KD 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN

KD 4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

Indikator
 ·    Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
 ·    Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
 ·    Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
 ·    Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·        ·  Menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·        ·  Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·        ·  Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan
          ·    Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca 

L     Jam Pelajaran
6      6jam pelajaran @40 menit
    Langkah-langkah Pembelajaran
      1. Pendahuluan
        Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Pengertian dan fungsi teks laporan

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.





2. Kegiatan Inti
  - KEGIATAN LITERASI 
 - CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) 
 - KEGIATAN LITERASI 
 - COLLABORATION (KERJASAMA)  
 - CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
 - COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) 
 - CREATIVITY (KREATIVITAS)

3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas


Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan

Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan

Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda

Materi Pokok
·      Ragam model teks laporan
·      Prinsip penggunaan kata/kalimat, tandabaca dan ejaan
·      Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
·     Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca


MATERI AJAR

Siswa menentukan model laporan percobaan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca