SENIN, 6 JANUARI 2020

TEKS DISKUSI

A. MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS DISKUSI

1). PENGERTIAN TEKS DISKUSI

Menurut KBBI, aktual adalah betul-betul terjadi atau sedang menjadi pembicaraan orang banyak (tentang suatu peristiwa) Diskusi sendiri memiliki arti pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah, sedangkan teks diskusi sendiri merupakan sebuah teks yang berisi tentang wacana yang membahas suatu permasalahan Teks Diskusi membahas sebuah isu permasalahan yang berisi dua argumen yaitu argumen pendukung (pro) dan argumen penentang (kontra). Hal apa saja di lingkungan yang bersifat aktual dapat dijadikan bahan diskusi. Dalam hal ini, berdiskusi dapat dilakukan melalui dua kegiatan yaitu kegiatan langsung atau tidak langsung.

Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik.

Teks diskusi adalah teks yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal (pro dan kontra) yang mengakibatkan kedua belah pihak menjadi saling membicarakan masalah yang menjadi persoalan (diskusi).
Salah satu manfaat dari berdiskusi yaitu bisa memperluas pengetahuan dan memperbanyak pengalaman. Diskusi adalah salah satu kegiatan wicara. Diskusi adalah pertukaran gagasan, pikiran, dan pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan.

Ciri-Ciri
Teks Diskusi


Struktur terdiri atas isu, argumen mendukung, argumen menentang, dan simpulan
Memuat informasi yang cenderung bersifat informatif-argumentatif.
Menerapkan unsur kebahasaan.
Teks diskusi berisi informasi. Informasi tersebut berupa pendapat yang mendukung (pro) dan pendapat menentang (kontra).

Fungsi Teks Diskusi

Fungsi sosial teks diskusi yaitu digunakan untuk melihat suatu masalah dari berbagai perspektif, sebelum membuat keputusan atau rekomendasi.
CONTOH TEKS DISKUSI

Handphone dan Anak-anak
Handphone-dan-Anak-anak
Handphonatau  orang-orang  sekarang  lebih  sering  menggunakan Smartphone  adalah  sebuah perangkat yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam urusan komunikasi.Tidak hanya komunikasi saja, Smartphone juga digunakan untuk membantu keperluan manusia lainnya. Hampir setiap orang memiliki HP, termasuk anak kecil sekalipun. Walaupun begitu, banyak terjadi pro dan kontra dalam hal pemberian HP untuk anak-anak.
Pihak yang mendukung atau pihak yang pro terhadap pemberian HP kepada anak-anak menganggap bahwa dengan adanya alat komunikasi ini, orang tua menjadi lebih mudah dalam memantau dan mengawasi kondisi anaknya kapanpun dan dimanapun.Selain itu juga, dengan adanya HP atau Smartphone membuat anak lebih mudah mengakses informasi-informasi yang mereka butuhkan dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah.
Sedangkan pihak yang kontra atau pihak yang menentang pemberian HP untuk anak-anak beralasan
bahwa anak-anak belum saatnya untuk diberikan teknologi yang canggih ini. Hal ini disebabkan karena tidak semua informasi-informasi di internet itu baik, banyak pula konten berbahaya yang tidak boleh diakses oleh anak-anak. Selain itu, dengan memberikan HP kepada anak-anak membuat ia menjadi pribadi yang pasif dan susah bergaul dengan lingkungan sekitar karena ia lebih asyik bermain game di hpnya.
Berdasarkan kedua argumen diatas, kesimpulan yang dapat kita dapat adalah bahwa pemberian hp untuk anak-anak sebenarnya tidak wajib. Namun, jika memang sangat diperlukan, orang tua harus memberikan pengawasan ketat kepada anaknya. Orang tua harus mengetahui apa saja yang diakses oleh anaknya dan selalu mengingatkan akan hal baik yang boleh diakses dan hal buruk yang tidak boleh diakses agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

TUGAS
1.KERJAKAN KEGIATAN 1 HALAMAN 118 BUKU SISWA!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca