SENIN, 3 FEBRUARI 2020

 TEKS DISKUSI

C. KAIDAH KEBAHASAAN TEKS DISKUSI


penggunaan bahasa yang efektif sangat penting dalam teks untuk tujuan persuasif, khususnya diskusi. kita dapat menilai penggunaan bahasa kita sendiri untuk tujuan persuasif tersebut dengan memperhatikan:

1. Audiensi
2. Gagasan
3. Sarana persuasif
4. Kosakata
5. Kohesi

CIRI-CIRI KEBAHASAAN TEKS DISKUSI
1. menggunakan kata-kata yang menunjukkan waktu kini dan menunjukkan apa yang sedang terjadi
misal: adalah, merupakan, sedang, artinya, perlu, bertindak, hentikan, selamatkan, perang, kehilangan, perbaiki.
2. kata yang mewakili pikiran dan perasaan membawa emosi dari penulis.
misal: yakin, percaya, pikir, rasa, suka, kagum, senang, terkejut, ragu, harap
3. kata emotif melibatkan pikiran ;pembaca seakan pembaca melihat persoalan seperti yang kita pikirkan.
misa: ganas, unik, liar, buas, berharga, istimewa, kum,al, menakjubkan, berbahaya, brutal, sejuk, lembut.
4. bahasa evaluatif untuk mengkajui argumen dan bukti pendukung. 
misal  penting, sederhana, berpikiran sempit, mengancam, sangat jelas, menguntungkan bagi masa depan, lebih mudah, diharapkan, terlalu rapuh, penilaian buruk, tidak dapat diakui, hanya pilihan.
5. derajat kepastian (juga dikenal sebagai modalitas) seberapa pasti dengan pernyataanmu sendiri? apakah kamu ingin membuat orang setuju dengan pendapatmu, atau kamu ingin membuat orang ragu dengan pendapatnya? 
misal: dapat, akan, mesti, seharusnya, selalu, biasanya, hampir, nyaris, tidak pernah, kadang-kadang, umumnya, tentu, pasti, harus, tak perlu dipersoalkan, hampir tidak pernah.
6. konjungsi dan penanda kohesi-koherensi. konjungsi digunakan untuk menggabungkan dua gagasan dalam satu kalimat, sementara konektif digunakan untuk mengaitkan gagasan diantara kalimat dan paragraf yang berbeda. 
misal: dan, gtetapi, namun, bagaimanapun, alasan lain mengapa, juga, dalam hal lain, atau, pertama, kedua, akhirnya, tanpa memperhatian, tidak semua orang setuju, sementara, meskipun, yang utama, pada akhirnya, sebab, oleh karena itu.  
.

tugas:
1. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata emotif, bahasa evaluatif, dan konjungsi!(masing-masing 3 kalimat) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca