KAMIS, 13 FEBRUARI 2020

 TEKS DISKUSI



D. MENYAJIKAN TEKS DISKUSI

KEGIATAN 1 : Melengkapi Struktur Teks

Setelah menelaah teks diskusi model 1 dan 2, cobalah menentukan bagaimana melengkapi struktur model teks 3 (siswa) dengan dipandu oleh pertanyaan-pertanyaan.

 ANCANG-ANCANG MENULIS TEKS DISKUSI

Teks diskusi menyatakan pendapat atau meyakinkan pembaca/pendengar untuk setuju dengan sudut pandang tertentu. oleh karena itu, pendahuluan teks diskusi harus jelas dan menyimpulkan pesan utama. judul juga tidak kalah pentingnya. Gunakan judul yang menonjol, inspiratif, atau kontroversial. Tulisan harus melibatkan emosi pembaca agar berminat untuk membaca teks yang dibuat. 

CARA UNTUK MENARIK PERHATIAN PEMBACA
1. Gunakan judul dengan bahasa yang menarik perhatian.
2. Mulai pendahuluan dengan pertanyaan retoris
3. Mulai pendahuluan dengan bahasa yang sarat emotif
4. Mulai pendahuluan dengan penggunaan kata ganti personal untuk melibatkan pembaca
5. Mulai pendahuluan dengan pernyataan topik yang jelas

TUGAS MENULIS
Dikandangkan atau Dibebaskan, Haruskah Hewan Dipelihara di Kebun Binatang?

Perhatikan pernyataan berikut.
1. jika kamu setuju atau tidak setuju atau jika kamu dapat melihat permasalahan dari kedua sudut pandang.
2. pendahuluan-_katakan secara jelas apa yang kamu pikirkan tentang topik itu.
3. pendapatmu--beri alasan atau contoh untuk menjelaskan pendapatmu secara meyakinkan.
4. Simpulan--simpulkan pandangan utama dan komentar akhir pendapatmu. 

Lakukan kegiatan berikut.
1.Rencanakan tulisanmu sebelum memulai menulis.
2. Buatlah tulisanmu menarik untuk dibaca.
3. Tulis dalam kalimat efektif dan fokus pada topik.
4. Periksa ejaan dan pungtuasi
5. Gunakan kata-kata yang meyaknkan pembaca.
6. Mulai suatu paragraf bartu untuk setiap gagasan baru.
7. Periksa dan sunting tulisanmu setelah selesai.

TUGAS
1. kerjakan latihan halaman 143-144 dibuku siswa(struktur teks diskusi)!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca