KAMIS, 12 AGUSTUS 2021

KAMIS,  12 AGUSTUS 2021

Kelas 8D DAN 8E  (PERTEMUAN KETIGA)

Materi: Teks Berita.


KD. 3.2. Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi)  yang didengar dan dibaca berita

IPK:3.2.1  Menganalisis Struktur teks berita yang meliputi Kepala berita

        3.2.2    Menganalisis Kaidah- kaidah kebahasaan teks berita.

Tujuan Pembelajaran. 

Setelah mengikuti pembelajaran hari ini siswa diharapkan mampu :

1. Menganalisis Struktuteks berita yang meliputi Kepala berita

2. Menganalisis Kaidah- kaidah kebahasaateks berita.

 Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha, Apa kabar hari ini? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan serta dalam lindungan allah SWT. amin amin ya rabbal alamin

Baiklah pada pagi hari ini, sebelum kita memulai pembelajaran jangan lupa untuk mendengarkan Opening class dari teman kalian terlebih dahulu ya nak dan setelah itu kita melaksanakan sholat dhuha, sholat serta murojaah... 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu ya nak, karena kita harus mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua, baik nikmat sehat, rezeki, ilmu dan lain lainnya. 

Hari ini kita akan melanjutkan materi sebelumnya, yaitu teks cerita pendek.

Silakan simak materi dibawah ini!


Berita Seputar Indonesia 

 

Berita adalah sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang menambah wawasan. Siapapun yang bisa menguasai berita, maka dialah orang yang akan menguasai dunia. Memang tidak bisa dipungkiri lagi jika berita bisa tersebar dengan cepat, apalagi dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini.

1.    Struktur Berita

Berdasarkan struktur atau susunannya, teks teks tersebut dapat kita kelompokkan ke dalam dua bagian, yakni berupa informasi yang penting dan informasi yang tidak penting.


Informasi penting disebut juga pokok pokok informasi atau unsur unsur berita (utama). Dalam ilmu jurnalistik atau ilmu persuratkabaran, pokok pokok informasi terangkum dalam rumus 5 W + 1 H. Bagian ini disimpan pada bagian kepala berita (lead) dan tubuh berita. Adapun susunan dari unsur unsur berita itu bisa variatif, misalnya ada yang didahului dengan penyajian "apa", ada pula yang diawali dengan "kapan".


Apa (what) peristiwanya?

Siapa (who) yang mengalami peristiwa itu?

Di mana (where) terjadinya peristiwa itu?

Kapan (when) terjadinya peristiwa itu?

Mengapa (why) peristiwa itu terjadi?

  Bagaimana (how) proses peristiwanya?

Informasi yang kurang penting yang lazim disebut pula uraian atau ekor berita. Bagian ekor berada setelah kepala atau tubuh berita. Ekor berita yang dimaksudkan berupa sejarah letusan Gunung Slamet serta informasi tentang banyak letusan. Bagian ini tidak memiliki kaitan langsung dengan judul beritanya.

Dengan struktur penyajian yang semacam itulah, susunan informasi di dalam suatu pemberitaan tersaji dalam pola piramida terbalik. Bagian awal merupakan bagian pokok dan semakin kebawah berita itu merupakan rincian perinciannya yang sifatnya cenderung tidak penting.

Oleh karena itu, jika kita tidak cukup waktu untuk mendengarkan keseluruhan informasi, dengan hanya memperhatikan bagian awalnya, kita telah cukup mendapatkan informasi pokok yang merangkum keseluruhan isi berita.

2.    Kaidah kaidah Kebahasaan

                  ●                   Penggunaan bahasa bersifat standar (baku). Hal ini dimaksudkan agar bisa            dipahami oleh banyak kalangan. Bahasa standar akan lebih mudah dipahami ketimbang bahasa bahasa populer atau bahasa daerah. Bahasa semacam inilah yang dihindari oleh media media.

                   Penggunaan kalimat langsung sebagai variasi dari kalimat tidak langsungnya. Contoh: “Masyarakat, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan mendaki dan beraktivitas dalam radius 2 km dari kawah Gunung Slamet." paparnya

                   Penggunaan konjungsi bahwa yang berfungsi sebagai penerang kata yang diikutinya. Contoh: Sejumlah staf Adpel Manado mengatakan bahwa Kepala Adpel Manado sudah pulang.


                   Penggunaan kata kerja mental atau kata kerja yang terkait dengan kegiatan dari hasil pemikiran. Contoh: Mereka memikirkan solusi untuk bisa keluar dari peristiwa peristiwa yang memilukan itu.

                   Penggunaan fungsi keterangan waktu dan tempat. Contoh: Sekitar pukul 12:45 WIB, langit Riau tampak mendung.

                        ●                   Penggunaan konjungsi temporal atau penjumlahan. Contoh: Sekitar pukul 12.45 WIB, Sabtu (15/3/2014), langit Riau tampak mendung. Tak lama kemudian, hujan yang diharapkan semua masyarakat akhirnya pun turun. Hujan yang turun di siang bolong ini memang tidak terlalu deras.


Setelah menyimak materi tersebut, tugas kalian yaitu

1. Baca dan pahami materi tentang teks berita di atas!

2. Saksikan contoh video pada link dibawah ini!

https://www.youtube.com/watch?v=bxndm02PIdY

3. Catat hal-hal penting dari materi tersebut kemudian tentukan struktur dan kaidah kebahasaan berita dalam link video tersebut!

4. Absen pagi pada kolom komentar di bawah!

5. Kirim foto tugas dan foto diri ketika mengikuti kegiatan Daring melalui WA ibu. Terimakasih.


Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat.tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

SEMANGAT!!!!

GOOD LUCK 


Komentar

  1. Assalamu'alaikum
    Nama:Putri Aulia
    kelas: 8D
    ket:hadir
    Terimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum
    Nama:Delvani Puspita Sari
    Kelas:8D
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Nama: Fadli Al Farizi
    Kelas : 8d
    Ket, ::#hadir

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Nama:Fachri Ramadhan
    Kelas:8D
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum
    Nama :Muhammad Marindho Ferliansyah Udi
    Kelas :8D
    Ket :Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    Nama :Maulana raul akthar
    Kelas :8D
    Ket :Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  7. assalamualaikum
    nama:asyia mutiara b
    kelas:8D
    Ket:hadir
    terimakasih

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum
    Nama:Naira Rifaya Isal
    Kelas:8D
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Nama:M.Arkhan CF
    Kls 8D
    Keterangan Hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    Nama Afien Muhammad Abdallah
    Kelas 8D
    Ket hadir
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum
    Nama:Aurellia Adelina Putri
    Kelas:8E
    Ket:hadir
    Terimakasi
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum
    Nama: Olivia almufenza
    Kelas: 8D
    Ket:hadir
    Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Nama: Getar Geleghar Riyanto
    Kelas: 8D
    Ket: Hadir
    Terimakasih atas materinya
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum wr.wb Bu
    Nama :Keisha Fardema
    Kelas :8E
    Ket :Hadir
    Terima Kasih Bu untuk materi hari ini☺️🙏
    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  15. assalamualaikum
    nama : regita elsyana putri
    kelas : 8d
    ket : hadir
    trima kasih

    BalasHapus
  16. ASSALAMU'ALAIKUM
    NAMA;M ARSYA BINTANG P
    KELAS:8D
    KET:HADIR
    WASSALAMUALAIKUM

    BalasHapus
  17. assalamualaikum
    nama : kheysha dwi anggraini
    kelas : 8e
    ket : hadir
    trima kasih

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum
    Nama:M.rayhansyah dhiyaqusay
    Kelas:8D
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  19. assalamualaikum
    nama:cinde haristi
    kls:8e
    Ket:hadir
    terima kasih

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum
    Nama:M.Rafi Islami Indrawan
    Kelas:8D
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum
    Nama: Alif Fairuz Ramadhan
    Kelas:8d
    Ket: Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum
    Nama: Syntia Wulandari
    Kelas:8D
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum
    Nama: Muhammad Maldini Ramadhan
    Kelas:8e
    Ket: Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum
    Nama: Naufal putra
    Kls 8D
    Keterangan Hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  25. Assalamu'alaikum
    Nama: Aprilia Windra Bekti
    Kelas : 8D
    Ket : hadir
    terimakasih, wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum
    Nama: Muhammad rasya daviera
    Kelas:8e
    Ket: Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  27. assalamu'alaikum
    nama intan azzahwa
    kelas 8d

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum
    Nama : Hafiza Fakhira Nayyara
    Kelas : 8D
    Ket : Hadir
    Terimakasi

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum, nama saya Fathiyah Zahra dari kelas 8E
    Keterangan : Hadir
    Terima kasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum
    Nama: Muhammad Laskar Andwian
    Kelas:8E
    Ket:hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum.

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum
    Nama:Muhammad Rafi Daviera
    Kelas:8E
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum
    Nama: M Al Fariz
    Kelas: 8E
    Ket: Hadir
    Terimakasih
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
  33. Assalamu'alaikum
    Nama:Fadhil Muhammad
    Kelas:8E
    Ket:Hadir
    Terima kasih

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum
    Nama saya faishal wibowo
    Kelas 8E
    Keterangan hadir
    Terima kasih
    Wassalamualaikum wr. wb

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum
    Nama : nurhikmah sahputri harahap
    Kelas :8e
    Ket :Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  36. Assalamu'alaikum
    Nama:Muhammad ferly
    Kelas:8D
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum
    Nama : Fanisa Aurelia
    Kelas :8e
    Ket :Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum
    Nama:Raya Maghfirah
    Kelas:8E
    Ket Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum
    Nama Dennis keandra Hermawan
    Kelas 8E
    Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca