PEMBAHASAN SOAL PTS GANJIL BAHASA INDONESIA
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
ULANGAN MID SEMESTER GANJIL
SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Jenjang
Sekolah : SMP Al Azhar
3 Bandar Lampung
Mata
Pelajaran :Bahasa
Indonesia
Kelas : IX
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda
Kurikulum : K13 REVISI 2018
1. Tujuan penulisan teks laporan
percobaan adalah ….
a. sebagai media memengaruhi c. Sebagai media hiburan b. Sebagai sumber informasi d. sebagai media sosial |
||||||
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan
yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya
pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/atau dibaca
|
||||||
Materi
· Fungsi teks laporan
· Pengertiantekslaporan
· Model
tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
|
||||||
Indikator
· Menjelaskan
isi informasi laporan percobaan
· Mengidentifikasi
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Mengidentifikasi
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Mengidentifikasi
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan
|
2. Perhatikan kutipan
teks berikut ini!
Laporan ini disusun untuk memberikan laporan atas kegiatan percobaan yang telah kami lakukan. Kegiatan yang kami lakukan adalah menguji kandungan gizi pada beberapa jenis makanan tradisional. Kutipan teks tersebut di atas terdapat pada bagian .... a. Tujuan b. kajian teori
c. alat
dan bahan d. pembahasan
|
|||||
· Menyimpulkan
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Menyampaikan
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan
|
1. 3. Berikut ini bagian yang t idak terdapat pada laporan adalah....
a. Tujuan b. Pembahasan
c.
dasar teori d. argumentasi
|
||||||
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan
yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya
pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/atau dibaca
|
||||||
Materi
· Fungsi teks laporan
· Pengertiantekslaporan
· Model
tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
|
||||||
Indikator
· Menjelaskan
isi informasi laporan percobaan
· Mengidentifikasi
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Mengidentifikasi
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Mengidentifikasi
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan
|
4. Perhatikan
paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 21-23!
Karbohidrat memegang peranan penting dalam alam karena menjadi sumber energi utama bagi tubuh manusia. Semua karbohidrat berasal dari tumbuh-tumbuhah. Melalui proses fotosintesis, klorofil tanaman dengan bantuan sinar matahari mampu membentuk karbohidrat dari karbon dioksida berasal dari udara dan air dari tanah. Karbohidrat yang dihasilkan adalah karbohidrat sederhana glukosa. Pada saat itu pula dihasilkan oksigen yang lepas ke udara. Sumber : praktikumbiologi.com Paragraf tersebut termasuk pada bagian .... a. Tujuan b. kajian teori
c. alat
dan bahan d. kesimpulan
|
|||||
· Menyimpulkan
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Menyampaikan
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan
|
5. Fotosintesis, merupakan proses biokimia yang
dilakukan tumbuhan alga dan beberapa jenis bakteri untuk memproduksi nutrisi
dengan memanfaatkan energi cahaya.
Fotosintesis, biokimia, dan nutrisi dalam kalimat tersebut merupakan istilah teknis yang digunakan dalam bidang ... a. Fisika b. Biologi
c.
Kimia d.
Geologi
|
||||||
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan
yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya
pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/atau dibaca
|
||||||
Materi
· Fungsi teks laporan
· Pengertiantekslaporan
· Model
tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
|
||||||
Kompetensi Dasar
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang didengar atau dibaca
(percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya
vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
|
6. Kata benda pada
paragraf tersebut ditunjukkan pada kata ....
a. Sederhana b. Karbohidrat
c.
Dengan d.
melalui
|
|||||
Materi
· Struktur teks laporan.
· Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
· Model
teks laporan percobaan.
|
||||||
Indikator
· Mengidentifikasi
struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
· Mengidentifikasi
komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
· Memahami
struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menganalisis kompetensi teks laporan percobaan
secara jujur dan cermat
· Menerapkan
pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan
percobaan
Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan
secara jujur dan cermat
|
7. Paragraf tersebut
menjelaskan mengenai ....
a. Fotosistesis b. Glukosa
c.
karbohidrat d. klorofil
|
||||||
Kompetensi Dasar
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang didengar atau dibaca
(percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya
vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
|
||||||
Materi
· Struktur teks laporan.
· Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
Model teks laporan percobaan.
|
||||||
Indikator
· Mengidentifikasi
struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
· Mengidentifikasi
komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
· Memahami
struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menganalisis kompetensi teks laporan percobaan
secara jujur dan cermat
· Menerapkan
pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan
percobaan
· Menyajikan
kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat
|
8. Perhatikan kutipan
teks berikut ini!
Laporan ini disusun untuk memberikan laporan atas kegiatan percobaan yang telah kami lakukan. Kegiatan yang kami lakukan adalah menguji kandungan gizi pada beberapa jenis makanan tradisional. Pada teks laporan hasil percobaan, kutipan teks tersebut terdapat pada bagian . ... a. alat dan bahan b. kajian teori
c.
Tujuan d. pembahasan
|
|||||
9. Bacalah kalimat berikut dengan
seksama untuk menjawab soal nomor 6 dan 7
Air jeruk merupakan senyawa asam lemah sehingga menghasilkan reaski gelembung yang sedikit dan tidak adanya nyala lampu.
Kata penghubung yang digunakan
dalam kalimat tersebut, yaitu ....
a. merupakan, dalam c. dalam, sehingga
b. sehingga, dan d.
merupakan, yang
|
||||||
Kompetensi Dasar
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang didengar atau dibaca
(percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya
vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
|
||||||
Materi
· Struktur teks laporan.
· Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
Model teks laporan percobaan.
|
||||||
Indikator
· Mengidentifikasi
struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
· Mengidentifikasi
komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
· Memahami
struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menganalisis kompetensi teks laporan percobaan
secara jujur dan cermat
· Menerapkan
pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan
percobaan
· Menyajikan
kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat
|
10. Perhatikan kalimat berikut!
Predator puncak di Antartika hanya memiliki satu anggota-paus pembunuh, karnivora mesin pembunuh sepanjang 27 kaki. Dengan gigi luar biasa, mereka adalah puncak dari jaring makanan. Makna dari kata yang bercetak miring pada teks di atas adalah .... a. Hewan laut c. hewan pemangsa hewan lain b. Hewan di antartika d. Hewan ganas |
11. Cara memersuasi di bawah ini
yang menggunakan pendekatan etika adalah…
a.“Daur ulang adalah langkah yang tepat untuk
dilakukan. Dengan membuang-buang sumber daya yang terbatas, kita sama saja
sedang melakukan tindakan amoral yaitu merampok masa depan para generasi
penerus”.
b. “Coba pikirkan berapa banyak hewan-hewan di luar
sana yang kehilangan rumahnya setiap hari karena pohon-pohon selalu ditebang.
Dengan menerapkan program daur ulang, kita bisa menyelamatkan hutan indah
yang menjadi rumah mereka”
c. “Anda tentu tahu bahwa sumber daya alam yang
tersedia sangatlah terbatas. Anda dan saya, kita, bisa membuatnya bertahan
lebih lama dengan menerapkan program daur ulang".
d.“Jika anda tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya,
tolong berhenti merusaknya!”.
|
||||||
Kompetensi Dasar
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang didengar atau dibaca
(percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya
vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
|
||||||
Materi
· Struktur teks laporan.
· Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
Model teks laporan percobaan.
|
||||||
Indikator
· Mengidentifikasi
struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
· Mengidentifikasi
komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
· Memahami
struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menganalisis kompetensi teks laporan percobaan
secara jujur dan cermat
· Menerapkan
pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan
percobaan
Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan
secara jujur dan cermat
|
||||||
Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan,
arahan atau pesan dalam pidato persuasiftentang permasalahan aktual yang
didengar dan dibaca
· 4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar
dan/atau dibaca
|
12. “Saat ini Bangsa kita tengah menghadapi
persoalan yang sangat serius, yaitu menurunnya moral di kalangan remaja.
Banyak remaja yang sudah terpengaruh oleh sikap hidup hedonis dan kehidupan
yang mengabaikan nilai-nilai dan norma yang berlaku di negara yang kita
cintai ini.”
Kalimat
di atas adalah bagian pembukaan pidato yang bertujuan untuk
a. Merebut perhatian audiens
b. Menunjukan kelayakan berbicara c. Menyampaikan
tujuan
d. Menunjukkan hubungan dengan
audiens
|
|||||
Materi
· Teks pidato persuasif
Simpulan gagasan, pandangan,
arahan, atau pes an dalam pidato
|
||||||
Indikator
·
Mengidentifikasi
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
·
Menjelaskan
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut
pandang tertentu
·
Menganalisis
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
·
Menyimpulkan
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
|
13. Mari kita lanjutkan perjuangan, beri dukungan pada komitmen pemerintah dalam membangun sekolah menyenangkan, serta jaga stamina raga, rasa, dan cipta Ibu dan Bapak semua. Izinkan saya pamit sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, teriring rasa terima kasih, juga permohonan maaf tak terhingga atas segala khilaf yang ada. Salam hormat saya untuk Ibu dan Bapak semua. Mari kita teruskan ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa ini.
pesan yang terdapat dalam kutipan teks pidato
di atas adalah....
a. kita harus membangun sekolah
b. kita harus melanjutkan perjuangan dan ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa
c.
kita harus menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas
d.
kita harus lanjutkan perjuangan melawan penjajah
|
||||||
Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan,
arahan atau pesan dalam pidato persuasiftentang permasalahan aktual yang
didengar dan dibaca
· 4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar
dan/atau dibaca
|
||||||
Materi
· Teks pidato persuasif
Simpulan gagasan, pandangan,
arahan, atau pes an dalam pidato
|
||||||
Indikator
·
Mengidentifikasi
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
·
Menjelaskan
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut
pandang tertentu
·
Menganalisis
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
·
Menyimpulkan
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
|
14.
Penggalan pidato di atas merupakan bagian …
a. Pembuka b. Penutup c. Isi d. Tujuan
|
15. (1)Saya merasa takut berada di bawah sinar matahari karena berlubangnya
lapisan ozon. (2)Saya merasa takut untuk bernapas karena saya tidak tahu ada
bahan kimia apa yang dibawa oleh udara. (3) Saya sering memancing di
Vancouver bersama ayah saya, hingga Beberapa tahun yang lalu kami menemukan
bahwa ikan-ikannya penuh dengan kanker. (4) Sekarang kami mendengar bahwa
binatang-binatang dan tumbuhan satu persatu mengalami kepunahan tiap harinya
hilang selamanya.
Kalimat yang menggunakan model repetisi pada
kutipan pidato persuasif di atas adalah …
a. 1
dan 2 b. 2
dan 3 c. 3
dan 4 d. 2
dan 4
|
||||||
Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan,
arahan atau pesan dalam pidato persuasiftentang permasalahan aktual yang
didengar dan dibaca
4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato
(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar
dan/atau dibaca
|
||||||
Materi
· Teks pidato persuasif
Simpulan gagasan, pandangan,
arahan, atau pes an dalam pidato
|
||||||
Kompetensi Dasar
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang
didengar dan dibaca
4.4 Menuangkan
gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan.
|
16.
Dengan
pendidikan kalian akan mendapatkan ilmu. Ilmu tersebut dapat kalian jadikan
bekal untuk masa depan. Ilmu merupakan harta yang takkan pernah habis. Uang
dan harta yang kamu miliki sewaktu-waktu dapat habis. Namun, ilmu dapat
kalian bawa sampai mati.
Paragraf
di atas merupakan ciri struktur pidato persuasif yaitu …
a. Pendapat
atau pendirian c. Tahap
argumen
b. Pernyataan
posisi d. Penguatan
pernyataan posisi
|
|||||
Materi
· Struktur teks
(pidato persuasif)
· Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif, kata tugas,
kosa kata emotif,
kosakata bidang ilmu,
sinonim, kata benda abstrak,
pembendaan.
· Model
teks pidato persuasif
|
||||||
Indikator
·
Menyimpulkan
struktur teks pidato persuasif
· Mengidentifikasi
ciri kebahasaan teks pidato persuasif
Menelaah teks
pidato persuasif
· Menyusun teks
pidato persuasif
Menyajikan
pidato persuasif secara menarik
|
17. Akhirnya, seperti halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan
adalah bagian dari Iman, meski konteks ajaran tersebut tidak hanya
mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan rohani,
setidaknya dengan adanya kesadaran kita semua akan kebersihan lingkungan
sekolah, semoga saja kita menjadi salah satu bagian yang menjadikan sekolah
kita sebagai tempat yang membawa kita terus menjaga keimanan kita kepada
Tuhan Yang Maha Esa.
Kutipan
teks pidato di atas menggambarkan ciri struktur …
a. Pendapat
atau pendirian c. Tahap
argumen
b. Pernyataan
posisi d. Penguatan pernyataan posisi
|
||||||
Kompetensi Dasar
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang
didengar dan dibaca
4.4 Menuangkan
gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan.
|
||||||
Materi
· Struktur teks
(pidato persuasif)
· Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif, kata tugas,
kosa kata emotif,
kosakata bidang ilmu,
sinonim, kata benda abstrak,
pembendaan.
· Model
teks pidato persuasive
|
||||||
Indikator
·
Menyimpulkan
struktur teks pidato persuasif
· Mengidentifikasi
ciri kebahasaan teks pidato persuasif
Menelaah teks
pidato persuasif
· Menyusun teks
pidato persuasif
Menyajikan pidato persuasif secara menarik
|
18. Lingkungan sekolah
seharusnya bisa mencerminkan budaya kita yang selalu
mengedepankankenyamanan. Pencerminan budaya di lingkungan
sekolah akan berdampak positif bagi masyarakat sekolah. Alangkah tidak
bijaknya jika lingkungan sekolah kita terlihat kotor dan terasa tidak nyaman
lagi.
Lingkungan sekolah seharusnya selalu
terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita
tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah.
Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan
terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai.
Sinonim kata budaya yang paling tepat
yaitu...
a. tradisi c. kebiasaan
b. adat d. pikiran
|
19. Kata mencerminkan,
pencerminan, kenyamanan dan ketidaknyamanan merupakan ciri kebahasaan
teks pidato persuasif yaitu…
a. Bentuk
pasif c. Kosa
kata teknis
b. Nominalisasi
(pembendaan) d. Kata
tugas (konjungsi)
|
||||||
Kompetensi Dasar
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang
didengar dan dibaca
4.4 Menuangkan
gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan.
|
||||||
Materi
· Struktur teks
(pidato persuasif)
· Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif, kata tugas,
kosa kata emotif,
kosakata bidang ilmu,
sinonim, kata benda abstrak,
pembendaan.
· Model
teks pidato persuasive
|
||||||
Kompetensi Dasar
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang
didengar dan dibaca
4.4 Menuangkan
gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan.
|
20. Kalimat yang menggunakan bentuk pasif pada
kutipan teks pidato di atas adalah…
a. Lingkungan
sekolah seharusnnya mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan
kenyamanan.
b. Alangkah
tidak bijaknya jika lingkungan sekolah kita terlihat kotor dan terasa tidak
nyaman lagi.
c. Lingkungan
sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga
ketika kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan
adanya sampah.
d. Oleh
karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan terus
dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai.
|
|||||
Materi
· Struktur teks
(pidato persuasif)
· Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif, kata tugas,
kosa kata emotif,
kosakata bidang ilmu,
sinonim, kata benda abstrak,
pembendaan.
· Model
teks pidato persuasif
|
||||||
Indikator
·
Menyimpulkan
struktur teks pidato persuasif
· Mengidentifikasi
ciri kebahasaan teks pidato persuasif
Menelaah teks
pidato persuasif
· Menyusun teks
pidato persuasif
Menyajikan
pidato persuasif secara menarik
|
.
|
KARTU SOAL ESAI
ULANGAN MID SEMESTER GANJIL
SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
Jenjang
Sekolah : SMP Al Azhar
3 Bandar Lampung
Mata
Pelajaran :Bahasa
Indonesia
Kelas : IX
Bentuk
Soal : Esai
Kurikulum : K13 Revisi 2018
1.
Jelaskan
pengertian teks laporan percobaan!
|
||||||
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan
yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya
pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/atau dibaca
|
||||||
Materi
· Fungsi teks laporan
· Pengertiantekslaporan
· Model
tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
|
||||||
Indikator
· Menjelaskan
isi informasi laporan percobaan
· Mengidentifikasi
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Mengidentifikasi
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Mengidentifikasi
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan
|
2.
Sebutkan
ciri-ciri teks laporan percobaan!
|
3.
Jelaskan perbedaan struktur teks laporan hasil observasi dan teks laporan
percobaan!
|
|||||||
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya
pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/atau dibaca
|
|||||||
Materi
· Fungsi teks laporan
· Pengertiantekslaporan
· Model
tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
|
|||||||
Indikator
· Menjelaskan
isi informasi laporan percobaan
· Mengidentifikasi
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Mengidentifikasi
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Mengidentifikasi
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan
|
4.
Lengkapi
paragraf di bawah ini dengan kata tugas!
Untuk tetap bertahan hidup, mahkluk hidup
memerlukan makanan sebagai sumber energi. Makanan merupakan kebutuhan kita
sehari-hari ... kebutuhan mutlak ..... wajib dipenuhi bagi setiap makhluk
hidup. Makanan ... kita konsumsi setiap hari merupakan zat gizi utama bagi
tubuh. Zat gizi (nutrisi) adalah substansi-substansi di dalam makanan ....
menyediakan energi dan materi untuk perkembangan, pertumbuhan, .... perbaikan
sel tubuh.
|
||||||
· Menyimpulkan
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Menyampaikan
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan
|
5. Sebutkan ciri
kebahasaan teks laporan percobaan!
|
||||||
Kompetensi Dasar
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang didengar atau dibaca
(percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya
vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
|
||||||
Materi
· Struktur teks laporan.
· Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
· Model
teks laporan percobaan.
|
||||||
Indikator
· Mengidentifikasi
struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
· Mengidentifikasi
komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
· Memahami
struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menganalisis kompetensi teks laporan percobaan
secara jujur dan cermat
· Menerapkan
pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan
percobaan
Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan
secara jujur dan cermat
|
6.
Sebutkan
struktur teks laporan percobaan!
|
|||||
· Menyimpulkan
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Menyampaikan
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan
|
Kompetensi Dasar
3.2 Menelaah
struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang didengar atau dibaca
(percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya
vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
|
7.
Jelaskan
tujuan laporan percobaan “Kandungan Listrik pada Buah” !
|
|||||
Materi
· Struktur teks laporan.
· Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
· Model
teks laporan percobaan.
|
||||||
Indikator
· Mengidentifikasi
struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
· Mengidentifikasi
komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
· Memahami
struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
Menganalisis kompetensi teks laporan percobaan
secara jujur dan cermat
· Menerapkan
pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan
percobaan
Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan
secara jujur dan cermat
|
||||||
Indikator
· Menjelaskan
isi informasi laporan percobaan
· Mengidentifikasi
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Mengidentifikasi
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Mengidentifikasi
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan
|
8.
Akhirnya, seperti
halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan adalah bagian dari Iman, meski
konteks ajaran tersebut tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi
juga mencerminkan kebersihan rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita
semua akan kebersihan lingkungan sekolah, semoga saja kita menjadi salah satu
bagian yang menjadikan sekolah kita sebagai tempat yang membawa kita terus
menjaga keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa
Jelaskan
tujuan pidato persuasif di atas!
|
|||||
· Menyimpulkan
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Menyampaikan
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan
|
9.
Sebutkan dan
jelaskan metode pidato!
|
||||||||||
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi
informasi dari laporan percobaan
yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya
pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar
dan/atau dibaca
|
||||||||||
Materi
· Fungsi teks laporan
· Pengertiantekslaporan
· Model
tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
|
||||||||||
Indikator
· Menjelaskan
isi informasi laporan percobaan
· Mengidentifikasi
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Mengidentifikasi
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Mengidentifikasi
isi informasi tentang struktur dan ciri
kebahasaan teks laporan
|
|
|||||||||
· Menyimpulkan
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Menyampaikan
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan
|
||||||||||
· Menyimpulkan
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Menyampaikan
isi informasi tentang struktur dan
ciri kebahasaan teks laporan
|
Komentar
Posting Komentar