SENIN, 22 FEBRUARI 2021

    Bahasa Indonesia

SENIN, 22 FEBRUARI 2021

Kelas 9D-9E


Materi : Teks Diskusi

Pertemuan Kedelapan              

KD    : 3.10 Menelaah struktur dan ciri/kaidah kebahasaan teks diskusi berkaitan dengan permasalahan aktual yang dibaca dan atau didengar.

    IPK     Menelaah struktur teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar.

S               - Menelaah kaidah kebahasaan teks diskusi.


TUJUAN PEMBELAJARAN :

Setelah mengikuti pembelajaran siswa diharapkan mampu:

1. Menelaah struktur  teks diskusi dari permasalahan aktual yang dibaca dan atau didengar.

2. Menelaah kaidah kebahasaan  teks diskusi.


Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha, Apa kabar hari ini? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan serta dalam lindungan allah SWT. amin amin ya rabbal alamin

Baiklah pada pagi hari ini, sebelum k`ita memulai pembelajaran jangan lupa untuk mendengarkan Opening class dari teman kalian terlebih dahulu ya nak dan setelah itu kita melaksanakan sholat dhuha, sholat serta murojaah... 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu ya nak, karena kita harus mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua, baik nikmat sehat, rezeki, ilmu dan lain lainnya. 

Hari ini kita akan melanjutkan materi sebelumnya, yaitu teks diskusi.

TEKS DISKUSI

CONTOH DISKUSI DI KELAS:

 https://www.youtube.com/watch?v=AdpoBMPEwno&pbjreload=101


Pahami kembali materi dibawah ini!










Setelah menyimak materi tersebut, tugas kalian yaitu

1. Baca dan pahami kembali materi tentang menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks diskusi di atas!

2. Sebagai bahan evaluasi, untuk menguji pemahaman kalian silakan kerjakan soal latihan berikut!

Kutipan teks berikut untuk soal no. 1-4!
Hal ini menunjukkan bahwa adanya media sosial sangat berpengaruh baik dan buruk bagi remaja. Namun, lingkungan sosialnya yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan perilaku individu. Jadi, jaringan sosial berbahaya untuk beberapa remaja, tetapi tidak bagi yang lain. Semuanya tergantung pada kepribadian remaja itu sendiri.

1).  Kutipan teks diskusi tersebut termasuk bagian ....
a. argumen mendukung
b. pendahuluan
c. simpulan
d. argumen menentang

2).  Konjungsi yang terdapat dalam teks tersebut adalah ....
a. dan, namun, tetapi
b. bahwa, sangat, jadi
c. dan, untuk, bahwa
d. namun, baik, tetapi

3). Kata hubung yang terdapat dalam teks tersebut menunjukkan makna ....
a. penambahan dan urutan waktu
b. penambahan dan pertentangan
c. urutan waktu dan pertentangan
d. syarat dan penambahan

4). Kata baik dan buruk pada teks tersebut adalah kata yang memiliki hubungan ....
a. akronim
b. sinonim
c. hiponim
d. antonim

5). Simak kutipan teks berikut!
Selain dapat membantu mempercepat transportasi, perkembangan teknologi juga mampu menghubungkan manusia sekalipun dalam jarak yang cukup jauh. Teknologi komunikasi tersebut adalah smartphone, perangkat ini memungkinkan kita berkomunikasi jarak jauh baik secara audio maupun visual.
Pokok pikiran pada kutipan paragraf tersebut adalah ....
a. teknologi menghubungkan manusia sekalipun jauh jaraknya
b. perkembangan teknologi smartphone
c. berkomunikasi jarak jauh
d. berkomunikasi secara audio maupun visual

3.  Kejakan tugas tersebut dibuku latihan kalian, kemudian kirim foto tugas dan foto diri kalian ke WA ibu!

4. Absen pada kolom komentar di bawah!

Terima Kasih dan Selalu semangat!!

Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat.tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

SEMANGAT!!!!

GOOD LUCK 


Komentar

  1. terimakasih bu
    -aina niken r 9E

    BalasHapus
  2. Terimakasi bu
    Adi wijaya kusuma 9d

    BalasHapus
  3. Terimakasih bu
    -Annisa Lutfiah cessaria 9E

    BalasHapus
  4. Terima kasih Bu
    Najwa Azzukhrufiah
    Kelas 9D

    BalasHapus
  5. Terima kasih bu
    Rizky Kurniawan 9d

    BalasHapus
  6. Terima kasih bu
    Banyu laksana bimantara 9E

    BalasHapus
  7. Terimakasih Bu
    Asyifa nur Annisa 9D

    BalasHapus
  8. Terimakasih Bu
    Nur Arafah siano 9e

    BalasHapus
  9. Terima kasih bu
    M. Rashky zaid 9e

    BalasHapus
  10. terimakasih bu
    m.rasya adia c 9D

    BalasHapus
  11. Terima kasih Bu
    Daffa satria reffandi 9d

    BalasHapus
  12. Baik bu terima kasih
    Athallah Rafif A 9e

    BalasHapus
  13. Baik bu terimakasih
    M.PANDU ERZA 9E

    BalasHapus
  14. Baik bu terimakasih
    -Abell nadila Zhra 9d

    BalasHapus
  15. terimakasih bu
    siti astiya zulfa 9d

    BalasHapus
  16. Terima kasih Bu
    Riffa Yudika P 9D

    BalasHapus
  17. Terima kasih bu
    Muhamad natta 9E

    BalasHapus
  18. Terimakasih bu
    Rafli rahmat dani 9D

    BalasHapus
  19. terimakasih ibu
    laudy salwa ramadhina 9e

    BalasHapus
  20. Trimakasih Bu
    Neli Rahma Wati 9E

    Balas

    BalasHapus
  21. Terimakasih bu
    Neza agnesia 9D

    BalasHapus
  22. Terima kasih bu
    M.Faqih rahman 9E

    BalasHapus
  23. Terimakasih bu
    Chalista Marta a 9d

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca