3.5 MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN KARYA SASTRA DALAM TEKS CERITA PENDEK YANG DIBACA ATAU DIDENGAR

RABU, 30 OKTOBER 2019
KELAS IX F, IX E, IX H, IX D


A. Definisi, Pembedaan, dan Ciri-Ciri Teks Cerpen
Dalam Teori Pengkajian Fiksi karangan Burhan Nurgiyantoro dijelaskan bahwa cerpen adalah sebuah cerita yang selesai dibaca dalam sekali duduk, kira-kira berkisar antara setengah sampai dua jam.

Menurut H.B. Jassin, cerpen adalah sebuah cerita singkat yang harus memiliki bagian terpenting, yaitu perkenalan, pertikaian, dan penyelesaian.

Menurut J.S. Badudu, cerpen adalah cerita yang hanya menjurus serta terfokus pada satu peristiwa saja.

Pembedaan Cerita Pendek
A). Berdasarkan Panjang Pendek:
1. Cerpen sangat pendek (short short story
2.Cerpen panjangnya sedang (middle short story)
3. Cerpen panjang (long short story)

B). Berdasarkan Tema dan Isi
1. Cerpen anak
 2. Cerpen remaja
3. Cerpen keluarga
 
B. Ciri-Ciri Cerita Pendek
1. Panjang karangan lebih kurang sepuluh halaman
 2. Habis dibaca sekali duduk
3. Hanya ada satu peristiwa yang menguasai jalan cerita
 4. Hanya ada satu peristiwa yang menguasai jalan cerita
5. Perwatakan tokoh dilukiskan secara singkat
 


Latihan/Tugas
A. Siswa membaca contoh cerpen yang terdapat di buku siswa dan contoh cerpen yang lain.


B. siswa menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa halaman 60.
1). apakah judul cerpen tersebut menarik orang untuk membacanya?
2). Apakah judul cerpen mencerminkan isi cerpen?
3). Pada akhirnya, apakah yang dimaksud dengan "keramat" yang ingin disampaikan dalam cerpen itu?
4). Penceritaan cerpen atau sudut pandang (point of view) cerpen ini diceritakan berdasarkan teknik apa?
5). Ceritakan kembali siapa tokoh-tokoh dalam cerpen " Pohon Keramat"?


Cerpen Lucu

contoh cerpen lucu abis
Sumber Gambar: tokopedia.com
Pada suatu siang, dua orang lelaki muda separuh baya sedang berbincang-bincang.
Mereka adalah Umar dan Husen. Mereka berbincang-bincang sembari duduk di tepi lapangan.
Kebetulan, kala itu sedang masuk jam istirahat.
Mereka adalah teman satu kelas di kelas 11.
Sudah seminggu lebih salah satu teman mereka yang bernama Ardi tidak masuk ke kelas.
Menurut cerita yang ada, Ardi sedang sakit dan kebetulan dirawat di rumah sakit.
Rumah Husen kebetulan dekat dengan rumah Ardi. Sehingga, ia pun sering mendapat pertanyaan mengenai kondisi Ardi.
Umar akhirnya juga bertanya kepada Husen.
“Sen, bagaimana keadaan Ardi sekarang? Apakah dia sudah kembali pulang ke rumah?”
Mendengar pertanyaan yang begitu sering dilontarkan, Husen pun merasa malas dan menjawab dengan lirih dan lemas,
“Ardi sudah meninggal Mar”
Jawaban itulah yang ditangkap oleh Umar atas jawaban Husen.
Ternyata, Umar salah mendengar jawaban dari Husen karena suasana gaduh yang ada di pinggir lapangan.
“Apa??? Ardi sudah meninggal?”
Mendengar hal itu, Husen menjawab dengan nada yang lebih kencang lagi,
“Kamu sembarangan banget Mar, sudah mendingan bukannya sudah meninggal”
Umar pun tertawa mendengar jawaban Husen.
Dan dengan gaya setengah jengkel, Husen pun sedikit mengejek Umar yang pengengarannya kurang peka.
 

Cerpen Pendidikan

contoh cerpen pendidikan seksual
Sumber Gambar: psikoma.com

Manfaatkan Waktu yang Ada untuk Belajar
Ini adalah malam minggu yang sangat menyenangkan.
Sehingga banyak kalangan muda yang tertarik untuk pergi ke luar, baik itu untuk bermain, makan bersama dan sebagainya.
Namun, tidak demikian dengan Sinta.
Ia justru memilih untuk melewatkan malam minggunya untuk belajar di rumah.
Mengingat senin sudah ada ujian.
Ia pun mulai membuka-buka materi yang sudah diajarkan untuk dipelajari agar nantinya bisa mengerjakan ujian dengan baik.
Namun, beberapa saat kemudian sering handphone berbunyi dan ternyata itu adalah Vika yang ternyata mengajak Sinta bermain ke luar.
Akan tetapi, sinta menolak ajakan tersebut karena ia adalah orang yang konsisten untuk belajar.
Sehingga, ia memutuskan untuk tetap di rumah.
Hari senin pun tiba, Sinta dengan semangat segera bersiap-siap untuk berangkat sekolah.
Tidak lupa ia sarapan terlebih dahulu bersama keluarganya.
Agar nantinya bisa mengerjakan ujian dengan baik.
Di sekolah, ia pun bertemu dengan Vika yang pada saat malam minggu mengajaknya untuk bermain di luar.
Vika pun dengan bangga mengatakan bahwa Sinta pasti akan menyesal karena ia tidak ikut bersama dengan teman-teman yang lain untuk melihat konser.
Namun, Sinta sama sekali tidak berfikir seperti itu karena ia menyadari bahwa belajar adalah hal yang sangat penting.
Adapun waktu untuk bermain itu bisa dilakukan saat hari libur tiba.
Sesudah itu, ujian segera dimulai.
Sinta mengerjakan semua soal yang ada dengan penuh semangat.
Ia merasa senang karena soalnya sudah ia kuasai dengan baik.
Sedangkan Vika yang sedang duduk di pojokan merasa bingung karena ia sama sekali tidak belajar.
Bahkan ia merasa bingung mencari jawaban-jawaban kepada teman yang lain.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca