KD 3.2 MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN DARI TEKS LAPORAN PERCOBAAN



BAB 1 MELAPORKAN PERCOBAAN

KD 3.2 MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN DARI TEKS LAPORAN PERCOBAAN 

Indikator 
3.2.1 Menyimpulkan struktur teks laporan

Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran ;
·       Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks laporan
•Peserta didik dapat mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
•Peserta didik dapat memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan.
   
   Jam Pelajaran
6      6jam pelajaran @40 menit
    
    Langkah-langkah Pembelajaran
      1. Pendahuluan
        Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan   YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Pengertian dan fungsi teks laporan
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.




2. Kegiatan Inti
  - KEGIATAN LITERASI 
 - CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) 
 - KEGIATAN LITERASI 
 - COLLABORATION (KERJASAMA)  
 - CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
 - COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) 
 - CREATIVITY (KREATIVITAS)

3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas


Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan

Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan

Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda

Materi Pokok
·     struktur teks laporan
  •komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
  •struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan.

MATERI AJAR

Siswa menentukan model laporan percobaan.
Struktur Teks Laporan
Secara umum teks laporan tersusun oleh dua bagian, diantaranya adalah:

1. Penyataan Umum (Klasifikasi)
Pernyataan umum terletak pada awal teks dan berupa pernyataan – pernyataan umum yang disampaikan untuk mengarahkan atau mengantarkan pembaca kepada pembahasan atau hal yang akan dilaporkan. 
Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.

2. Aspek – Aspek Laporan


Setelah pernyataan umum, ada bagian yang disebut dengan aspek – aspek laporan. Bagian ini mengandung poin – poin laporan yang disusun berdasarkan klasifikasi tertentu. 
Struktur Teks Laporan Percobaan
•Struktur teks Laporan percobaan menjadi bagian -bagian penting yang menjadi penyusun teks rekaman percobaan. Secara umum, struktur teks rekaman percobaan terdiri dari empat bagian, yakni:
1.Tujuan serta alat dan bahan
2.Langkah-langkah
3.Hasil
4.Simpulan

Adapun struktur lainnya dari teks laporan ini adalah sebagai berikut:
•Adapun struktur lainnya dari teks laporan ini adalah sebagai berikut:
•Adapun struktur lainnya dari teks laporan ini adalah sebagai berikut:
•Definisi Umum, adalah pembukaan yang berisi pengertian tentang sesuatu yang dibahas didam teks.
•Definisi Bagian, adalah bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan rinci).
•Definisi Manfaat, bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan
•Penutup, adalah bagian rincian akhir dari teks.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca