SELASA, 14 SEPTEMBER 2021

SELASA, 14 SEPTEMBER 2021

Kelas 8C  (PERTEMUAN PERTAMA)

Materi: Teks Eksposisi


KD. 3.5. Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikeilmiah populer dari koran/ majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar dan dibaca

       4.5. Menyimpulkaisteks eksposis(artikel ilmiah populer dari koran damajalah) yang diperdengarkan dan dibaca.


IPK: 3.5.1  Menjelaskan Pengertian Teks Ekposisi.

          3.5.2  Menganalisis Unsur-unsuteks eksposisi:gagasan dafakta-fakta

          4.5.1 Membuat isteks eksposis(artikel ilmiah populer dari koran damajalah) yang diperdengarkan dan dibaca

          4.5.2        Menyajikan isteks eksposis(artikel ilmiah populer dari koran damajalah) yang diperdengarkan dan dibaca.


Tujuan Pembelajaran. 

Setelah mengikuti pembelajaran hari ini siswa diharapkan mampu :

1. Menjelaskan Pengertian Teks Ekposisi.

2. Menganalisis Unsur-unsuteks eksposisi:gagasan dafakta-fakta.

3. Membuat isteks eksposis(artikel ilmiah populer dari koran damajalah) yang diperdengarkan dan dibaca.

4.Menyajikan isteks eksposis(artikel ilmiah populer dari koran damajalah) yang diperdengarkan dan dibaca.

 Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha, Apa kabar hari ini? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan serta dalam lindungan allah SWT. amin amin ya rabbal alamin

Baiklah pada pagi hari ini, sebelum kita memulai pembelajaran jangan lupa untuk mendengarkan Opening class dari teman kalian terlebih dahulu ya nak dan setelah itu kita melaksanakan sholat dhuha, sholat serta murojaah... 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu ya nak, karena kita harus mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua, baik nikmat sehat, rezeki, ilmu dan lain lainnya. 

Hari ini kita akan melanjutkan materi sebelumnya, yaitu Teks Eksposisi.

Silakan simak materi dibawah ini!


TEKS EKSPOSISI 

 Materi teks eksposisi terdapat dalam buku cetak siswa hal. 59-90.

Simaklah materi di bawah ini dengan saksama!












Contoh Teks Eksposisi

Pemerintah, aparat keamanan, dan semua pihak yang terlibat dalam percepatan penanganan Covid-19 seharusnya adil dalam menjalankan protokol kesehatan. 

Simpatisan Front Pembela Islam (FPI) berkerumun saat Rizieq Shihab datang ke Indonesia pada 10 November lalu. Rizieq datang karena pernikahan anaknya. Tidak ada sanksi atau teguran tegas terhadap kerumunan tersebut. 

Pelaksanaan protokol kesehatan untuk melawan Covid-19, baiknya ditaati semua orang. Tidak memandang kelompok, golongan, ras, atau agama. Sebaiknya semua pihak menerapkan protokol dengan adil.

(https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/26/133000069/contoh-teks-eksposisi-tentang-covid-19?page=all)

Setelah menyimak materi tersebut, tugas kalian yaitu :

1. Baca dan pahami materi tentang teks Eksposisi di atas!

2. Bacalah contoh teks eksposisi lain pada link dibawah ini!

(https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/26/133000069/contoh-teks-eksposisi-tentang-covid-19?page=all)

3. Setelah mempelajari materi tersebut, kerjakan latihan di bawah ini dan kirim dalam bentuk voice note!

    a). Apa yang dimaksud dengan teks eksposisi?

    b). Apa ciri-ciri teks eksposisi?

    c). Mengapa debat digolongkan ke dalam teks eksposisi?

4. Absen pagi pada kolom komentar di bawah!

5. Kirim FOTO DIRI ketika mengikuti kegiatan Daring dan VOICE NOTE jawaban yang telah kalian buat melalui WA ibu. Terimakasih.


Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat.tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

SEMANGAT!!!!

GOOD LUCK 


Komentar

  1. assalamu'alaikum
    nama:ivania islami khairunnisa
    kelas:8C
    keterangan:hadir
    terimakasih

    BalasHapus
  2. assalamu'alaikum
    nama:Naura putri Az-Zahra
    kelas:8C
    keterangan:hadir
    terimakasih

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Nama: Xavier Radhitya
    Kelas: 8C
    Ket: Hadir
    Terima Kasih

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Nama: Ariya rizki
    Kelas: 8C
    Ket: Hadir
    Terima Kasih

    BalasHapus
  5. assalamu'alaikum
    nama:Chelsy Azzahra Zahira
    kelas:8C
    keterangan:hadir
    terimakasih

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum wr.wb
    Nama:Azarine Elfrida Shakila
    Kelas:8C
    Ket:Hadir
    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum wr.wb
    Nama:Azarine Elvina Alesha
    Kelas:8C
    Ket:Hadir
    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum bu
    Nama: septa tri marga
    Kelas:8c
    Ket:hadir
    Terimakasih Bu atas materinya
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Nama.. rakha satria Syah perdana
    Kelas..8C
    Ket .. hadir
    Terima kasih

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum wr wb
    Nama:Abdul Khodir Zailani
    kls:8C
    KET:HADIR
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum
    Nama:Moza Suci Ramadhania
    Kelas:8C
    hadir

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum
    Nama Nili Fatil Huda
    Kls 8c
    Ket Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum
    Nama: Alicia Yuanindita prima
    Kelas:8c
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  14. assalamualaikum
    nama:safira puteri samanda
    kelas:8c
    ket:hadir

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum
    Nama Fahri Wijaya
    Kelas 8 C
    Ket hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum
    Nama :Rahma kaila fitriansah
    Kelas :8c
    Ket hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum Wr Wb
    Nama:Razan Naufal
    Kelas:8C
    Ket:Hadir
    Wassalamualaikum Wr Wb

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum
    Nama = M Fadhel A.S
    Kelas = 8C

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca