KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
IX/ 1
Jumlah
Soal : 20
PG + 10 Uraian
Kurikulum Acuan : Kurikulum 2013
Tahun
Pelajaran :
2019/2020
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan
yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya
pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
|
· Fungsi teks laporan
· Pengertiantekslaporan
· Model tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan
yang didengar dan/ atau dibaca
|
Disajikan
kutipan teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan tujuan
percobaan.
|
PG
|
1
|
Peserta didik
dapat menentukan ciri teks laporan dengan tepat
|
PG
|
2
|
||
Disajikan
kutipan hasil percobaan, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan
dengan tepat.
|
PG
|
3
|
||
Disajikan
kutipan teks laporan percobaan rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan
kalimat yang tepat.
|
PG
|
4
|
||
Peserta didik
dapat menentukan perbedaan struktur teks laporan hasil observasi dan teks
laporan percobaan
|
PG
URAIAN
|
5
1-4
|
||
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang
didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada
makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan
data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan
|
· Struktur teks laporan.
· Ciri-ciri kebahasaan teks laporan:
Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu;
penulisan unsur serapan.
Model
teks laporan percobaan.
|
Disajikan
paragraf teks laporan percobaan yang terdapat kata depan, peserta didik dapat
menentukan kata depan yang tepat.
|
PG
|
6
|
Disajikan
paragraf teks laporan percobaan rumpang, peserta didik dapat melengkapi
dengan konjungsi yang tepat
|
PG
|
7
|
||
Disajikan
kutipan teks laporan percobaan yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi
dengan kosa kata teknis untuk mengisi bagian yang rumpang dengan tepat.
|
PG
|
8
|
||
Disajikan
kutipan teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan makna
kata teknis yang digarisbawahi/bercetak tebal dengan tepat.
|
PG
|
9
|
||
Disajikan
kutipan teks laporan percobaan bagian langkah-langkah, peserta didik dapat
menentukan bagian struktur teks dengan tepat.
|
PG
|
10
|
||
Disajikan
langkah-langka percobaan acak, peserta didik dapat menyusun secara urut
dengan tepat.
|
PG
URAIAN
|
11
5-7
|
||
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam
pidato persuasiftentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam
pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang
didengar dan/atau dibaca
|
· Teks pidato persuasif
Simpulan
gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato
|
Peserta didik
dapat menentukan tujuan pidato persuasif
|
PG
|
12
|
Disajikan
kutipan teks pidato persuasif, peserta didik dapat menyimpulkan pesan
teks pidato dengan tepat
|
PG
|
13
|
||
Disajikan
kutipan teks pidato persuasif, peserta didik dapat menyimpulkan gagasan pokok
kutipan teks
|
PG
|
14
|
||
Disajikan
kutipan teks pidato, peserta didik dapat menentukan kalimat persuasif dengan
tepat
|
PG
|
15
|
||
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato
persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.4 Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam
pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara
lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
|
· Struktur teks (pidato persuasif)
· Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif,
kata tugas, kosa kata emotif, kosakata bidang ilmu,
sinonim, kata benda abstrak, pembendaan.
· Model teks pidato persuasif
|
Disajikan
kutipan teks pidato persuasif, peserta didik dapat menentukan kata benda
abstrak dengan tepat.
|
PG
|
16
|
Disajikan
kutipan teks pidato persuasif, peserta didik dapat menentukan sinonim kata
yang bergaris bawah dengan tepat
|
PG
|
17
|
||
Disajikan
kutipan teks pidato, peserta dapat menentukan kalimat aktif yang terdapat
pada teks
|
PG
|
18
|
||
Disajikan
kutipan teks pidato rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat
ajakan yang tepat
|
PG
|
19
|
||
Peserta didik
dapat menentukan kalimat penutup pidato yang tepat
|
PG
|
20
|
||
Disajikan
kutipan teks pidato, peserta didik dapat menentukan struktur bagian teks
|
URAIAN
|
7-10
|
||
Disajikan
kutipan teks pidato yang terdapat kalimat yang salah, peserta didik dapat
memperbaiki kalimat yang salah.
|
Bandarlampung, September 2019
Guru
Bidang Studi
Asri
Trisnawati, S.Pd.
Komentar
Posting Komentar