciri kebahasaan  teks laporan
·    Mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
·    Memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menganalisis kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat
·    Menerapkan pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat

Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasiftentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
·    4.3 Menyimpulkan gagasan,  pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca 

Paket
No. Soal
12
Kunci Jawaban : A

12. “Saat ini Bangsa kita tengah menghadapi persoalan yang sangat serius, yaitu menurunnya moral di kalangan remaja. Banyak remaja yang sudah terpengaruh oleh sikap hidup hedonis dan kehidupan yang mengabaikan nilai-nilai dan norma yang berlaku di negara yang kita cintai ini.”
Kalimat di atas adalah bagian pembukaan pidato yang bertujuan untuk  
       a. Merebut perhatian audiens
     b. Menunjukan kelayakan berbicara                               c. Menyampaikan tujuan       
      d. Menunjukkan hubungan dengan audiens



Materi
·      Teks pidato persuasif
Simpulan gagasan, pandangan, arahan, atau pes an dalam pidato

Indikator
·      Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
·      Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu
·      Menganalisis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
·      Menyimpulkan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato




Paket
No. Soal
13
Kunci Jawaban : B


13. Mari kita lanjutkan perjuangan, beri dukungan pada komitmen pemerintah dalam membangun sekolah menyenangkan, serta jaga stamina raga, rasa, dan cipta Ibu dan Bapak semua. Izinkan saya pamit sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, teriring rasa terima kasih, juga permohonan maaf tak terhingga atas segala khilaf yang ada. Salam hormat saya untuk Ibu dan Bapak semua. Mari kita teruskan ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa ini.
         pesan yang terdapat dalam kutipan teks pidato di atas adalah....
          a. kita harus membangun sekolah
b. kita harus melanjutkan perjuangan dan ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa
c. kita harus menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas
   d. kita harus lanjutkan perjuangan melawan penjajah
Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasiftentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
·    4.3 Menyimpulkan gagasan,  pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca
Materi
·      Teks pidato persuasif
Simpulan gagasan, pandangan, arahan, atau pes an dalam pidato


Indikator
·      Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
·      Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu
·      Menganalisis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
·      Menyimpulkan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato

Paket
No. Soal
14
Kunci Jawaban : B

14. Penggalan pidato di atas merupakan bagian …
    a. Pembuka       b.    Penutup   c.  Isi        d.    Tujuan




Paket
No. Soal
15
Kunci Jawaban : A

15. (1)Saya merasa takut berada di bawah sinar matahari karena berlubangnya lapisan ozon. (2)Saya merasa takut untuk bernapas karena saya tidak tahu ada bahan kimia apa yang dibawa oleh udara. (3) Saya sering memancing di Vancouver bersama ayah saya, hingga Beberapa tahun yang lalu kami menemukan bahwa ikan-ikannya penuh dengan kanker. (4) Sekarang kami mendengar bahwa binatang-binatang dan tumbuhan satu persatu mengalami kepunahan tiap harinya hilang selamanya.
 Kalimat yang menggunakan model repetisi pada kutipan pidato persuasif di atas adalah …
a.    1 dan 2       b.    2 dan 3      c.    3 dan 4            d.    2 dan 4

Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasiftentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.3 Menyimpulkan gagasan,  pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca
Materi
·      Teks pidato persuasif

Simpulan gagasan, pandangan, arahan, atau pes an dalam pidato
Kompetensi Dasar
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.4   Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

Paket
No. Soal
16
Kunci Jawaban : A

16. Dengan pendidikan kalian akan mendapatkan ilmu. Ilmu tersebut dapat kalian jadikan bekal untuk masa depan. Ilmu merupakan harta yang takkan pernah habis. Uang dan harta yang kamu miliki sewaktu-waktu dapat habis. Namun, ilmu dapat kalian bawa sampai mati.
Paragraf di atas merupakan ciri struktur pidato persuasif yaitu …
a.    Pendapat atau pendirian  c.    Tahap argumen
b.    Pernyataan posisi            d.    Penguatan pernyataan posisi

Materi
·      Struktur teks  (pidato persuasif)
·      Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif,  kata tugas,  kosa kata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan.
·      Model teks pidato persuasif

Indikator
·      Menyimpulkan struktur teks pidato persuasif
·      Mengidentifikasi ciri kebahasaan  teks  pidato persuasif
Menelaah  teks  pidato persuasif
·      Menyusun  teks  pidato persuasif
Menyajikan pidato persuasif secara menarik




Paket
No. Soal
17
Kunci Jawaban : D

17. Akhirnya, seperti halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan adalah bagian dari Iman, meski konteks ajaran tersebut tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita semua akan kebersihan lingkungan sekolah, semoga saja kita menjadi salah satu bagian yang menjadikan sekolah kita sebagai tempat yang membawa kita terus menjaga keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.
 Kutipan teks pidato di atas menggambarkan ciri struktur …
a.    Pendapat atau pendirian           c.    Tahap argumen
b.    Pernyataan posisi                     d.    Penguatan pernyataan posisi

Kompetensi Dasar
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.4   Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
Materi
·      Struktur teks  (pidato persuasif)
·      Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif,  kata tugas,  kosa kata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan.
·      Model teks pidato persuasive
Indikator
·      Menyimpulkan struktur teks pidato persuasif
·      Mengidentifikasi ciri kebahasaan  teks  pidato persuasif
Menelaah  teks  pidato persuasif
·      Menyusun  teks  pidato persuasif
Menyajikan pidato persuasif secara menarik


Paket
No. Soal
18
Kunci Jawaban : C

18. Lingkungan sekolah seharusnya bisa mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankankenyamanan. Pencerminan budaya di lingkungan sekolah akan berdampak positif bagi masyarakat sekolah. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan sekolah kita terlihat kotor dan terasa tidak nyaman lagi.
Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai.
       Sinonim kata budaya yang paling tepat yaitu...
       a. tradisi                                       c. kebiasaan
       b. adat                                          d.  pikiran



Paket
No. Soal
19
Kunci Jawaban : B

19.  Kata mencerminkan, pencerminan, kenyamanan dan ketidaknyamanan merupakan ciri kebahasaan teks pidato persuasif yaitu…
a.    Bentuk pasif                             c.    Kosa kata teknis
b.    Nominalisasi (pembendaan)    d.    Kata tugas (konjungsi)

Kompetensi Dasar
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.4   Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
Materi
·      Struktur teks  (pidato persuasif)
·      Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif,  kata tugas,  kosa kata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan.
·      Model teks pidato persuasive
Kompetensi Dasar
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.4   Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.


Paket
No. Soal
20
Kunci Jawaban : D

20.  Kalimat yang menggunakan bentuk pasif  pada kutipan teks pidato di atas adalah…
a. Lingkungan sekolah seharusnnya mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan.
b.    Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan sekolah kita terlihat kotor dan terasa tidak nyaman lagi.
c.   Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah.
d.   Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai.
Materi
·      Struktur teks  (pidato persuasif)
·      Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif,  kata tugas,  kosa kata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan.
·      Model teks pidato persuasif

Indikator
·      Menyimpulkan struktur teks pidato persuasif
·      Mengidentifikasi ciri kebahasaan  teks  pidato persuasif
Menelaah  teks  pidato persuasif
·      Menyusun  teks  pidato persuasif
Menyajikan pidato persuasif secara menarik
 .

KARTU SOAL
ESAI
ULANGAN MID SEMESTER GANJIL
SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Jenjang Sekolah                    : SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung
Mata Pelajaran                      :Bahasa Indonesia
Kelas                                       : IX
Bentuk Soal                           : Esai
Kurikulum                             : K13 Revisi  2018


Paket
No. Soal
1
Kunci Jawaban :

  1. Teks laporan perecobaan adalah teks yang menyajikan informasi tentang sesuatu sebagaimana adanya.

1.      Jelaskan pengertian teks laporan percobaan!

Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan  percobaan yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
Materi
·      Fungsi teks laporan
·      Pengertiantekslaporan
·      Model tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
·      Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca



 Indikator

·    Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
·    Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·    Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·    Mengidentifikasi isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

Paket
No. Soal
2
Kunci Jawaban :
      Harus mengandung fakta
      bersifat objektif
      harus ditulis sempurna dan lengkap
      tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan
      disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis.

2.      Sebutkan ciri-ciri teks laporan percobaan!




Paket
No. Soal
3
Kunci Jawaban :
         Pernyataan Umum (Klasifikasi, Pernyataan)
         Uraian

     1. Judul
     2. Objek
     3. Pelaku Percobaan
     4. Tempat dan Waktu Percobaan
     5. Tujuan
     6. Bahan/Alat
     7. Langkah
     8. Hasil Laporan Percobaan
     9. Simpulan
     10. Daftar Pustaka


3.      Jelaskan perbedaan struktur teks laporan hasil observasi dan teks laporan percobaan!

Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan  percobaan          yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Materi
·      Fungsi teks laporan
·      Pengertiantekslaporan
·      Model tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
·      Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca



Indikator

·    Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
·    Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·    Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·    Mengidentifikasi isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

Paket
No. Soal
4
Kunci Jawaban :
  1. Yaitu
  2. Yang
  3. Yang
  4. Yang
  5. dan



4.      Lengkapi paragraf di bawah ini dengan kata tugas!
Untuk tetap bertahan hidup, mahkluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber energi. Makanan merupakan kebutuhan kita sehari-hari ... kebutuhan mutlak ..... wajib dipenuhi bagi setiap makhluk hidup. Makanan ... kita konsumsi setiap hari merupakan zat gizi utama bagi tubuh. Zat gizi (nutrisi) adalah substansi-substansi di dalam makanan .... menyediakan energi dan materi untuk perkembangan, pertumbuhan, .... perbaikan sel tubuh.

·    Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·    Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·    Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan




Paket
No. Soal
5
Kunci Jawaban :
         Memperkenalkan aspek umum atau kelompok (generik).
         Menggunakan kata tugas hubungan logis.
         Menggunakan kalimat aktif.
         Menggunakan kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan aksi.
         Menggunakan kata serapan atau istilah khusus sesuai bidang ilmu yang berkaitan dengan objek yang diamati.

         5.  Sebutkan ciri kebahasaan teks laporan percobaan!

Kompetensi Dasar

3.2  Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan  secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek  kebahasaan, dan aspek lisan

Materi
·      Struktur teks laporan.
·      Ciri-ciri kebahasaan  teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
·    Model teks laporan percobaan.





Indikator

·    Mengidentifikasi struktur  dan ciri kebahasaan  teks laporan
·    Mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
·    Memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menganalisis kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat
·    Menerapkan pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat





Paket
No. Soal
6
Kunci Jawaban :
         Pernyataan Umum (Klasifikasi, Pernyataan)
         Uraian

6.      Sebutkan struktur teks laporan percobaan!


·    Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·    Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·    Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan


Kompetensi Dasar

3.2  Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan  secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek  kebahasaan, dan aspek lisan


Paket
No. Soal
7
Kunci Jawaban :
Laporan ini disusun untuk memberikan  laporan  atas kegiatan  percobaan yang telah  kami lakukan. Tujuan percobaan yang kami lakukan yaitu untuk menguji kandungan listrik pada buah.

7.      Jelaskan tujuan laporan percobaan “Kandungan Listrik pada Buah” !

Materi
·      Struktur teks laporan.
·      Ciri-ciri kebahasaan  teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
·    Model teks laporan percobaan.
Indikator

·    Mengidentifikasi struktur  dan ciri kebahasaan  teks laporan
·    Mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
·    Memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menganalisis kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat
·    Menerapkan pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat
Indikator

·    Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
·    Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·    Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·    Mengidentifikasi isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

Paket
No. Soal
8
Kunci Jawaban :
Tujuannya yaitu agar kita selalu menjaga kebersihan.




8.      Akhirnya, seperti halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan adalah bagian dari Iman, meski konteks ajaran tersebut tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita semua akan kebersihan lingkungan sekolah, semoga saja kita menjadi salah satu bagian yang menjadikan sekolah kita sebagai tempat yang membawa kita terus menjaga keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa
Jelaskan tujuan pidato persuasif di atas!

·    Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·    Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·    Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan




Paket
No. Soal
9
Kunci Jawaban :
  1. Manuskrip (Naskah)
  2. Memoriter (Hafalan)
  3. Ekstemporan
(menyiapkan garis besar konsep pidato)
  1. Impromptu
(Pidato dadakan)

9.      Sebutkan dan jelaskan metode pidato!

Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan  percobaan yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Materi
·      Fungsi teks laporan
·      Pengertiantekslaporan
·      Model tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
·      Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
Indikator
·    Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
·    Mengidentifikasi ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·    Mengidentifikasi prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·    Mengidentifikasi isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
































Paket
No. Soal
10


10.  Buatlah sebuah teks pidato persuasif dengan tema lingkungan!


Kunci Jawaban :
Assalamualaikum Wr.Wb
Yth. Bapak/Ibu Guru yang kami hormati
Serta teman-temanku semua yang saya cintai
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karuniaNYA sehingga kita semua dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat.
Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Sebelum saya memulai pidato ini, saya akan mengingatkan tentang slogan-slogan yang menempel di hampir setiap koridor sekolah kita, diantaranya “bersih pangkal sehat”, “kebersihan adalah sebagian dari iman”, “jagalah kebersihan”. Tapi apakah slogan-slogan tersebut telah menggugah kita untuk mengamalkannya? Seringkali kita melihat murid-murid yang membuang sampah sembarangan, baik itu berupa kertas-kertas bekas maupun bungkus-bungkus bekas jajanan mereka…
Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau melihat sampah tersebut berserakan dimana-mana. Sampah tadi juga dapat mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun diluar kelas, selain itu kotornya lingkungan sekolah juga dapat menjadikan suasana belajar kita menjadi tidak nyaman.
Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Demi tercapainya lingkungan yang bersih dan nyaman di tempat kita belajar, perlu sekali dilakukan tindakan yang bersifat mengajak kesadaran kepada setiap siswa untuk menjaga kebersihan yang bersifat mengatasi masalah di atas. Agar tindakan tersebut menjadi contoh kepada siswa-siswa yang masih belum sadar tentang betapa pentingnya kebersihan di lingkungan sekolah. Dengan tindakan-tindakan tersebut diharapkan para pendidik mampu menyadarkan siswa untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolahnya
Sebagai penutup saya ingin mengajak semua teman-teman untuk saling bahu membahu menjaga lingkungan sekolah yang kita cintai ini agar menjadi sebuah sarana belajar yang kondusif dan nyaman dengan mengawalinya dari kebersihan….
Demikian pidato dari saya ini, kurang lebihnya saya mohon maaf…
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
4.5

https://brainly.co.id/tugas/17050235







·    Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·    Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·    Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan

·    Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·    Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·    Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca