KISI-KISI SOAL PAS GANJIL 2019
KISI-KISI
SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
GANJIL
TP 2019/2020
Jenjang
Pendidikan : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Kurikulum : K-13 Revisi 2017
Jumlah
Soal : 50
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda
Tahun
Pelajaran : 2019/2020
Kelas/Semester : 9/Ganjil
No.
|
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
JUMLAH
SOAL
|
1.
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.1
Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar.
3.2
Menelaah struktur dan kebahasaan dari laporan percobaan yang didengar atau
dibaca.
3.3
Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif
tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.
3.4
Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan
actual yang didengar dan dibaca
3.5
Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang
dibaca dan didengar
3.6
Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca dan didengar
3.7
Mengidentifikasi
informasi
berupa kritik
atau pujian
dari teks
tanggapan
(lingkungan
hidup, kondisi
sosial,
dan/atau
keragaman
budaya, dll)
yang
didengar dan/atau dibaca
3.8 Menelaah
struktur dan
kebahasaan
dari teks
tanggapan
(lingkungan
hidup, kondisi
sosial,
dan/atau
keragaman
budaya, dll)
berupa kritik,
sanggahan,
atau pujian
yang didengar
dan/atau
dibaca
|
· Teks
laporan percobaan
· Pengidentifikasian
informasi laporan percobaan
· Unsur
kebahasaan
(kata tugas, kalimat aktif-pasif,
tunggal-majemuk, istilah teknis, kata kerja)
· Bagian-bagian/struktur
laporan percobaan
· Penelaahan
berdasarkan unsur kebahasaan
· Teks
pidato
· Pengidentifikasian
isi pidato
· Makna
kata
· Struktur
pidato
· Unsur
kebahasaan (kata tugas, kalimat aktif-pasif, tunggal-majemuk, istilah teknis,
kata kerja, kalimat ajakan, dan kalimat efektif).
· Metode
pidato
· Penelaahan
berdasarkan unsure kebahasaan).
· Teks
cerita pendek
· Struktur
teks narasi (cerpen)
· Ciri-ciri
kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif, kata ekspresif, majas.kalimat langsung-tidak langsung
· Makna
kata
· Makna
kalimat tersurat
· Model
teks narasi cerpen
· Unsur
pembangun karya sastra (unsur intrinsik)
· Fungsi teks
tanggapan
·
Model teks
Tanggapan
·
Struktur teks
tanggapan
·
Ciri-ciri kebahasaan
teks
tanggapan:
kalimat aktif,
kata
tugas, bahasa
deskripsi,
bahasa
penilaian
|
1.Disajikan
teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan informasi dan judul yang
tepat dalam teks laporan percobaan.
2.Disajikan
teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan kata tugas yang tepat
untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf.
3.Disajikan
teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan istilah teknis dalam
paragraf
4.Disajikan
teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan ketepatan penulisan
unsur serapan dalam kalimat.
5.Disajikan
teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan kaidah kebahasaan teks
laporan percobaan yang tepat.
6.
Disajikan teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan
bagian/struktur laporan percobaan.
7. Disajikan
kutipan teks pidato, peserta didik dapat menentukan isi dan judul kutipan pidato
dengan tepat.
8. Disajikan
kutipan teks pidato, peserta didik dapat
menentukan pesan yang terdapat dalam pidato dengan tepat.
9. Disajikan
paragraf yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat pembuka pidato untuk
melengkapi paragraf yang rumpang dengan tepat
10. Disajikan
paragraf yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat penutup untuk
melengkapi paragraf yang rumpang dengan tepat
11. Disajikan
cuplikan teks pidato, peserta didik dapat menentukan kalimat tidak efektif
dalam pidato tersebut
12. Disajikan
cuplikan teks pidato yang rumpang,
peserta didik dapat menentukan kalimat ajakan untuk melengkapi paragraf yang
rumpang dengan tepat
13. Disajikan
penggalan teks pidato, peserta didik dapat menentukan struktur teks pidato
dengan tepat.
14. Disajikan
penggalan teks pidato, peserta didik dapat menentukan ciri kebahasaan teks pidato dengan tepat.
15. Disajikan
penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan bagian.struktur teks cerpen
dengan tepat.
16. Disajikan
penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan latar cerpen dengan tepat.
17. Disajikan
penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan watak tokoh dengan tepat.
18. Disajikan
penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan majas yang tepat
19. Disajikan
penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan sudut pandang yang tepat
20. Disajikan
penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan makna kata di dalam cerpen
dengan tepat.
21. Disajikan
penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan amanat yang tepat.
22. Disajikan
penggalan teks tanggapan, peserta didik dapat menentukan isi teks tanggapan
dengan tepat.
23. Disajikan penggalan teks tanggapan, peserta
didik dapat menentukan keunggulan dan kelemahan dalam teks tanggapan dengan
tepat.
24. Disajikan
penggalan teks tanggapan rumpang, peserta didik dapat menentukan bagian yang
rumpang tersebut dengan tepat.
25. Disajikan
penggalan teks, peserta didik dapat menentukan tanggapan yang tepat terhadap
teks tersebut.
26. Disajikan
penggalan teks, peserta didik dapat menentukan kalimat pujian yang tepat
terhadap teks tanggapan tersebut.
27. Disajikan
penggalan teks tanggapan, peserta didik dapat menentukan struktur yang tepat
pada teks tersebut.
28. Disajikan
penggalan teks tanggapan rumpang, peserta didik dapat menentukan kata tugas
yang tepat untuk melengkapi teks tersebut.
29. Disajikan
penggalan teks tanggapan, peserta didik dapat menentukan kalimat aktif yang
digunakan dalam teks tersebut.
|
4
2
1
1
1
5
3
2
1
2
1
1
1
1
3
3
2
2
1
1
1
1
2
1
1
1
4
1
1
|
Bandarlampung, September 2019
Tim
penyusun
Kisi-kisi
Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Revisi 2019
|
Komentar
Posting Komentar