SENIN-JUMAT, 29 NOVEMBER - 3 DESEMBER 2021

SENIN-JUMAT, 29 NOVEMBER - 3 DESEMBER 2021

KELAS 8B-8E

Materi: Teks Eksplanasi

KD. 3.10  Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca.

        4.10  Menyajikan informasi, data dalam  bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan 

IPK:

3.7.2         3.10.1 Menganalisis teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca.

    4.10.1      Memajang teks eksplanasi yang disusun dan ringkasannya

Tujuan Pembelajaran. 

Setelah mengikuti pembelajaran hari ini siswa diharapkan mampu :

1. Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat menganalisis struktur dan kaidah kebahasan sebuah teks eksplanasi


Assalamualaikum wr wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha, Apa kabar hari ini? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan serta dalam lindungan allah SWT. amin amin ya rabbal alamin

Baiklah pada pagi hari ini, sebelum kita memulai pembelajaran jangan lupa untuk mendengarkan Opening class dari teman kalian terlebih dahulu ya nak dan setelah itu kita melaksanakan sholat dhuha, sholat serta murojaah... 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu ya nak, karena kita harus mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita semua, baik nikmat sehat, rezeki, ilmu dan lain lainnya. 

Hari ini kita akan melanjutkan materi sebelumnya, yaitu Teks Eksplanasi.

Silakan simak materi dibawah ini!


TEKS EKSPLANASI 

 Materi teks eksplanasi terdapat dalam buku cetak siswa hal. 127-152.

contoh teks eksplanasi:

https://www.bola.com/ragam/read/4656996/kumpulan-contoh-teks-eksplanasi-pendek-lengkap-sesuai-struktur



















Simaklah materi di atas dengan saksama!



  Tugas

1. Perhatikan contoh teks eksplanasi pada link berikut!

https://www.bola.com/ragam/read/4656996/kumpulan-contoh-teks-eksplanasi-pendek-lengkap-sesuai-struktur

2. Analisislah struktur dan kaidah kebahasaan dari salah satu teks eksplanasi tersebut!

3. Dokumentasikan kegiatan PJJ kalian dalam bentuk foto!

4. Absen pagi pada kolom komentar di bawah!

5. Kirim FOTO DIRI ketika mengikuti kegiatan Daring dan FOTO TUGAS yang telah kalian buat melalui WA ibu. Terimakasih.

6. Persiapkan diri kalian untuk menghadapi PAS! KISI-KISI SOAL PAS akan ibu share di grup WA kelas kalian!


Selamat mengerjakan dan Terimakasih untuk anak sholeh dan sholeha serta orang tua hebat.tanpa kerjasama kita semua pembelajaran daring ini tidak akan berjalan dengan baik.

SEMANGAT!!!!

GOOD LUCK 


 

Komentar

  1. Assalamualaikum
    Nama:puthie bidadari
    Kelas:8b
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum
    Nama:Abdul Khodir Zailani
    kls:8C
    KET:HADIR
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum, N.K.Ayudya.W.D/8B/22, Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum
    Nama: Abdul aziz al mubarak
    Kelas:8B
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama saya Moza Suci Ramdhania.
    Kelas 8C.
    Keterangan Hadir, Terimakasih.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    Nama : Chelsy Azzahra Zahira
    Kelas : 8C
    Ket : Hadir
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    Nama Nili Fatil Huda
    Kls 8c
    Ket Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum
    Nama:Fachri Al Puraka
    Kelas:8B
    Ket:Hadir
    Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Nama: Rohmat Rizkulloh
    Kelas:8B
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum
    Nama: Al-faiz Bintang Akbar Ramadhan
    Kelas:8B
    Ket:hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama:Azarine Elfrida Shakila
    Kelas:8C
    Ket:Hadir
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama:Azarine Elvina Alesha
    Kelas:8C
    Ket:Hadir
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Nama : Chelsea Aprilia Susanti
    Kelas : 8B
    Absen : 09
    Terimakasih atas materinya
    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama septa tri marga
    Kelas:8C
    Ket:Hadir
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  16. assalamualaikum
    nama:safira puteri samanda
    kelas:8c
    ket:hadir

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum
    Nama Martha evandra
    Kelas 8 C
    Hadir
    Terimakasih

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum
    Nama = M Fadhel A.S
    Kelas = 8C

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum
    Nama:Razan Naufal
    Kelas:8C
    Ket:Hadir
    Wassalamualaikum Wr Wb

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama: Syntia Wulandari
    Kelas:8D
    Ket:Hadir
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  22. Assalamu'alaikum
    Nama:M.El Ramzi Ramadan
    Kelas8D absen 14 hadir

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum Wr.Wb
    Nama: Naufal putra sujadi
    Kelas:8D
    Ket:Hadir
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    BalasHapus
  24. assalamualaikum
    nama: Olivia Almufenza
    kelas: 8D
    Ket: hadir
    terimakasih 🙏

    BalasHapus
  25. assalamu'alaikum
    nama: M. Rafi Islami indrawan
    kelas: 8D
    Ket: hadir
    terimakasih

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum
    Nama:M.Arkhan CF
    Kls 8D
    Keterangan Hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum bu
    Nama: Fadli Al Farizi
    Kelas : 8d
    Ket : #hadir

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca