B. MENYAJIKAN PETA KONSEP DARI ISI BUKU FIKSI/NONFIKSI

B. Menyajikan Peta Konsep dari Isi Buku Fiksi/Nonfiksi

Tujuan Pembelajaran:
setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan mampu
1. membuat peta konsep dari isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
2. memahami teknik membaca untuk menemukan isi pokok buku

1. Peta Konsep Isi Buku
peta konsep terhadap isi suatu buku dapat disajikan sebagai berikut

                                     Apresiasi Sastra
                                                ↧
                                      Pendahuluan
                                                ↧
Pengertian Sastra↔Manfaat Karya Sastra↔Jenis-jenis Karya Sastra


Akan tetapi untuk buku-buku cerita semacam novel ataupun buku kumpulan cerpen/dongeng akan lebih mudah dipahami apabila disajikan dalam bentuk bagan alur seperti dibawah ini

                             Penutup Cerita
                                 ↗
                      Penyelesaian Konflik
                            ↗
                Terjadinya Konflik
                        ↗
        Penanggalan Peristiwa
                   ↗     
Pengenalan Cerita



2. Teknik Membaca untuk Menemukan Isi Pokok Buku

Langkah-langkah membaca dengan teknik fiksasi
a. Sediakan kertas yang diberi gambar berupa titik-titik
b. Gerakan tatapan mata dengan mengikuti titik-titik hitam itu secara cepat.
c. Ulangi latihan itu berkali-kali dengan titik-titik hitam yang semakin dijarangkan
d. Terapkanlah latihan itu terhadap bacaan yang sesungguhnya.

Proses membaca cepat dapat dilakukan dalam berbagai teknik. teknik membaca bergantung pada jenis bacaannya.
1. Bentuk zig-zag digunakan untuk teks yang sulit
2. Bentuk spiral untuk teks yang agak sulit
3. Bentuk diagonal ataupun vertikal  untuk teks yang mudah, misalnya kamus ataupun surat kabar.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca