SELASA, 3 DESEMBER 2019 KISI-KISI


KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
GANJIL TP 2019/2020
Jenjang Pendidikan     : SMP
Mata pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kurikulum                   : K-13 Revisi 2017
Jumlah Soal                 : 50
Bentuk Soal                : Pilihan Ganda
Tahun Pelajaran           : 2019/2020
Kelas/Semester            : 9/Ganjil

No.
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
JUMLAH
SOAL
1.






















Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar.


3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari laporan percobaan yang didengar atau dibaca.













3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca.


3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan actual yang didengar dan dibaca














3.5 Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca dan didengar


3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca dan didengar











3.7 Mengidentifikasi
informasi berupa kritik
atau pujian dari teks
tanggapan (lingkungan
hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman
budaya, dll) yang
didengar dan/atau dibaca

3.8 Menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks
tanggapan (lingkungan
hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman
budaya, dll) berupa kritik,
sanggahan, atau pujian
yang didengar dan/atau
dibaca
















·      Teks laporan percobaan
·      Pengidentifikasian
informasi laporan percobaan
·      Unsur kebahasaan
(kata tugas, kalimat aktif-pasif, tunggal-majemuk, istilah teknis, kata kerja)
·      Bagian-bagian/struktur laporan percobaan
·      Penelaahan berdasarkan unsur kebahasaan










·      Teks pidato
·      Pengidentifikasian isi pidato
·      Makna kata
·      Struktur pidato
·      Unsur kebahasaan (kata tugas, kalimat aktif-pasif, tunggal-majemuk, istilah teknis, kata kerja, kalimat ajakan, dan kalimat efektif).
·      Metode pidato
·      Penelaahan berdasarkan unsure kebahasaan).















·      Teks cerita pendek
·      Struktur teks narasi (cerpen)
·      Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas.kalimat langsung-tidak langsung
·      Makna kata
·      Makna kalimat tersurat
·      Model teks narasi cerpen
·      Unsur pembangun karya sastra (unsur intrinsik)









·      Fungsi teks
tanggapan
·         Model teks
Tanggapan
·         Struktur teks
tanggapan
·         Ciri-ciri kebahasaan
teks tanggapan:
kalimat aktif, kata
tugas, bahasa
deskripsi, bahasa
penilaian




1.Disajikan teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan informasi dan judul yang tepat dalam teks laporan percobaan.

2.Disajikan teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan kata tugas yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf.

3.Disajikan teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan istilah teknis dalam paragraf

4.Disajikan teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan ketepatan penulisan unsur serapan dalam kalimat.

5.Disajikan teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan kaidah kebahasaan teks laporan percobaan yang tepat.

6. Disajikan teks laporan percobaan, peserta didik dapat menentukan bagian/struktur laporan percobaan.


7.       Disajikan kutipan teks pidato, peserta didik dapat  menentukan isi dan judul kutipan pidato dengan tepat.

8.       Disajikan kutipan teks pidato, peserta didik dapat  menentukan pesan yang terdapat dalam pidato dengan tepat.

9.      Disajikan paragraf yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat pembuka pidato untuk melengkapi paragraf yang rumpang dengan tepat

10.  Disajikan paragraf yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat penutup untuk melengkapi paragraf yang rumpang dengan tepat

11.  Disajikan cuplikan teks pidato, peserta didik dapat menentukan kalimat tidak efektif dalam pidato tersebut

12.  Disajikan cuplikan teks pidato  yang rumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat ajakan untuk melengkapi paragraf yang rumpang dengan tepat

13.  Disajikan penggalan teks pidato, peserta didik dapat menentukan struktur teks pidato dengan tepat.

14.  Disajikan penggalan teks pidato, peserta didik dapat menentukan  ciri kebahasaan teks pidato dengan tepat.

15.  Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan bagian.struktur teks cerpen dengan tepat.

16.  Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan latar cerpen dengan tepat.

17.  Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan watak tokoh dengan tepat.

18.  Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan majas yang tepat

19.  Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan sudut pandang yang tepat

20.  Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan makna kata di dalam cerpen dengan tepat.

21.  Disajikan penggalan cerpen, peserta didik dapat menentukan amanat yang tepat.

22.  Disajikan penggalan teks tanggapan, peserta didik dapat menentukan isi teks tanggapan dengan tepat.

23.   Disajikan penggalan teks tanggapan, peserta didik dapat menentukan keunggulan dan kelemahan dalam teks tanggapan dengan tepat.

24.  Disajikan penggalan teks tanggapan rumpang, peserta didik dapat menentukan bagian yang rumpang tersebut dengan tepat.

25.  Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat menentukan tanggapan yang tepat terhadap teks tersebut.

26.  Disajikan penggalan teks, peserta didik dapat menentukan kalimat pujian yang tepat terhadap teks tanggapan tersebut.

27.  Disajikan penggalan teks tanggapan, peserta didik dapat menentukan struktur yang tepat pada teks tersebut.

28.  Disajikan penggalan teks tanggapan rumpang, peserta didik dapat menentukan kata tugas yang tepat untuk melengkapi teks tersebut.

29.  Disajikan penggalan teks tanggapan, peserta didik dapat menentukan kalimat aktif yang digunakan dalam teks tersebut.





4



2



1


1



1



5



3


2



1



2



1



1



1


1



3


3


2


2


1


1



1


1


2



1



1



1



4



1



1


       Bandarlampung, September 2019


Tim penyusun
Kisi-kisi Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Revisi 2019



                     

 


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca