KD 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN
Indikator
· Menyimpulkan
ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan
pendeskripsian)
· Menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· Menyampaikan isi
informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
· · Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi
pengklasifikasian dan pendeskripsian)
· · Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
· · Menyampaikan isi informasi
tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
· Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
L Jam Pelajaran
6 6jam pelajaran @40 menit
Langkah-langkah Pembelajaran
6 6jam pelajaran @40 menit
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- KEGIATAN LITERASI
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- KEGIATAN LITERASI
- COLLABORATION (KERJASAMA)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- KEGIATAN LITERASI
- COLLABORATION (KERJASAMA)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi Pokok
· Ragam model teks laporan
· Prinsip penggunaan kata/kalimat, tandabaca dan ejaan
· Model teks laporan
(pengamatan, percobaan/ eksperimen)
· Simpulan tujuan,
bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau
dibaca
MATERI AJAR
Siswa menentukan model laporan percobaan.
Komentar
Posting Komentar