KD 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
BAB 1 MELAPORKAN
PERCOBAAN
KD 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
4.1.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
Indikator
· Menyimpulkan
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
·
Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Menyampaikan isi informasi tentang struktur
dan ciri kebahasaan teks laporan
· Simpulan tujuan, bahan/alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik
diharapkan dapat:
·
· Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan
(variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·
· Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda
baca/ ejaan
·
· Menyampaikan isi informasi tentang struktur
dan ciri kebahasaan teks laporan
·
Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan
percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
Jam Pelajaran
6 6jam pelajaran @40 menit (3x pertemuan)
Hari/tanggal : kamis, 1 Agustus 2019
Kelas :IX F, IX H, IX G
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- KEGIATAN LITERASI
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- KEGIATAN LITERASI
- COLLABORATION
(KERJASAMA)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi
Pokok
· Ragam model teks laporan
· Prinsip
penggunaan kata/kalimat, tandabaca dan ejaan
· Model
teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
· Simpulan tujuan, bahan/alat,
langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
MATERI AJAR
Siswa
menentukan model laporan percobaan.
contoh percobaan
Komentar
Posting Komentar