MATERI BINDO K13 SMT2 (A. MENGGALI INFORMASI DALAM BUKU FIKSI DAN NON FIKSI)

A. MENGGALI INFORMASI DALAM BUKU FIKSI DAN NONFIKSI


TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran materi ini siswa diharapkan mampu:
1. menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
2. menemukan keragaman informasi yang terdapat dalam buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
3. menemukan informasi buku melalui indeks.
4. membuat catatan tentang isi buku berdasarkan kata/istilah dalam indeks.

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1. siswa membawa literasi buku fiksi dan nonfiksi
2. siswa membaca beberapa cuplikan teks dan menentukan bagian dari jenis teks yang dibaca disertai alasan.
3. siswa menulis dua buah kutipan teks yang masing-masing bersumber dari buku fiksi dan nonfiksi.
4. siswa mencari informasi buku melalui indeks.
5. siswa membuat catatan informasi tentang isi buku.


A. MENGGALI INFORMASI DALAM BUKU FIKSI DAN NONFIKSI
1. Keragaman Informasi dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi
    Manfaat yang kita peroleh dalam membaca buku fiksi yaitu untuk mendapatkan kesenangan atau sebagai hiburan. Tidak demikian halnya ketika kita membaca buku pelajaran, buku ilmiah, atau buku nonfiksi lainnya, yang kita peroleh adalah sejumlah informasi, pengetahuan, ataupun wawasan.

2. Informasi Buku Melalui Indeks
    Indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetakan. Indeks biasanya terdapat pada halaman akhir dan tersusun menurut abjad. Daftar kata seperti itu berfungsi untuk memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah dalam buku itu. 
     Contoh Indeks:
    alfabetis--12, 33
    amanat--123, 343
    antonim--2
    bait--322
    cerita pendk--343, 333
    novel--321, 322
    paragraf, 453, 132
    konotasi--324
    tabel--390, 367
    watak--340, 370
    wawancara--222, 324

3. Catatan tentang Isi Buku
     Teknik Mencatat Informasi dalam Buku
  • Tentukan kata/istilah yang hendak dicari penjelasan/ penggunaannya
  • carilah halaman penggunaan kata/istilah itu sesuai dengan yang tertera pada halaman indeksnya
  • pahami penggunaan kata/istilah itu pada halaman yang dimaksud
  • catatlah bagian-bagian pentingnya dari penggunaan kata/istilah itu.     


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4.2 Menyajikan tujuan, alat/bahan, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek kebahasaan, dan aspek lisan. 4.2.1 Menyajikan model teks laporan percobaan

4.3 Menyimpulkan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar, dan/atau dibaca.

3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar, dan/atau dibaca