JUMAT, 13 AGUSTUS 2021

  JUMAT, 13 AGUSTUS 2021

Kelas 8B  (PERTEMUAN KETIGA)

Materi: Teks Berita.


KD. 3.2. Menelaah struktur dakebahasaan teks berita (membanggakan damemotivasi)  yang didengar dan dibaca berita

IPK:3.2.1  Menganalisis Struktuteks berita yang meliputi Kepala berita

        3.2.2    Menganalisis Kaidah- kaidah kebahasaateks berita.

Tujuan Pembelajaran. 

Setelah mengikuti pembelajaran hari ini siswa diharapkan mampu :

1. Menganalisis Struktuteks berita yang meliputi Kepala berita

2. Menganalisis Kaidah- kaidah kebahasaateks berita.

 Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha, Apa kabar hari ini? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan serta dalam lindungan allah SWT. amin amin ya rabbal alamin

Baiklah pada pagi hari ini, sebelum kita memulai pembelajaran jangan lupa untuk mendengarkan Opening class dari teman kalian terlebih dahulu ya nak dan setelah itu kita melaksanakan sholat dhuha, sholat serta murojaah... 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu ya nak, karena kita harus mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua, baik nikmat sehat, rezeki, ilmu dan lain lainnya. 

Hari ini kita akan melanjutkan materi sebelumnya, yaitu teks cerita pendek.

Silakan simak materi dibawah ini!


Berita Seputar Indonesia 

 

Berita adalah sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang menambah wawasan. Siapapun yang bisa menguasai berita, maka dialah orang yang akan menguasai dunia. Memang tidak bisa dipungkiri lagi jika berita bisa tersebar dengan cepat, apalagi dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini.

1.    Struktur Berita

Berdasarkan struktur atau susunannya, teks teks tersebut dapat kita kelompokkan ke dalam dua bagian, yakni berupa informasi yang penting dan informasi yang tidak penting.


Informasi penting disebut juga pokok pokok informasi atau unsur unsur berita (utama). Dalam ilmu jurnalistik atau ilmu persuratkabaran, pokok pokok informasi terangkum dalam rumus 5 W + 1 H. Bagian ini disimpan pada bagian kepala berita (lead) dan tubuh berita. Adapun susunan dari unsur unsur berita itu bisa variatif, misalnya ada yang didahului dengan penyajian "apa", ada pula yang diawali dengan "kapan".


Apa (what) peristiwanya?

Siapa (who) yang mengalami peristiwa itu?

Di mana (where) terjadinya peristiwa itu?

Kapan (when) terjadinya peristiwa itu?

Mengapa (why) peristiwa itu terjadi?

  Bagaimana (how) proses peristiwanya?

Informasi yang kurang penting yang lazim disebut pula uraian atau ekor berita. Bagian ekor berada setelah kepala atau tubuh berita. Ekor berita yang dimaksudkan berupa sejarah letusan Gunung Slamet serta informasi tentang banyak letusan. Bagian ini tidak memiliki kaitan langsung dengan judul beritanya.

Dengan struktur penyajian yang semacam itulah, susunan informasi di dalam suatu pemberitaan tersaji dalam pola piramida terbalik. Bagian awal merupakan bagian pokok dan semakin kebawah berita itu merupakan rincian perinciannya yang sifatnya cenderung tidak penting.

Oleh karena itu, jika kita tidak cukup waktu untuk mendengarkan keseluruhan informasi, dengan hanya memperhatikan bagian awalnya, kita telah cukup mendapatkan informasi pokok yang merangkum keseluruhan isi berita.

2.    Kaidah kaidah Kebahasaan

                  ●                   Penggunaan bahasa bersifat standar (baku). Hal ini dimaksudkan agar bisa            dipahami oleh banyak kalangan. Bahasa standar akan lebih mudah dipahami ketimbang bahasa bahasa populer atau bahasa daerah. Bahasa semacam inilah yang dihindari oleh media media.

                   Penggunaan kalimat langsung sebagai variasi dari kalimat tidak langsungnya. Contoh: “Masyarakat, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan mendaki dan beraktivitas dalam radius 2 km dari kawah Gunung Slamet." paparnya

                   Penggunaan konjungsi bahwa yang berfungsi sebagai penerang kata yang diikutinya. Contoh: Sejumlah staf Adpel Manado mengatakan bahwa Kepala Adpel Manado sudah pulang.


                   Penggunaan kata kerja mental atau kata kerja yang terkait dengan kegiatan dari hasil pemikiran. Contoh: Mereka memikirkan solusi untuk bisa keluar dari peristiwa peristiwa yang memilukan itu.

                   Penggunaan fungsi keterangan waktu dan tempat. Contoh: Sekitar pukul 12:45 WIB, langit Riau tampak mendung.

                        ●                   Penggunaan konjungsi temporal atau penjumlahan. Contoh: Sekitar pukul 12.45 WIB, Sabtu (15/3/2014), langit Riau tampak mendung. Tak lama kemudian, hujan yang diharapkan semua masyarakat akhirnya pun turun. Hujan yang turun di siang bolong ini memang tidak terlalu deras.


Setelah menyimak materi tersebut, tugas kalian yaitu

1. Baca dan pahami materi tentang teks berita di atas!

2. Saksikan contoh video pada link dibawah ini!

https://www.youtube.com/watch?v=bxndm02PIdY

3. Catat hal-hal penting dari materi tersebut kemudian tentukan struktur dan kaidah kebahasaan berita dalam link video tersebut!

4. Absen pagi pada kolom komentar di bawah!

5. Kirim foto tugas dan foto diri ketika mengikuti kegiatan Daring melalui WA ibu. Terimakasih.


Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat.tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

SEMANGAT!!!!

GOOD LUCK 


Komentar

  1. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama : Chelsea Aprilia Susanti
    Kelas : 8B
    Ket : Hadir
    Absen : 09
    Terimakasih atas materinya 🙏🏻
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum, N.K.Ayudya.W.D/8B/21, Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum
    Nama:Aurel Chelsea Sepfany
    Kelas:8B
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Nama:Fachri Al Puraka
    Kelas:8B
    Ket:Hadir
    Terimakasih
    Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum wr wb
    Nama : Muhammad Azrel Zahran
    Kelas : 8B
    Ket : hadir
    Terimakasih wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    Wardah Nurmala
    8b
    Hadir

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum bu
    Nama: keysha yasinta
    Kelas: 8b
    Ket: hadir
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum
    Nama Alifa Rizka Khirani
    Kelas 8b
    Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum bu
    Nama: Abdul Aziz Al Mubarak
    Kelas: 8b
    Ket: hadir
    Terima kasih

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum
    Nama: Al-faiz Bintang Akbar Ramadhan
    Kelas:8B
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  11. ass wr wb
    robby sutisna
    8b
    hadir

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum
    Nama:Puthie bidadari
    Kelas:8B
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama : Bima Mandala Putra
    Kelas : 8B
    Ket : Hadir
    Absen : 06
    Terimakasih atas materinya 🙏🏻
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum
    Nama:Rohmat Rizkulloh
    Kelas:8B
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum
    Nama : Muhammad Daris arya baja
    Kelas : 8B

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca