KD 3.2 MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN DARI TEKS LAPORAN PERCOBAAN
BAB 1 MELAPORKAN
PERCOBAAN
KD 3.2 MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN DARI TEKS LAPORAN PERCOBAAN
Indikator
3.2.1 Menyimpulkan struktur teks laporan
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran ;
· •Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks laporan
•Peserta didik dapat mengidentifikasi komponen teks laporan (pernyataan
umum/klasifikasi)
•Peserta didik dapat memahami struktur teks laporan melalui latihan dan membuat
teks laporan percobaan.
Jam Pelajaran
6 6jam pelajaran @40 menit
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
Guru :
Orientasi
|
|
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada
Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Apersepsi
|
|
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
Motivasi
|
|
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
|
Pengertian
dan fungsi teks laporan
|
|
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
|
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
Pemberian
Acuan
|
|
●
|
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
|
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
2. Kegiatan Inti
- KEGIATAN LITERASI
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- KEGIATAN LITERASI
- COLLABORATION
(KERJASAMA)
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR
KRITIK)
- COMMUNICATION
(BERKOMUNIKASI)
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
3. Penutup
- Guru merefleksi dan memberi tugas
Sumber Pelajaran/ Alat Peraga
1. Buku siswa
2. kamus bahasa Indonesia
3. contoh laporan percobaan
Instrumen
Jenis Tes
1. Tulis
2. Lisan
Bentuk Tes
1. Uraian
2. Pilihan Ganda
Materi
Pokok
· •struktur teks laporan
•komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
•struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan.
MATERI AJAR
Siswa
menentukan model laporan percobaan.
Struktur Teks Laporan
Secara umum teks laporan tersusun oleh dua bagian, diantaranya adalah:
1. Penyataan Umum (Klasifikasi)
Pernyataan umum terletak pada awal teks dan berupa pernyataan –
pernyataan umum yang disampaikan untuk mengarahkan atau mengantarkan pembaca
kepada pembahasan atau hal yang akan dilaporkan.
Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat
diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
2. Aspek – Aspek Laporan
Setelah pernyataan umum, ada bagian yang disebut dengan aspek – aspek
laporan. Bagian ini mengandung poin – poin laporan yang disusun berdasarkan
klasifikasi tertentu.
Struktur
Teks Laporan Percobaan
•Struktur
teks Laporan percobaan menjadi bagian -bagian penting yang menjadi penyusun
teks rekaman percobaan. Secara umum, struktur teks rekaman percobaan terdiri
dari empat bagian, yakni:
1.Tujuan serta alat dan
bahan
2.Langkah-langkah
3.Hasil
4.Simpulan
Adapun struktur lainnya dari teks laporan ini adalah sebagai
berikut:
•Adapun
struktur lainnya dari teks laporan ini adalah sebagai berikut:
•Adapun
struktur lainnya dari teks laporan ini adalah sebagai berikut:
•Definisi
Umum, adalah pembukaan yang berisi pengertian tentang sesuatu yang dibahas
didam teks.
•Definisi
Bagian, adalah bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan
rinci).
•Definisi
Manfaat, bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan
•Penutup,
adalah bagian rincian akhir dari teks.
Komentar
Posting Komentar