KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)

KISI-KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
                                                     Satuan Pendidikan   :  SMP
                                                     Mata Pelajaran         :  Bahasa Indonesia
                                                     Kelas/Semester        :  IX/  1
                                                     Jumlah Soal             :  20 PG + 10 Uraian
                                                     Kurikulum Acuan    :  Kurikulum 2013
                                                     Tahun Pelajaran       :  2019/2020
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
BENTUK  SOAL
NOMOR SOAL
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan  percobaan yangdibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca


·      Fungsi teks laporan
·      Pengertiantekslaporan
·      Model tekslaporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
·      Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
Disajikan kutipan teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan tujuan percobaan.
PG
1
Peserta didik dapat menentukan ciri teks laporan dengan tepat
PG
2
Disajikan kutipan hasil percobaan, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan dengan tepat.
PG
3
Disajikan kutipan teks laporan percobaan rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
PG
4
Peserta didik dapat menentukan perbedaan struktur teks laporan hasil observasi dan teks laporan percobaan
PG

URAIAN
5

1-4
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaanyang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan  secara tulis dan lisan denganmemperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek  kebahasaan, dan aspek lisan
·      Struktur teks laporan.
·      Ciri-ciri kebahasaan  teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
Model teks laporan percobaan.
Disajikan paragraf teks laporan percobaan yang terdapat kata depan, peserta didik dapat menentukan kata depan yang tepat.
PG
6
Disajikan paragraf teks laporan percobaan rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan konjungsi yang tepat
PG
7
Disajikan kutipan teks laporan percobaan yang rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kosa kata teknis untuk mengisi bagian yang rumpang dengan tepat.
PG
8
Disajikan kutipan teks laporan percobaan,  peserta didik dapat menentukan makna kata teknis yang digarisbawahi/bercetak tebal dengan tepat.
PG
9
Disajikan kutipan teks laporan percobaan bagian langkah-langkah, peserta didik dapat menentukan bagian struktur teks dengan tepat.
PG
10

Disajikan langkah-langka percobaan acak, peserta didik dapat menyusun secara urut dengan tepat.
PG


URAIAN
11


5-7
3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasiftentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.3 Menyimpulkan gagasan,  pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca
·      Teks pidato persuasif

Simpulan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato
Peserta didik dapat menentukan tujuan pidato persuasif
PG
12
Disajikan kutipan teks pidato persuasif, peserta didik dapat menyimpulkan  pesan teks pidato dengan tepat
PG
13
Disajikan kutipan teks pidato persuasif, peserta didik dapat menyimpulkan gagasan pokok kutipan   teks
PG
14
Disajikan kutipan teks pidato, peserta didik dapat menentukan kalimat persuasif dengan tepat
PG
15
3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.4   Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.




·      Struktur teks  (pidato persuasif)
·      Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif,  kata tugas,  kosa kata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan.
·      Model teks pidato persuasif









Disajikan kutipan teks pidato persuasif, peserta didik dapat menentukan kata benda abstrak dengan  tepat.
PG
16

 Disajikan kutipan teks pidato persuasif, peserta didik dapat menentukan sinonim kata yang bergaris bawah dengan tepat
PG
17
Disajikan kutipan teks pidato, peserta dapat menentukan kalimat aktif yang terdapat pada teks
PG
18
Disajikan kutipan teks pidato rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat ajakan yang tepat





PG






19






Peserta didik dapat menentukan kalimat penutup pidato yang tepat
PG
20

Disajikan kutipan teks pidato, peserta didik dapat menentukan struktur bagian teks
URAIAN
7-10
Disajikan kutipan teks pidato yang terdapat kalimat yang salah, peserta didik dapat memperbaiki kalimat yang salah.

                                                                                                  Bandarlampung,    September 2019
                                                                                                    Guru Bidang Studi



                                                                                                     Asri Trisnawati, S.Pd.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca