SELASA, 21 SEPTEMBER 2021

SELASA, 21 SEPTEMBER 2021

Kelas 8C  (PERTEMUAN KEDUA)

Materi: Teks Eksposisi


KD. 3.6. Menelaaisi dan struktur tekeksposisi (berupartikeilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkaatau dibaca

       4.6. Menyajikan gagasan, pendapake dalam bentuteks eksposisi berupa yanartikel ilmiah popule(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atakeragaman budaya, dllsecarlisan datertulis dengamemperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspelisan


IPK: 3.6.1  Menjelaskan Langkahlangkah Menyusun teks eksposisi.

          3.6.2  Menganalisis struktur tekeksposisi

          3.6.3  Menganalisis isi tekeksposisi (berupartikeilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkaatau dibaca

          4.6.1   Membuat gagasan, pendapake dalam bentuteks eksposisi berupa yanartikel ilmiah popule(lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atakeragaman budaya, dllsecarlisan datertulis dengamemperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspelisan


Tujuan Pembelajaran. 

Setelah mengikuti pembelajaran hari ini siswa diharapkan mampu :

1. Menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan tekeksposisi.

2. Menganalisis isi tekeksposisi.


 Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha, Apa kabar hari ini? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan serta dalam lindungan allah SWT. amin amin ya rabbal alamin

Baiklah pada pagi hari ini, sebelum kita memulai pembelajaran jangan lupa untuk mendengarkan Opening class dari teman kalian terlebih dahulu ya nak dan setelah itu kita melaksanakan sholat dhuha, sholat serta murojaah... 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu ya nak, karena kita harus mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua, baik nikmat sehat, rezeki, ilmu dan lain lainnya. 

Hari ini kita akan melanjutkan materi sebelumnya, yaitu Teks Eksposisi.

Silakan simak materi dibawah ini!


TEKS EKSPOSISI 

 Materi teks eksposisi terdapat dalam buku cetak siswa hal. 59-90.

Simaklah materi di bawah ini dengan saksama!













Contoh Teks Eksposisi

Pemerintah, aparat keamanan, dan semua pihak yang terlibat dalam percepatan penanganan Covid-19 seharusnya adil dalam menjalankan protokol kesehatan. 

Simpatisan Front Pembela Islam (FPI) berkerumun saat Rizieq Shihab datang ke Indonesia pada 10 November lalu. Rizieq datang karena pernikahan anaknya. Tidak ada sanksi atau teguran tegas terhadap kerumunan tersebut. 

Pelaksanaan protokol kesehatan untuk melawan Covid-19, baiknya ditaati semua orang. Tidak memandang kelompok, golongan, ras, atau agama. Sebaiknya semua pihak menerapkan protokol dengan adil.

(https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/26/133000069/contoh-teks-eksposisi-tentang-covid-19?page=all)

Setelah menyimak materi tersebut, tugas kalian yaitu :

1. Baca dan pahami materi tentang teks Eksposisi di atas!

2. Bacalah contoh teks eksposisi lain pada link dibawah ini!

(https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/26/133000069/contoh-teks-eksposisi-tentang-covid-19?page=all)

3. Setelah mempelajari materi tersebut, kerjakan latihan di bawah ini!

    a).  Bacalah teks eksposisi berikut!


Teks 1

Khasiat Sabun

Sabun memiliki kandungan yang efektif untuk membersihkan kemudian membunuh berbagai jenis bakteri dan virus penyebab penyakit. Dengan hadirnya kandungan tersebut, maka sabun juga efektif untuk membunuh virus Corona (COVID-19).

Salah satu gejala virus Covid 19 yang dialami para korban terinfeksi adalah sesak nafas. Dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara rutin, maka dapat meminimalisir masuknya virus ke dalam saluran pernapasan melalui tangan. Sehingga bisa mencegah virus masuk dan merusak saluran pernafasan. Bahkan seorang ahli, Dr. Dan Corbett dari Queen’s School of Chemistry and Chemical Engineering menjelaskan bahwa mencuci tangan dengan air dan sabun dapat membunuh virus Covid 19. 

Beliau menjelaskan bahwa struktur sabun terdiri dari susunan gabungan antarmolekul yang bentuknya pin. Sabun mempunyai kemampuan untuk melarutkan membran lemak. Sehingga virus akan hancur dan mati atau lebih tepatnya tidak aktif karena kandungan lemak dalam sabun tersebut. Hal tersebut juga berlaku untuk virus Covid 19. Maka bisa disimpulkan bahwa cara kerja sabun ampuh untuk menonaktifkan virus Covid 19.

Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa sabun berkemampuan mematikan (menonaktifkan) virus Covid 19 atau Corona. Cukup cuci tangan menggunakan air mengalir dan gunakan sabun ke seluruh bagian tangan. Dan pastikan minimal cuci tangan selama 20 detik. Cara tersebut sudah ampuh untuk menonaktifkan virus dan bakteri yang ada di tangan sehingga dapat mencegah masuknya virus Covid 19 ke dalam tubuh.


Teks 2

Korupsi

Transparansi pemerintah dalam membuat peraturan perlu ditinjau ulang. Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mencabut larangan ekspor benih lobser. Peraturan tersebut menimbulkan banyak kecaman publik karena pasar perdagangan lobster rata-rata dipegang kaum elit. Rupanya kecurigaan publik terbukti. Edhy ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus ekspor benih lobster pada 25 November 2020.

Melalui kasus ini, transparansi terkait peraturan yang ditetapkan pemerintah secara sewenang-wenang perlu diawasi dengan ketat.

    b). Identifikasilah struktur dari teks tersebut!

Judul Teks: Khasiat Sabun

Bagian-Bagian Teks

Paragraf Ke-

Alasan

a.       Tesis

 

 

b.      Rangkaian Argumen

 

 

c.       Penegasan Ulang

 

 


Judul Teks: Korupsi

Bagian-Bagian Teks

Paragraf Ke-

Alasan

a.       Tesis

 

 

b.      Rangkaian Argumen

 

 

c.       Penegasan Ulang

 

 


4. Absen pagi pada kolom komentar di bawah!

5. Kirim FOTO DIRI ketika mengikuti kegiatan Daring dan FOTO JAWABAN TUGAS yang telah kalian buat melalui WA ibu. Terimakasih.


Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat.tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

SEMANGAT!!!!

GOOD LUCK 


Komentar

  1. assalamu'alaikum
    nama:ivania islami khairunnisa
    kelas:8C
    keterangan:hadir
    terimakasih

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum bu
    Nama :Abdul Khodir Zailani
    Kls:8C
    Ket:Hadir
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama:Azarine Elvina Alesha
    Kelas:8C
    Ket:Hadir
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama:Azarine Elfrida Shakila
    Kelas:8C
    Ket:Hadir
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama:Chelsy Azzahra Zahira
    Kelas:8C
    Ket:Hadir
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    Nama Nili Fatil Huda
    Kls 8c
    Ket Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  7. assalamualaikum
    nama:safira puteri samanda
    kelas:8c
    ket:hadir

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum
    Nama:Moza Suci Ramadhania
    Kelas:8C
    hadir

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Nama:Razan Naufal
    Kelas:8C
    Ket:Hadir
    Wassalamu'alaikum Wr Wb

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    Nama: septa tri marga
    Kelas:8c
    Ket:hadir
    Terimakasih Bu atas materinya
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaikum Bu
    Nama;Abdul Khodir Zailani
    KLS:8C
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca