KAMIS, 16 SEPTEMBER 2021

KAMIS, 16 SEPTEMBER 2021

Kelas 8D DAN 8E  (PERTEMUAN KEDUA)

Materi: Teks Eksposisi


KD. 3.6. Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca

       4.6. Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan


IPK: 3.6.1  Menjelaskan Langkah- langkah Menyusun teks eksposisi.

          3.6.2  Menganalisis struktur teks eksposisi

          3.6.3  Menganalisis isi teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca

          4.6.1   Membuat gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan


Tujuan Pembelajaran. 

Setelah mengikuti pembelajaran hari ini siswa diharapkan mampu :

1. Menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan tekeksposisi.

2. Menganalisis isi tekeksposisi.


 Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha, Apa kabar hari ini? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan serta dalam lindungan allah SWT. amin amin ya rabbal alamin

Baiklah pada pagi hari ini, sebelum kita memulai pembelajaran jangan lupa untuk mendengarkan Opening class dari teman kalian terlebih dahulu ya nak dan setelah itu kita melaksanakan sholat dhuha, sholat serta murojaah... 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu ya nak, karena kita harus mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua, baik nikmat sehat, rezeki, ilmu dan lain lainnya. 

Hari ini kita akan melanjutkan materi sebelumnya, yaitu Teks Eksposisi.

Silakan simak materi dibawah ini!


TEKS EKSPOSISI 

 Materi teks eksposisi terdapat dalam buku cetak siswa hal. 59-90.

Simaklah materi di bawah ini dengan saksama!













Contoh Teks Eksposisi

Pemerintah, aparat keamanan, dan semua pihak yang terlibat dalam percepatan penanganan Covid-19 seharusnya adil dalam menjalankan protokol kesehatan. 

Simpatisan Front Pembela Islam (FPI) berkerumun saat Rizieq Shihab datang ke Indonesia pada 10 November lalu. Rizieq datang karena pernikahan anaknya. Tidak ada sanksi atau teguran tegas terhadap kerumunan tersebut. 

Pelaksanaan protokol kesehatan untuk melawan Covid-19, baiknya ditaati semua orang. Tidak memandang kelompok, golongan, ras, atau agama. Sebaiknya semua pihak menerapkan protokol dengan adil.

(https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/26/133000069/contoh-teks-eksposisi-tentang-covid-19?page=all)

Setelah menyimak materi tersebut, tugas kalian yaitu :

1. Baca dan pahami materi tentang teks Eksposisi di atas!

2. Bacalah contoh teks eksposisi lain pada link dibawah ini!

(https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/26/133000069/contoh-teks-eksposisi-tentang-covid-19?page=all)

3. Setelah mempelajari materi tersebut, kerjakan latihan di bawah ini!

    a).  Bacalah teks eksposisi berikut!


Teks 1

Khasiat Sabun

Sabun memiliki kandungan yang efektif untuk membersihkan kemudian membunuh berbagai jenis bakteri dan virus penyebab penyakit. Dengan hadirnya kandungan tersebut, maka sabun juga efektif untuk membunuh virus Corona (COVID-19).

Salah satu gejala virus Covid 19 yang dialami para korban terinfeksi adalah sesak nafas. Dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara rutin, maka dapat meminimalisir masuknya virus ke dalam saluran pernapasan melalui tangan. Sehingga bisa mencegah virus masuk dan merusak saluran pernafasan. Bahkan seorang ahli, Dr. Dan Corbett dari Queen’s School of Chemistry and Chemical Engineering menjelaskan bahwa mencuci tangan dengan air dan sabun dapat membunuh virus Covid 19. 

Beliau menjelaskan bahwa struktur sabun terdiri dari susunan gabungan antarmolekul yang bentuknya pin. Sabun mempunyai kemampuan untuk melarutkan membran lemak. Sehingga virus akan hancur dan mati atau lebih tepatnya tidak aktif karena kandungan lemak dalam sabun tersebut. Hal tersebut juga berlaku untuk virus Covid 19. Maka bisa disimpulkan bahwa cara kerja sabun ampuh untuk menonaktifkan virus Covid 19.

Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa sabun berkemampuan mematikan (menonaktifkan) virus Covid 19 atau Corona. Cukup cuci tangan menggunakan air mengalir dan gunakan sabun ke seluruh bagian tangan. Dan pastikan minimal cuci tangan selama 20 detik. Cara tersebut sudah ampuh untuk menonaktifkan virus dan bakteri yang ada di tangan sehingga dapat mencegah masuknya virus Covid 19 ke dalam tubuh.


Teks 2

Korupsi

Transparansi pemerintah dalam membuat peraturan perlu ditinjau ulang. Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mencabut larangan ekspor benih lobser. Peraturan tersebut menimbulkan banyak kecaman publik karena pasar perdagangan lobster rata-rata dipegang kaum elit. Rupanya kecurigaan publik terbukti. Edhy ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus ekspor benih lobster pada 25 November 2020.

Melalui kasus ini, transparansi terkait peraturan yang ditetapkan pemerintah secara sewenang-wenang perlu diawasi dengan ketat.

    b). Identifikasilah struktur dari teks tersebut!

Judul Teks: Khasiat Sabun

Bagian-Bagian Teks

Paragraf Ke-

Alasan

a.       Tesis

 

 

b.      Rangkaian Argumen

 

 

c.       Penegasan Ulang

 

 


Judul Teks: Korupsi

Bagian-Bagian Teks

Paragraf Ke-

Alasan

a.       Tesis

 

 

b.      Rangkaian Argumen

 

 

c.       Penegasan Ulang

 

 


4. Absen pagi pada kolom komentar di bawah!

5. Kirim FOTO DIRI ketika mengikuti kegiatan Daring dan FOTO JAWABAN TUGAS yang telah kalian buat melalui WA ibu. Terimakasih.


Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat.tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

SEMANGAT!!!!

GOOD LUCK 


Komentar

  1. Assalamualaikum
    Nama:Cinde Haristi
    Kls:8E
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. assalamualaikum
    Nama: Olivia Almufenza
    kelas: 8D
    Ket: hadir
    terimakasih 🙏

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Nama:Delvani Puspita Sari
    Kelas:8D
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Nama:Fachri Ramadhan
    Kls:8D
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    nama:M.Arkhan CF
    kls 8D
    keterangan Hadir
    terimakasih
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    Nama : Fadli Al Farizi
    Kelas : 8d
    Ket :#hadir

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    nama:M.maldini.r
    kls 8E
    keterangan Hadir
    terimakasih
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  8. assalamu'alaikum
    nama:asyia mutiara b
    kelas:8D
    Ket:hadir
    terimakasih

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Nama:Muhammad rasya daviera
    Kls:8E
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum
    nama: Syntia Wulandari
    kelas:8D
    Ket:hadir
    terimakasih

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaikum
    nama: M.Rafi Islami Indrawan
    kelas:8D
    Ket:hadir
    terimakasih

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum
    Nama:Naira Rifaya Isal
    Kelas:8D
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum
    Nama: Nurhikmah sahputri harahap
    Kls:8E
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum wr.wb Bu
    Nama :Keisha Fardema
    Kelas :8E
    Ket :Hadir
    Terima kasih Bu untuk materi nya hari ini☺️🙏
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Nama: Getar Geleghar Riyanto
    Kelas: 8D
    Ket: Hadir
    Terimakasih atas materinya
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum
    Nama: Muhammad Laskar Andwian
    Kls:8E
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  17. Asalamualaikum
    Nama: Aditya putra pratama
    Kelas:8E
    Keterangan:hadir
    Terimakasih wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum, nama saya Fathiyah Zahra dari kelas 8E
    Keterangan : Hadir
    Terima kasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum
    Nama: Shakila Putri
    Kelas':8E
    Ket:Hadir
    Terimakasih atas materi nya
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum
    Nama: Raya Maghfirah
    Kelas:8E
    Ket Hadir

    BalasHapus
  21. assalamualaikum
    nama kheysha dwi anggraini
    kelas 8e
    ket hadir

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum
    Nama Bilqis Zahra sagita
    Kelas 8E
    Keterangan hadir
    Terimakasih Bu
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum
    Nama : Hafiza Fakhira Nayyara
    Kelas : 8D #Hadir
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum bu,
    nama:Yuristian lorriez
    Kelas:8E
    Ket:Hadir
    Terimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb..

    BalasHapus
  25. Assalamu'alaikum
    Nama:Muhammad ferly
    Kelas:8D
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  26. assalamualaikum
    nama: aprilia windra bekti
    kelas: 8D
    keterangan: hadir
    terimaksih,wassalamualaikum

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum
    nama: Naufal putra y
    kls 8D
    keterangan Hadir
    terimakasih
    wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum wr.wb
    Nama :Fanisa Aurelia
    Kelas :8E
    Ket :Hadir
    Terima Kasih

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum
    Nama:Muhammad Rafi Daviera
    Kelas:8E
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum
    Nama Dennis keandra Hermawan
    Kelas 8E
    Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  31. Assalamu'alaikum
    Nama: putri aulia
    Kelas: 8d
    Ket: hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum
    Nama saya faishal wibowo
    Kelas 8E
    Terima kasih
    Wassalamualailum wr wb

    BalasHapus
  33. Assalamualaikum
    Nama:m.el ramzi ramadan
    Kelas:8D
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca